Bukti Internet of Things Adalah Peluang Bisnis yang Menjanjikan

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Perkembangan Internet of Things telah memberikan angin segar untuk iklim bisnis di tanah air. Peluang bisnis pun lebih luas dengan adanya teknologi ini. Nggak hanya di bidang teknologi, berbagai bidang kehidupan seperti pertanian, kesehatan, ekonomi, dan lainnya juga memiliki peluang tersendiri dengan adanya IoT.

 

Apa dan seperti apa potensi perkembangan bisnis IoT di Indonesia?

 

Contoh Peluang Bisnis IoT

Prediksi di masa akan datang bahwa IoT akan berkembang lebih pesat ketimbang smartphone bukanlah hal yang mustahil. Saat ini IoT memberikan banyak kemudahan dalam berbagai bidang kehidupan manusia, sekaligus menjadi peluang bisnis. Apa saja contoh peluang tersebut?

 

1. Teknologi Suara

Penerapan internet of things di bidang teknologi tarik suara bisa kamu lihat pada teknologi bernama Alexa dan Siri. Teknologi suara otomatis ini memungkinkan peningkatan kualitas pelanggan yang lebih bagus, sekaligus bisa meningkatkan efektivitas industri suara.

 

2. Cybersecurity

Keamanan dunia cyber memang cukup mengkhawatirkan. Namun kabar baiknya, dengan adanya teknologi IoT ini justru bisa menjadi cara monitoring yang lebih smart.

 

Teknologi IoT memberi peluang bisnis pada pengamanan sistem cyber dengan berbagai teknologi yang bersifat untuk memantau dan mengawasi, serta melindungi secara otomatis.

 

3. Layanan Kesehatan Virtual

Teknologi IoT di bidang kesehatan sangat berperan penting untuk membantu proses pengobatan jarak jauh.

 

Jika seorang pasien berada di daerah yang jauh dan nggak bisa berkunjung langsung ke rumah sakit, teknologi IoT mampu menghubungkan seorang dokter dan pasien secara virtual. Pemeriksaan bisa secara virtual dan proses pengobatan pun bisa tetap berjalan lancar.

 

Termasuk juga untuk manajemen obat dan peralatan medis di rumah sakit. Keberadaan teknologi IoT kini sangat terasa manfaatnya.

 

4. Area Monitoring

Teknologi IoT sangat terasa manfaatnya untuk area-area monitoring. Misalnya untuk di rumah, di kantor, atau di tempat-tempat penting lainnya, bisa menggunakan kamera yang memiliki sensor suara dan gerak.. Fungsinya adalah untuk monitoring.

 

Sedangkan untuk bidang pertanian atau peternakan, teknologi IoT untuk monitoring ini bisa dimanfaatkan untuk menghitung jumlah hewan atau tanaman.

 

Fungsi monitoring ini menjadi teknologi terkini yang menjawab kebutuhan banyak orang dan berbagai kehidupan manusia. IoT memberikan inovasi menjanjikan dengan konsep hidup yang smart dan efisien.

 

5. Retail Data Tracking and Analysis

Peluang bisnis IoT juga cukup terasa untuk retail hingga data analysis. Di bidang retail misalnya, keberadaan IoT telah menjadi satu channel pemasaran baru yang mendatangkan banyak pelanggan.

 

Pemesanan dan pencarian barang oleh konsumen menjadi lebih mudah. Kapan pun dan di mana pun transaksi menjadi lebih mudah.

 

Kini orang banyak melakukan pencarian dengan menggunakan teknologi IoT. Sedangkan untuk analisis data, keberadaan IoT mampu menjadi analis data dalam jumlah yang besar. Data tersebut bisa kamu gunakan untuk kebutuhan suplai biaya, menganalisis tren bisnis dan lainnya.

 

6. Inventory Management

Dalam bidang pengaturan penyediaan barang, teknologi IoT telah memberi kemudahan untuk melacak barang, melakukan pengecekan barang yang habis, mendata penyimpanan hingga melakukan pemesanan secara otomatis.

 

Hal ini memberikan efek kemudahan yang lebih praktis, hemat biaya, lebih cepat dan efisien untuk pemilik usaha. Bayangkan jika semua itu kamu lakukan secara manual, selain kurang akurat juga akan lebih memakan biaya dan waktu. IoT telah memberikan solusi yang lebih efisien sekaligus murah.

 

7. Real Estate

Bidang real estate atau properti saat ini cukup banyak menggunakan IoT sebagai salah satu daya tarik pemasaran perumahan.

 

Sebagai contoh teknologi smart home yang berkonsep IoT menjadi daya tarik tersendiri bagi calon pembeli. Rumah-rumah dengan sistem smart home ini menjanjikan sistem keamanan dan efisiensi yang lebih tinggi.

 

Internet of things di Indonesia untuk bidang real estate ini pun semakin berkembang dan telah menjadi daya tawar yang tinggi bagi para developer perumahan di tanah air.

 

Sistem keamanan yang praktis. Mematikan lampu, kulkas, televisi, membuka pintu dan lainnya cukup mudah dengan terhubung langsung ke internet.

 

Keberadaan IoT telah meningkatkan efisiensi kehidupan sekaligus biaya hidup yang lebih terjangkau.

 

Bagaimana dengan kamu, sudah tertarik menggunakan produk IoT untuk berbagai kemudahan bisnis yang kamu jalankan?

 

Cobalah menikmati aneka produk teknologi IoT Telkomsel. Untuk bisnis kamu yang lebih smart, murah, dan efisien.

 

(Baca juga: Telkomsel Luncurkan IoT Smart Manufacturing One Stop Solution End-to-End Supply Chain untuk Akselerasi Industri 4.0 di Indonesia)

 

Telkomsel menghadirkan berbagai layanan IoT yang mendukung bisnis aplikasi dan kolaborasi. Smart Tax, Office 365, Telkomsel Body Smart Thermal, dan lainnya hadir dengan teknologi IoT untuk membantu kamu semua lebih efisien dan mudah menjalankan bisnis.

 

Temukan kebutuhan teknologi IoT kamu di sini. Bersama Telkomsel mengembangkan bisnis yang lebih cepat dengan teknologi yang tepat.

 

Nikmati berbagai produk Internet of Things dari Telkomsel. Pelayanan terbaik dengan inovasi teknologi terkini.