Cara menjadi TikTok Affiliate di TikTok Shop

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Tak dapat dipungkiri bahwa TikTok kini telah menjadi aplikasi yang paling diminati oleh para pengguna media sosial. Kamu juga pasti mulai menyadari kan, kalau teman-temanmu atau bahkan kamu sendiri suka banget scrolling TikTok akhir-akhir ini. Kenaikan pengguna TikTok ini juga rupanya ada dalam catatan Bytedance sendiri, lho. 

 

Berdasarkan data dari DataReportal, laporan Bytedance di awal tahun 2022 menunjukan kalau data penonton dari sumber iklan di TikTok mencapai hingga 92,07 juta pengguna di Indonesia. Jumlah ini hanya berasal dari penonton dengan rentang usia 18 tahun ke atas. Sedangkan penonton dengan usia 18 tahun ke bawa belum termasuk di dalam hitungan. Semakin banyaknya pengguna TikTok ini pun tidak lepas dari usaha dan kerja keras TikTok yang selalu berinovasi, salah satunya adalah dengan membuat TikTok Shop pada April 2021 lalu. 

 

TikTok Shop sendiri merupakan fitur di dalam aplikasi TikTok yang memungkinkan aktivitas berjualan suatu produk dapat terjadi di dalam aplikasi tanpa harus keluar dari aplikasi ataupun mengunjungi website tertentu. Selain itu, TikTok Shop ini juga memungkinkan para penjual untuk mempromosikan produk mereka sambil berjual di fitur LIVE streaming. Bukan cuma penjual dan pembeli, sebagai kreator TikTok kamu juga bisa mendapatkan cuan tambahan di TikTok Shop dengan menjadi TikTok Affiliate, lho!

 

Tunggu, tunggu… kita bahas dulu soal apa itu TikTok Affiliate, yuk! TikTok Affiliate adalah salah satu fitur di dalam TikTok yang memungkin seseorang untuk meng-endorse sebuah produk dan mendapatkan komisi jika produk tersebut berhasil dijual. Hmm, kamu pernah liat video seorang kreator dan terdapat link di bawahnya untuk membeli produk? Nah, berarti ia adalah seorang TikTok Affiliate.

 

Sebenarnya cara daftar TikTok Affiliate terbilang cukup mudah. Tentunya, pertama kamu harus memiliki akun TikTok Shop. Jika ingin menjadi TikTok Affiliate, maka kamu harus membuat TikTok Shop sebagai media untuk berjualan dan melakukan promosi. Setelah itu, kamu akan diminta untuk mencantumkan beberapa dokumen seperti foto KTP, nama toko, jenis bisnis, sampai tautan rekening bank. Ingat, semuanya harus diisi secara benar ya, untuk memperlancar proses pendaftaran. 

 

Setelah semua proses tersebut selesai dilalui, kamu tinggal tunggu informasi dari pihak TIkTok jika permintaanmu sudah disetujui melalui e-mail. Nah, baru deh, kamu bisa mulai daftar menjadi TikTok Affiliate. Ada dua cara untuk menjadi TikTok Affiliate, sebagai kreator dan sebagai seller. Kita bahas satu-satu, ya!

 

  1. Sebagai Kreator
    Sebagai kreator, berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ambil untuk menjadi seorang TikTok Affiliate;
  • Buka akun TikTok kamu kemudian masuk ke menu pengaturan, privasi, dan pastikan muncul menu TikTok Shop pada monetisasi
  • Selanjutnya, kamu klik menu TikTok Shop tersebut
  • Tambahkan produk yang ingin kamu masukan ke toko mu dengan cara menekannya di menu ‘Tambahkan Produk Afiliasi’
  • Tinggal pilih deh, produk yang ingin dijual atau sertakan tautan link dari e-commerce tertentu. 

 

  1. Sebagai Seller
    Sebagai seller, berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ambil untuk menjadi seorang TikTok Affiliate;
  • Buka halaman Seller-id.tiktok.com, kemudian masuk ke akun TIkTok-mu
  • Selanjutnya, masuk ke website TikTok Shop Affiliate
  • Pilih menu ‘Program’, ‘Program Toko’, dan pilih ‘Buat’
  • Tentukan jenis komisi dan juga persentase komisi yang akan diberikan
  • Klik tombol ‘Kirim’
  • Jadi deh, kamu udah membuka kesempatan program afiliasi di toko kamu
  • Jika ingin menghentikan program di tengah-tengah perjalanan, kamu juga bisa memilih ‘Hentikan Program’.


Gimana? Mudah kan, menjadi TikTok Affiliate. Serunya lagi nih, buat kamu yang mau fokus cari cuan lewat TikTok, sekarang bisa pakai Kuota Ketengan TikTok dari Telkomsel. Kuota Ketengan ini bikin kamu bisa internetan sesuai dengan aplikasi yang kamu butuhkan aja. Misalnya nih, kalau kamu cuma mau TikTok-an aja, maka kamu cukup beli Kuota Ketengan TikTok mulai dari 3 ribu-an aja buat seharian. Selain mudah, kamu jadi makin bisa internetan puas tapi tetap hemat, kan?

 

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

Ketengan Utama