Cara Mencari Laptop Hilang dengan Fitur Temukan Perangkat Saya

Paket Data Orbit Telkomsel Buat YouTuber Biar Ngonten Makin Lancar

 

Find My Device atau Temukan Perangkat Saya adalah sebuah fitur canggih yang kini sudah hadir di Windows 10 & 11. Dengan fitur ini, pemilik laptop bisa menemukan perangkatnya yang hilang dengan mudah.

 

Namun yang perlu kamu tahu, fitur Temukan Perangkat Saya dengan email dan lainnya, tidak serta merta bisa kamu gunakan. Sebelum menggunakannya, kamu harus mengaktifikannya terlebih dahulu. Ingin tahu caranya? Yuk, intip penjelasan artikel ini hingga selesai.  

 

Cara Mengaktifkan Fitur Temukan Perangkat Saya di Windows

Cara mengaktifkan Find My Device yang akan kami jelaskan di sini hanya khusus untuk Windows 10 & 11. Fiturnya sendiri mudah untuk kamu aktifkan. Setelah fitur tersebut aktif, kamu bisa menggunakannya untuk mencarinya.

 

Berikut ini kami sudah merangkum cara-caranya di bawah ini.

 

Baca Juga: Pemanfaatan Teknologi Big Data dan AI untuk Meningkatkan Customer Experience (CX)

 

1. Membuat Akun Microsoft

Pertama-tama, kamu harus buat akun Microsoft terlebih dahulu. Kamu bisa mendaftar melalui PC maupun HP yang biasa kamu gunakan. Perangkat yang sudah terintegrasi dengan akun Microsoft nantinya akan mudah untuk kamu temukan.

 

2. Masuk ke Menu “Pengaturan”

Selanjutnya silakan kamu masuk ke menu “Pengaturan” di laptop. Setelah itu, kamu masuk ke menu “Temukan Perangkat Saya”. Aktifkan menu tersebut dengan klik tombol  mode “ON”.

 

Setelah memilih mode “On”, itu artinya “Find My Device” sudah aktif dan bisa kamu gunakan untuk mencarinya jika laptop tersebut hilang.

 

Cara Menemukan Laptop yang Hilang

Setelah fitur untuk menemukan perangkat tersebut kamu aktifkan, maka sudah bisa kamu gunakan. Jika laptop tersebut hilang, kamu bisa menemukannya dengan cepat dan mudah. Berikut langkah-langkahnya.

 

1. Masuk ke Situs Microsoft

Untuk menemukannya kamu harus login ke akun Microsoft. Gunakan perangkat lain untuk login. Setelah itu kamu pilih tab “My Device”.

 

2. Pilih Perangkat yang ingin Ditemukan

Di tab “My Device”, pilih perangkat yang ingin kamu temukan. Setelah itu maka akan tampil lokasi perangkat di dalam sebuah peta.

 

Cara Mengunci Laptop dari Jarak Jauh

Temukan Perangkat Saya yang Hilang adalah fitur yang membantu menemukan lokasi laptop. Hanya saja, pada beberapa kasus laptop yang hilang seperti karena pencurian, mungkin akan sulit untuk ditemukan kembali meskipun lokasinya terdeteksi.

 

Kamu bisa menggunakan fitur untuk mengunci laptop agar perangkat tersebut tidak bisa dibuka. Kamu bisa menguncinya dari jarak jauh. Berikut adalah cara menguncinya.

 

  • Login ke akun Microsoft di situs resminya.
  • Cari kemudian pilih menu “Show Details” kemudian pilih lagi menu “Find my Device”.
  • Pada menu “Find my Device” akan muncul tombol “Lock” yang bisa kamu pilih. Klik tombol tersebut jika perangkat ditemukan di tempat yang tidak kamu inginkan.
  • Fungsi dari mode penguncian ini bisa mengeluarkan semua pengguna aktif. Selain itu, kamu juga bisa menonaktifkan akun pengguna lokal.
  • Selain itu, kamu juga bisa menambahkan pesan khusus untuk membantu orang lain yang menemukannya agar mengembalikannya.
  • Jika sudah selesai, tekan saja “Next” maka perangkat pun akan terkunci.

 

Penguncian bisa menjadi solusi agar perangkat kamu tidak diakses oleh orang yang tidak dikenal. Selain itu, ini juga berguna untuk memberi pesan berupa alamat atau nomor telepon kamu kepada orang yang menemukannya untuk minta dikembalikan.

 

Aplikasi Keamanan Tambahan

Untuk mengoptimalkan fitur keamanan pada laptop, kamu bisa menambah aplikasi tambahan. Berikut beberapa aplikasi tambahan yang bisa kamu gunakan.

 

1. Prey

Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk menambah fitur keamanan di laptop secara gratis. Selain itu, kamu bisa mendapatkan fitur tambahan yang lebih baik dengan cara upgrade ke premium yang berbayar.

 

2. GadgetTrak

Sama seperti aplikasi sebelumya, perangkat lunak ini bisa kamu gunakan untuk keamanan laptop. Hanya saja perangkat lunak ini tidak menyediakan fitur trial maupun fitur gratisan. Jadi, kamu harus membayarnya langsung agar bisa menggunakannya.

 

3.  The LaptopLock

Aplikasi berikutnya ini bisa kamu gunakan untuk melindungi data. Fiturnya sendiri tergolong lengkap untuk sistem keamanan laptop. Ketika komputer kamu hilang atau dicuri, kamu bisa login ke akun The LaptopLock untuk menemukannya.

 

Sistem keamanannya mirip seperti “Find my Device” milik Microsoft. Hanya saja aplikasi ini ada beberapa fitur tambahan.  

 

4. Lojack

Aplikasi selanjutnya yang tidak kalah bagus dari Prey adalah  Lojack yang bisa langsung bekerja di laptop yang hilang. Pasalnya, perangkat ini bisa mengunci BIOS yang kompatibel. Aplikasi ini berbayar. Kamu harus membayar aplikasi untuk penggunaan satu tahun.

 

Kesimpulan

Kasus laptop hilang biasanya merupakan sebuah kasus pencurian, karena kebanyakan perangkat laptop hilang diambil oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Dengan hadirnya fitur “Find my Device”, kamu bisa menemukan lokasinya dan juga membantu menguncinya.

 

Jika laptop milikmu sudah support dengan SIM Card, kamu bisa menggunakan paket Telkomsel dan mengaktifkan Paket Combo SAKTI. Dengan begitu, kamu bisa mudah mengaktifkan fitur “Temukan Perangkat Saya” kapan saja.

 

Temukan paket terbaik khusus untuk Anda