Asal Usul MPL ID, Kompetisi Mobile Legends Paling Bergengsi

Paket Data Orbit Telkomsel Buat YouTuber Biar Ngonten Makin Lancar

 

Ajang MPL ID menjadi salah satu kompetisi game online yang paling bergengsi di Indonesia. Terlebih, permainan yang ditayangkannya merupakan game online yang paling populer, yaitu Mobile Legends: Bang Bang.

 

Ingin tahu cara mengetahui jadwal MPL babak reguler maupun play off serta bagaimana sistem pertandingannya? Kamu bisa mendapatkan informasinya secara detail di sini. Jadi, simak artikel ini hingga selesai agar tidak gagal paham, ya.

 

Apa Itu MPL ID? 

MPL Mobile Legends atau MPL merupakan kependekan dari Mobile Legends Professional League Indonesia. Jika kita bandingkan dengan ranah sepak bola, kompetisi ini seperti Indonesia Super Cup atau Liga 1.

 

Liga utama kompetisi Mobile Legends ini berdurasi selama 5 bulan. Yang menarik, total hadiahnya terus bertambah setiap tahunnya, lho.

 

Kompetisi bergengsi ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2018. Dari pertama kali diselenggarakan, kejuaraan ini langsung populer, mengingat Mobile Legends merupakan game yang paling populer di Indonesia waktu itu.

 

Baca Juga: Ragam Cerita Dunia Games yang Bikin Industri Gaming Lebih Gemilang

 

Format Kompetisi 

Kompetisi ini bisa diikuti oleh tim. Nah, untuk menjadi juara di kompetisi ini, sebuah tim harus melalui sejumlah pertandingan yang terbagi ke dalam beberapa format. Berikut format pertandingan pada di Mobile Legends Professional League Indonesia :

 

1. Babak Reguler

Setiap tim akan berhadapan dengan tim lain setiap minggunya di babak reguler sebelum masuk ke babak playoff.

 

Babak reguler akan menyaring 6 dari 8 tim agar bisa melaju ke babak playoff. Dua sisanya tidak bisa ikut serta pada babak playoff, yaitu tim yang berada di urutan paling bawah, alias urutan ketujuh dan kedelapan.

 

Di babak reguler, satu tim akan berhadapan dengan 7 tim lain yang terbagi ke dalam beberapa sesi per minggunya, agar bisa mengumpulkan poin.

 

2. Perebutan Upper Bracket

Untuk tim yang berada pada urutan 1 dan 2 akan mendapatkan posisi yang menguntungkan, yaitu berada di upper bracket. Sedangkan sisanya berada di lower bracket.

 

Tim yang berada di lower bracket akan langsung gugur di babak playoff jika ‘menelan’ kekalahan. Sedangkan tim yang berada di upper bracket masih ada kesempatan satu kali lagi, namun harus turun ke lower bracket.

 

3. Perebutan Juara di Babak Playoff

6 tim yang berada di upper bracket maupun lower bracket berkesempatan untuk menjadi juara. Pertandingan di babak playoff biasanya dilangsungkan pada minggu yang sama, contohnya playoff Season 10 yang berlangsung pada tanggal 19-23 Oktober.

 

Itu artinya, babak playoff hanya berlangsung 5 hari saja, karena di hari ke-5, sudah langsung pertandingan final untuk menentukan siapa yang jadi juaranya.

 

Syarat Tim yang Ingin Ikut MPL

Ternyata, untuk mengikuti liga utama dari kompetisi Mobile Legends profesional ini tidaklah gampang. Sebuah tim harus memiliki persyaratan sebagai berikut:

 

  • Tim harus sudah berbentuk organisasi resmi, seperti PT.
  • Setiap tim yang mengikuti Mobile Legends Professional League harus memiliki gaming house yang mumpuni.
  • Memiliki pelatih yang profesional.
  • Membentuk marketing effort yang besar.
  • Memiliki fan base.
  • Menyediakan sejumlah uang pendaftaran sejumlah Rp15 miliar.

 

Terkait jumlah uang pendaftaran, bisa berbeda-beda setiap tahunnya. Biaya pendaftaran yang besar juga menjadi salah satu alasan kenapa untuk masuk ke dalam liga utama Mobile Legends tersebut tergolong sulit.

.

Namun, untuk para pemain perorangan yang ingin mengikuti kompetisi di liga utama tersebut, peluangnya cukup besar. Pasalnya, pemain perorangan bisa ikut ke tim yang sudah masuk di liga profesional.

 

Cara Cek Jadwal MPL

Untuk mengetahui jadwal pertandingan liga profesional Mobile Legends tergolong cukup mudah. Kamu bisa langsung mengunjungi situs resminya, yaitu id-mpl.com.

 

Melalui situs tersebut, kamu bisa mengetahui jadwal pertandingan mulai dari reguler hingga babak playoff. Selain itu kamu juga bisa mengetahui poin dan juga posisi tetap maupun sementara di situs tersebut.

 

Cara Menonton MPL Gratis

Menonton liga profesional Mobile Legends sangat mudah. Kamu bisa menontonnya secara gratis di Youtube official MPL.

 

Di situs official tersebut, kamu juga bisa menonton liga Mobile Legends di negara lain yang berlangsung setiap minggu, pada saat proses babak reguler berlangsung.

 

Saat ini, pendukung tim juga sudah bisa menikmati menonton langsung, atau offline dengan harga tiket yang terjangkau.  

 

Siapa Saja Juara MPL Indonesia?

Sampai saat artikel ini ditulis, sudah ada 9 tim yang pernah menjuarai kompetisi bergengsi ini. Meski begitu, liga tersebut sudah berjalan selama 10 season.

 

Berhubung saat artikel ini ditulis babak playoff season 10 masih berlangsung, jadi yang akan kami bahas di sini yaitu tim yang juara dari season 1-9. Berikut daftarnya.

 

Season Nama Tim
1 Team NXL
2 RRQ
3 ONIC Esports
4 Evos Legends
5 RRQ Hoshi
6 RRQ Hoshi
7 Evos Legends
8 ONIC Esports
9 RRQ Hoshi

 

Itulah informasi seputar apa itu MPL dan juga nama-nama tim yang sudah berhasil menjuarainya. Yuk, mainkan Mobile Legends dan top up juga dengan menggunakan Telkomsel, sekarang!