Berenang Termasuk Olahraga Terbaik Bagi Tubuh Karena Hal Ini

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Tahukah kamu? Berenang termasuk olahraga terbaik bagi kesehatan tubuh kamu, lho. Bukan tanpa alasan, tapi banyak banget penelitian dari para ahli yang membuktikan manfaat baik olahraga renang bagi kesehatan. Manfaat olahraga renang bahkan disebut-sebut tak hanya baik bagi kesehatan fisik tapi juga kesehatan mental manusia. Dilansir dari website Alodokter yang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, olahraga berenang memiliki berbagai manfaat antara lain; menurunkan berat badan, meningkatkan massa otot, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kualitas tidur, hingga mengurangi stress. 

 

Nah, berikut beberapa alasan yang menjadikan olahraga renang sebagai olahraga terbaik bagi tubuh, 

 

  1. Olahraga yang Minim Cedera
    Meskipun bisa mengencangkan otot, berenang termasuk olahraga yang minim cedera, lho. Bahkan, beberapa gerakan berenang bisa menjadi latihan kardio yang baik jika dikombinasikan dengan olahraga lain tanpa memberikan tekanan berlebihan bagi tulang, sendi, dan otot. Ini juga nih, yang bikin berenang juga merupakan salah satu olahraga yang baik bagi semua usia, dari anak kecil sampai orang tua. Semua anggota tubuh tetap bisa aktif bergerak dan bentuk ideal tubuh bisa terjaga namun minim cedera akan terjadi. 

 

  1. Berenang di Air Membuat Tenang
    Seperti yang sudah dituliskan di atas, selain untuk kesehatan fisik, berenang juga bermanfaat baik bagi kesehatan mental manusia, mulai dari relaksasi hingga menghilangkan stress. Seorang ahli biologi kelautan, Wallace J.Nichols sampai menjelaskan nih, kalau latar belakang nenek moyang manusia yang merupakan seorang pelaut inilah yang membuat otak kita memberikan respons lebih tenang ketika berada di dalam air. Wah, bagaimana menurutmu?

 

  1. Melatih Otot dan Kardio Sekaligus
    Ternyata, rutin melakukan olahraga renang bisa berdampak baik bagi kekuatan tubuh kamu, lho Melakukan aktivitas renang hampir sama seperti melakukan olahraga aerobik yang bisa membantu memperkuat massa otot dan meningkatkan kesehatan. Nggak cuma itu, olahraga renang juga cocok dilakukan oleh seseorang yang berusia lanjut karena dapat meningkatkan kualitas tidur hingga baik untuk kesehatan tulang. 

 

  1. Menjaga Kesehatan Paru-paru
    Beberapa penelitain menunjukan jika seorang perenang biasanya memiliki kapasitas paru-paru yang lebih besar dibandingkan dengan yang tidak berenang. Ditambah lagi, sebuah penelitian berjudul ‘Reduced Lung Capacity Linked To Cardiovascular Disease By Inflammation’ dari Science Daily juga menunjukan kalau seseorang dengan paru-paru sempit memiliki resiko terkena serangan jantung dan stroke yang lebih besar.

    Hal ini menunjukan kalau berenang bukan hanya bermanfaat baik bagi paru-paru kamu tapi juga bisa memperkecil resiko terkena serangan jantung hingga stroke. Beberapa gaya dalam berenang membuatmu belajar untuk melatih pernapasan. Nah, dengan pernapasan yang terlatih, maka paru-paru pun menjadi lebih sehat, oksigen lebih lancar, dan kamu pun tak mudah merasa lelah. 

 

  1. Lebih Dekat dengan Alam
    Buat kamu yang suka banget renang di alam terbuka seperti laut dan danau, ternyata aktivitas ini amat baik untuk membantumu mengurangi stress hingga meningkatkan mood, lho. Saat berenang, kamu bisa merasakan kesejukan air dan lebih dekat dengan alam. Itulah mengapa, banyak banget kan teman-teman kamu atau bahkan kamu yang suka banget liburan ke Bali untuk menikmati keindahan pantainya. 

 

Baca juga: Deretan Startup HealthTech yang Bikin Akses Layanan Kesehatan Jadi Lebih Terjangkau

 

Selain berenang, sebenarnya banyak banget olahraga lain yang nggak kalah baiknya bagi tubuh kamu. Untungnya, dengan kemudahan dunia digital seperti saat ini, kamu bisa belajar untuk explore dan mencari tahu berbagai macam olahraga sampai pola gaya hidup sehat yang paling sesuai untukmu. Banyak juga nih, aplikasi-aplikasi yang dibuat khusus untuk mempermudah goals-mu mencapai kehidupan yang lebih sehat seperti FITA by Telkomsel

 

Dengan menggunakan FITA, kamu bisa menemukan konten-konten kesehatan yang dipersonalisasikan sesuai kebutuhan orang Indonesia, berbagai resep sehat, penghitungan jumlah kalori, sampai pencatatan latihan yang khusus untukmu. Nggak perlu khawatir, semua program latihan olahraga yang ada di FITA dibuat khusus oleh para pakar kesehatan sehingga benar-benar sesuai dengan kebutuhan tubuh kita. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, download FITA di Google Play Store atau App Store

 

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

Beli paketnya