Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2, Ternyata Semudah Itu! | Telkomsel

Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2, Ternyata Semudah Itu!

Article

Cara membagi layar laptop menjadi 2 dibutuhkan ketika seseorang ingin memantau lebih dari satu pekerjaan. Cara ini terbilang lebih efektif karena bisa melihat dua pekerjaan sekaligus tanpa perlu membuka jendela aplikasi secara bergantian.

 

Sayangnya nggak semua orang tau bagaimana membagi 2 layar laptop, padahal caranya sangat mudah. Pengguna laptop dengan sistem operasi Windows 10, Windows 11, dan macOS bisa mengikuti cara membagi 2 layar laptop dari artikel ini.

 

 

Pekerjaan di laptop bisa lebih efektif diselesaikan apabila semua data bisa diakses dengan mudah. Caranya bisa dengan menyewa ruang penyimpanan berbasis cloud dari Telkomsel yang harganya terjangkau.

 

Coba aja aktifkan paket CloudMAX dari tautan ini. Ada paket Reguler CloudMAX mulai harga 5 ribuan, aktif 30 hari, kapasitas hingga 100GB. Ada juga paket Internet CloudMAX mulai harga 25 ribuan, aktif 30 hari, kapasitas hingga 100GB, plus kuota internetan. 

 

Kalau mau kerja di depan laptop tambah efektif, sekarang giliran kamu cari tau cara membagi layar laptop menjadi 2 berikut ini.

 

Baca Juga: 7 Laptop Spek Gahar, Harga Nggak Sampai 5 Juta

 

Cara Membagi 2 Layar Laptop di Windows 10

Membagi 2 layar laptop paling umum dengan OS Windows 10 ialah dengan menggunakan kursor. Caranya dengan mengklik dan menahan tombol kiri mouse pada title bar, seret jendela aplikasi hingga mentok kanan atau kiri.

 

Jendela aplikasi tersebut secara otomatis akan menyesuaikan ukuran. Sisi yang kosong akan menampilkan aplikasi dalam ukuran kecil, klik pada aplikasi yang ingin dilihat bersebelahan.

 

Selain cara tersebut yang terbilang sederhana, kamu juga bisa menggunakan kombinasi keyboard. Tapi, pastikan setiap masing-masing aplikasi sudah dibuka terlebih dahulu kemudian ikuti langkah-langkah berikut.

 

  • Pada salah satu jendela aplikasi, tekan tombol ‘Windows’ + ‘Panah Kanan’ sehingga aplikasi ditampilkan di sisi kanan layar laptop,
  • Pada jendela aplikasi lainnya, tekan tombol ‘Windows’ + ‘Panah Kiri’ untuk menampilkan aplikasi di sisi kiri layar,
  • Selesai.

 

Cara Membagi 2 Layar Laptop di Windows 11

Sedikit berbeda dengan Windows 10, Windows 11 punya fitur khusus sebagai cara membagi layar laptop menjadi 2 bernama Snap Windows. Fitur ini punya beberapa mode yang memudahkan menampilkan dua atau lebih aplikasi dalam satu layar. 

 

Sebelum membagi 2 layar laptop, Snap Windows harus diaktifkan. Caranya dengan masuk ke menu ‘Settings’, pilih ‘System’, pilih menu ‘Multitasking’, dan geser toggle bertuliskan ‘Snap Windows’. 

 

Setelah Snap Windows aktif, membagi 2 layar laptop di Windows 11 bisa menggunakan tombol ‘Maximize’. Tapi, pastikan jendela aplikasi sudah terbuka semuanya kemudian ikuti langkah berikut ini.

 

  • Arahkan kursor ke tombol ‘Maximize’ (di tengah tombol ‘Minimize’ dan Close),
  • Lalu pop up menu ‘Snap Layout’ akan muncul di bawah tombol ‘Maximize’,
  • Menu ‘Snap Layout’ punya 3 mode split screen jadi kamu bisa memilih membagi layar jadi 2, 3, atau 4,
  • Pilih mode Snap Layout yang diinginkan,
  • Snap Layout akan memindahkan aplikasi ke posisi yang diinginkan
  • Ruang kosong di samping jendela aplikasi akan menampilkan aplikasi yang bisa di-split screen,
  • Pilih aplikasi yang ingin ditampilkan bersebelahan dengan aplikasi yang sudah di-split screen,
  • Selesai.

 

Baca Juga: 4 Cara Mengganti Wallpaper Laptop di OS Windows

Cara Membagi 2 Layar Laptop di macOS

Berbeda dengan Windows, sistem operasi MacBook punya fitur ‘Split View’ supaya jendela aplikasi laptop bisa dilihat berdampingan. Namun cara penggunaan fitur ini berbeda antara macOS Catalina (terbaru) dan versi lama.

 

Pada macOS versi lama seperti Mojave, High Sierra, dan El Capitan, kamu cukup klik dan tahan tombol ‘Full Screen’ di sudut kiri atas jendela aplikasi hingga tampilannya mengecil. Kemudian aplikasi diseret ke sisi kanan atau kiri layar MacBook.

 

Untuk mengisi sisi layar yang kosong, kamu hanya tinggal mengklik aplikasi lain yang ingin ditampilkan bersebelahan.

 

Namun, pada macOS versi terbaru (Catalina) ada sedikit perbedaan cara. Berikut adalah langkah-langkahnya.

 

  • Arahkan kursor ke tombol ‘Full-Screen’ (tombol warna hijau) di sudut kiri atas jendela aplikasi,
  • Pilih ‘Tile Window to Left of Screen’ untuk membagi 2 layar laptop dan taruh jendela aplikasi ke sisi kiri,
  • Pilih ‘Tile Window to Right of Screen’ untuk membagi 2 layar laptop dan taruh jendela aplikasi ke sisi kanan,
  • Selesai.

 

Terkadang ada kondisi ketika fitur Split View pada MacBook nggak berfungsi. Tapi, cara memperbaikinya cukup mudah. Kamu hanya perlu ke menu ‘Apple’, lalu pilih ‘System Preferences’, klik ‘Mission Control’.

 

Terakhir, pastikan opsi ‘Displays have separate Spaces’ sudah dipilih. Dengan cara ini, Split View akan kembali berfungsi normal.

 

Itu dia beberapa cara membagi layar laptop menjadi 2 yang mudah dengan sistem operasi Windows 10, Windows 11, dan macOS. Semoga cara-cara ini memudahkan kamu menyelesaikan pekerjaan dengan efektif.

 

Nah, biar pekerjaan lebih mudah selesai pastikan kamu menyimpan data-data penting dengan aman. Kamu bisa menggunakan ruang penyimpanan dari paket CloudMAX mulai dari harga 5 ribuan aja. Aktifkan paketnya di aplikasi MyTelkomsel, ya!


Baca Juga: Proyektor: Penjelasan dan Cara Menyambungkannya ke Laptop

 

scroll