Bisnis Online Tanpa Modal yang Cocok Untuk Anak Muda

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Siapa bilang anak muda gak bisa memulai bisnis online? Di era kemajuan teknologi ini, semua orang memiliki peluang yang sama untuk membangun bisnis online yang menjanjikan, tak terkecuali bagi anak-anak muda yang baru berkecimpung di dunia bisnis. Sayangnya, sering kali bisnis online ini gagal karena kurangnya pengalaman, perhitungan kurang matang, bahkan hingga perencanaan yang kurang tepat. Tapi, sebenarnya kalau kamu memahami keinginan dan tujuan dalam menjalankan bisnis tersebut, resiko-resiko kegagalan dapat ditekan. Bahkan, kamu pun bisa melihat adanya peluang membuat bisnis online tanpa modal dengan mengenali potensi dalam diri. 

 

Beberapa karakter anak muda pada masa sekarang antara lain, menyukai berbagai hal yang serba praktis, tak memiliki banyak waktu, update terhadap hal-hal terkini, kreatif, hingga cakap dalam berkarya di dunia digital. Jika kebiasaan anak muda ini dapat dimanfaatkan dengan baik, membangun bisnis online tanpa modal pun dapat terlaksana dengan lancar. Biar nggak penasaran, langsung aja kita cari tahu yuk, ide bisnis online tanpa modal yang cocok untuk anak muda;

 

  1. Freelance (Content Writing, Graphic Designer, dan lain-lain)
    Salah satu karakter anak muda yang paling terlihat adalah keterbatasan waktu, menyukai segala hal yang serba praktis, dan kreatif. Nah, menjadi seorang freelance di bidang kreatif bisa menjadi pilihan yang menarik, nih. Dengan menjadi seorang freelance, waktu kerjamu lebih fleksibel dan banyak sekali hal-hal yang bisa kamu lakukan disamping pekerjaan freelance ini. Kekreativitasan yang kamu punya pun bisa terasah dan disalurkan melalui berbagai hasil karya kreatif yang tercipta dari pekerjaan freelance-mu, misalnya tulisan bagi seorang content writer, atau desain grafis bagi seorang graphic designer.

    Jangan khawatir, kamu tak memerlukan modal kok, untuk memulai bisnis online yang satu ini. Cukup gunakan peralatan yang biasa kamu pakai dan keahlianmu dalam menciptakan sebuah karya. 

 

  1. Thrift Shop
    Bagi anak muda yang pandai melihat peluang dengan menganalisis hal-hal terkini, membuka thrift shop pasti masuk ke dalam salah satu ide bisnis online tanpa modal yang ingin mereka coba. Karena bisnis online ini dimulai tanpa modal, maka kamu bisa memulainya dengan menjual baju-baju second milikmu sendiri yang memang sudah tak ingin digunakan lagi namun masih layak pakai. Kemudian, kamu tinggal memotret baju-baju itu agar menarik dan jual deh, dengan memanfaatkan marketplace ataupun media sosial. 

 

  1. Admin Sosial Media
    Salah satu karakter dari kebanyak anak muda yang ada di dunia adalah kecakapannya dalam menggunakan media sosial. Bahkan, dalam salah satu riset yang dirilis oleh Kominfo dan UNICEF dalam acara yang berjudul “Seminar Sehari Internasional Penggunaan Media Digital di Kalangan Anak dan Remaja di Indonesia”, terungkap bahwa hampir 30 juta anak dan remaja di Indonesia telah aktif sebagai pengguna media sosial. Sebenarnya, peluang ini bisa dimanfaatkan dengan baik lho, jika kamu ingin mencari penghasilan tambahan.

    Salah satunya adalah dengan menjadi admin media sosial. Kamu bisa mempromosikan dirimu dengan membuat portofolio yang bagus, kemudian menawarkannya kepada brand-brand untuk menyewa jasa admin media sosial darimu. Selain itu bisnis online yang satu ini juga bisa dilakukan tanpa modal sekalipun. Tapi, ingat ya, pekerjaan yang satu ini baru bisa kamu ambil setelah mendahulukan pendidikanmu terlebih dahulu. Jangan sampai kamu kecanduan saat bermain media sosial, ya. 

 

  1. Dropshipper
    Di masa yang serba cepat seperti sekarang, menjadi Dropshipper bisa menjadi pilihan yang menarik. Setiap orang menyukai kepraktisan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk mencari barang-barang yang mereka inginkan. Disinilah, peranmu hadir, yakni menghubungan penjual dengan calon pembeli tersebut. Kamu juga nggak memerlukan modal lho, untuk menjadi seorang Dropshipper karena uang tersebut baru dibayarkan ketika pembeli setuju dan melakukan pembayaran terlebih dahulu. Oh ya, satu lagi! Kamu juga hanya perlu mengandalkan handphone saja nih, untuk berkomunikasi maupun bertransaksi dengan penjual dan calon pembeli. 

 

  1. YouTuber
    Ide bisnis online selanjutnya yang bisa kamu coba adalah dengan menjadi seorang YouTuber. Berbagai jenis konten bisa kamu buat di YouTuber, mulai dari review, tutorial, hingga sekadar update kehidupan sehari-hari. Kamu nggak memerlukan modal untuk mengawali langkahmu menjadi seorang YouTuber lho, cukup manfaatkan alat-alat yang sudah ada dan keahlian untuk meng-edit videomu. Nanti, ketika karirmu semakin menanjak, baru deh, kamu bisa meningkatkan peralatan yang ada seperti membeli mic baru, kamera baru, atau laptop baru.

 

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Online

 

Hal yang nggak kalah penting dalam menjalankan bisnis online tanpa modal adalah melakukan persiapan yang matang dan promosi menarik. Tenang, karena kamu sedang menghemat modal untuk memulai bisnis online, kamu bisa melakukan persiapan dengan video-video tutor bisnis gratis dari Kuncie. Di sini kamu juga akan bertemu dengan anak-anak muda lain yang juga sedang atau telah sukses merintis bisnis. 


Nah, kalau untuk urusan promosinya, kamu bisa menggunakan Paket Combo SAKTI dari Telkomsel yang bikin kamu bisa internetan, telponan dan SMS-an cuma dari satu kartu aja! Jadi nggak ada alasan kan untuk nggak memulai bisnis online tanpa modal-mu sekarang?

Temukan paket terbaik khusus untuk Anda