Dunia Metaverse Adalah: Pengertian, Cara Kerja dan Contohnya

Paket Data Orbit Telkomsel Buat YouTuber Biar Ngonten Makin Lancar

 

Meski bukan teknologi baru, tapi metaverse booming akhir-akhir ini. Metaverse adalah salah satu mimpi di mana semua aktivitas bisa kamu lakukan hanya dengan duduk di sofa. Bekerja, bermain, menonton, berinteraksi, semua dapat kita lakukan tanpa beranjak dari sofa. 

 

Mau tahu informasi selengkapnya tentang metaverse? Tenang, Telkomsel akan menjawab rasa ingin tahu itu! Simak sama-sama, yuk!

 

Apa itu Metaverse?

Dunia metaverse adalah ruang digital yang tercipta sebagai wujud mimpi dari perkembangan internet. Dalam ruang digital yang disebut metaverse ini, kamu bisa terlibat dengan berbagai pengguna dari seluruh penjuru dunia dengan memanfaatkan perangkat keras VR atau Virtual Reality.  

 

Kamu bisa membeli berbagai properti di metaverse, mulai dari lahan, rumah, langganan video game, sampai sesederhana pakaian untuk avatar kita. Dengan metaverse, pengguna juga bisa melakukan perjalanan virtual atau sekadar bersenang-senang tanpa tujuan. Kamu hanya perlu menggunakan headset dan pengontrol berupa VR atau Virtual Reality.

 

Baca juga: Agar Terus Produktif di Rumah dengan Internet, 5 Hal Penting Ini Perlu Diperhatikan

 

Sementara itu, avatar metaverse adalah poin utama dalam dunia metaverse yang akan menjadi perwakilan dari penggunanya. Avatar adalah kamu dari dunia metaverse yang berkomunikasi dan beraktivitas secara virtual membangun komunitas.

 

Apakah di metaverse juga ada istilah untuk keuangannya? Of course! Kamu bisa memanfaatkan mata uang crypto jenis apa pun untuk bertransaksi. Kamu bisa gunakan Bitcoin dan Ethereum yang berbeda dengan konsep mata uang fisik.

 

Sejarah Singkat istilah Metaverse

Metaverse bukanlah konsep baru abad ini, tetapi sudah ada sejak tahun 1900-an dalam sebuah novel berjudul Snow Crash. Barulah beberapa tahun setelahnya, berbagai perusahaan mulai mengembangkan komunitas online berdasarkan konsep metaverse, terutama sejak tahun 2003.

 

Bisa kita simpulkan jika era metaverse adalah hasil dari perkembangan internet yang semakin maju dan canggih. Ditambah lagi kelahiran mata uang Bitcoin yang pada akhirnya menjadi salah satu cara bertransaksi di metaverse

 

Pada tahun 2014, Facebook yang kini berganti nama menjadi Meta mulai memikirkan dan mengembangkan konsep metaverse dan jadilah produk metaverse seperti saat ini.

 

Cara Kerja Metaverse

Metaverse merupakan ruang digital yang luas dan cenderung lebih terbuka yang terbagi untuk semua penggunanya. Dengan hal ini, cara kerja dan bagaimana penggunaan metaverse sangat kompleks.

 

Berikut adalah cara kerja dan penggunaan metaverse yang perlu kamu ketahui.

 

1. Pengalaman

Hal pertama yang akan pengguna dapatkan dari metaverse adalah pengalaman. Kamu bisa melihat ruang yang luas dengan tampilan 3D. 

 

Kamu bisa melakukan apa pun di metaverse. Mulai dari sekadar bermain, berbelanja, hingga kegiatan paling kompleks seperti bekerja atau berinteraksi dengan pengguna lain.

 

2. Kreator

Metaverse memberikan kesempatan pada penggunanya berupa akses tanpa batas untuk masuk ke alat desain. Metaverse juga mendorong penggunanya untuk menjadi kreator, membuat aset, dan merasakan pengalaman baru.

 

Pada akhirnya, pengguna metaverse akan memiliki akses penuh terhadap aset yang mereka miliki.

 

3. Komputasi Spasial

Terdapat kolaborasi teknologi yang memastikan pengguna dapat merasakan serunya penggunaan termasuk pengalaman lebih mendalam di metaverse. Seperti virtual reality, augmented reality, 3D engine, geospasial mapping, dan multitasking.

 

4. Desentralisasi

Hadirnya teknologi blockchain menjadi satu cara desentralisasi di dalam metaverse untuk membantu pengguna dalam menjalankan kepemilikan atas data dan aset. Desentralisasi juga berhubungan dengan pengalaman independen setiap pengguna di metaverse.

 

5. Human Interface

Sistem antarmuka manusia sangat penting karena berperan sebagai pintu akses masuk ke metaverse. Misalnya seperti perangkat haptik, wearables, smart glasses, yang akan membantu pengguna memasuki metaverse tanpa persiapan yang rumit.

 

6. Konektivitas

Saat ini, metaverse nggak ada artinya tanpa ada konektivitas yang optimal. Itu artinya, konektivitas merupakan salah satu komponen penting di metaverse.

 

Salah satu hal yang menjadi sorotan akhir-akhir ini adalah peluncuran jaringan 5G dengan kecepatan download dan upload yang sangat tinggi berkelilipat daripada konektivitas sebelumnya.

 

Contoh Populer Metaverse saat Ini

Salah satu contoh metaverse adalah milik Meta. Perusahaan raksasa milik Mark Zuckerberg ini mengembangkan permainan 3D dengan penggunaan teknologi VR dan AR. 

 

Gagasan tentang metaverse ini sudah berlangsung sejak tahun 2014. Pihak Meta menjadikan proyek ini sebagai visi dan misi terbaru sebagai bentuk "menghidupkan metaverse".

 

Baru-baru ini, metaverse examples Meta bahkan membuat kantor Horizon Workrooms yang memberikan experience duduk di sofa kantor menggunakan hologram layaknya duduk di kantor sungguhan.

 

Dari beberapa informasi tentang metaverse yang sudah kita bahas, salah satu hal yang simpel tapi sangat penting adalah koneksi. Tanpa adanya koneksi yang cepat dan stabil, experience penggunaan metaverse pasti kurang nyaman.

 

Oleh karena itu, kita harus memanfaatkan provider dengan jaringan yang cepat dan stabil, dalam hal ini adalah Telkomsel. Jaringan 5G Telkomsel bisa membuat pengalaman berselancar di metaverse menjadi lebih optimal dan menyenangkan. Sebab, metaverse adalah hal yang nyata dan benar-benar menjadi masa depan dunia virtual.