Apa Itu Financial Planning? Manfaat, Tujuan dan Macamnya

Paket Data Orbit Telkomsel Buat YouTuber Biar Ngonten Makin Lancar

 

Untuk merencanakan masa depan, financial planning tentu nggak bisa kamu abaikan. Upaya untuk mencapai tujuan hidup dengan melakukan perencanaan keuangan akan membuat seseorang bisa lebih terarah dan lebih berhati-hati membuat keputusan. Kebebasan finansial akan terwujud jika sejak awal seseorang melakukan perencanaan keuangan yang tertata.

 

Kondisi keuangan seseorang bergantung pada banyak faktor, seperti apakah sudah menikah atau belum, bagaimana kondisi pekerjaan, berapa usia, jumlah dan kondisi keluarga, kesehatan, tingkat pendidikan dan lainnya. Nah, membuat perencanaan menjadi penting untuk mengatasi faktor-faktor tersebut.

 

Pengertian Financial Planning

Financial plan adalah proses perencanaan keuangan seseorang untuk mencapai tujuan hidup yang lebih terencana. Perencanaan ini berlangsung secara terus-menerus dengan memperhatikan berbagai faktor, seperti pendapatan, pengeluaran, jumlah aset, dan lainnya.

 

Perencanaan keuangan ini tentu saja bertahap dan berbeda untuk setiap orang. Misalnya tahap sebelum menikah akan berbeda dengan setelah menikah, dan sebagainya.

 

Namun, pada prinsipnya perencanaan ini tujuannya adalah untuk mencapai tujuan hidup seseorang dari segi keuangan. Hidup pun akan lebih bahagia dan sejahtera, dengan keuangan yang lebih tertata baik.

 

Manfaat Financial Planning

Melakukan perencanaan keuangan sangat bermanfaat bagi kehidupan seseorang. Di antara manfaat tersebut adalah:

 

1. Pengelolaan Keuangan yang Lebih Baik

Adanya perencanaan akan membantu kondisi keuangan lebih baik. Ini adalah tentang bagaimana kamu bisa mengatur pengeluaran agar sebanding dengan pemasukan. Termasuk juga bagaimana membuat perencanaan agar bisa membantu mengembangkan kepemilikan aset di masa akan datang.

 

2. Mengoptimalkan Pendapatan

Ada orang yang memiliki pendapatan besar tetapi ekonominya begitu-begitu saja. Salah satu penyebabnya adalah karena perencanaan yang belum berjalan baik atau bahkan nggak ada perencanaan sama sekali. Adanya perencanaan, membuat seseorang bisa mengoptimalkan pendapatan.

 

3. Memudahkan Rencana Berinvestasi

Manfaat financial planning yang cukup penting adalah membantu seseorang agar lebih mudah dalam membuat rencana investasi. Kapan seseorang itu bisa melakukan investasi, bisa sangat terbantu dengan adanya perencanaan keuangan secara baik.

 

4. Tidak Cemas di Masa Akan Datang

Jika seseorang sudah melakukan perencanaan yang baik, maka keuangan akan lebih bisa terkelola dengan baik pula. Hasilnya tentu saja untuk mengurangi risiko hal-hal negatif yang mungkin terjadi pada keuangan seseorang. Adanya perencanaan tersebut mengurangi kecemasan atau bahkan kamu akan bahagia dengan kondisi keuangan di masa akan datang.

 

Macam-Macam Financial Planning

Ada beberapa macam financial planning yang bisa kamu terapkan untuk mencapai kemerdekaan finansial, di antaranya yakni:

 

1. Cash Flow Management

Ini merupakan jenis perencanaan keuangan berdasarkan pada berapa jumlah pemasukan dan pengeluaran. Dengan cash flow msngement, kamu akan bisa memetakan bagaimana pengelolaan keuanganmu, apa yang bisa kamu miliki, apa yang perlu kamu tunda, dan seterusnya.

 

2. Risk Management

Perencanaan ini meliputi cara mengidentifikasi risiko yang membuat seseorang kehilangan pemasukan, serta bagaimana akibatnya nanti bagi dirinya, keluarga, atau orang lain.

 

Contohnya, kamu harus bisa berpikir gimana caranya menyediakan biaya kesehatan saat terjadi kecelakaan pada keluarga ketika kamu tak memiliki pekerjaan. Atau, bagaimana kamu tetap bisa bertahan hidup saat tiba-tiba mengalami PHK.

 

3. Investment Planning

Investment planning bisa membantu kamu untuk bisa melakukan investasi yang sesuai dengan dirinya dan kondisi keuangannya. Misalnya merencanakan kapan mulai investasi, jenis investasi apa yang akan menjadi pilihan, besarnya investasi, dan sebagainya termasuk dalam perencanaan keuangan.

 

4. Tax Planning

Melalui tax planning ini, kamu bisa mengetahui pengaruh pajak terhadap kondisi keuanganmu. Kamu perlu mengetahui aturan pajak terbaru yang berhubungan langsung dengan bagaimana menata keuangan yang lebih baik.

 

5. Retirement Planning

Perencanaan keuangan termasuk juga dalam perencanaan dana pensiun. Bagaimana pemilihan dana pensiun yang tepat bagi keluarga juga masuk dalam jenis perencanaan yang satu ini.

 

6. Estate Planning

Pengelolaan keuangan juga tercakup di dalam pengelolaan properti. Bagaimana pengelolaan properti setelah pensiun misalnya. Pengelolaan properti penting sebagai aset utama kekayaan seseorang. Semua itu termasuk bagian dari perencanaan finansial.

 

Personal financial planning bisa saja mencakup beberapa jenis perencanaan di atas, tergantung pada fase dan tahapan kehidupan seseorang. Intinya bahwa perencanaan tersebut bisa berlangsung terus-menerus seumur hidup.

 

Namun semua perencanaan keuangan yang baik tentu perlu mendapatkan support layanan digital yang canggih dengan teknologi terkini.

 

Telkomsel menawarkan berbagai fasilitas aplikasi untuk mendukung kamu yang sedang melakukan perencanaan keuangan. Salah satu yang bisa kamu manfaatkan adalah aplikasi eksklusif dari Telkomsel yakni Telkomsel Redi.

 

Aplikasi ini memungkinkan seorang pengguna bisa mengakses rekening tabungan sendiri, pembayaran QRIS, split bill, dan pengiriman uang menggunakan nomor ponsel.

 

Aplikasi ini memberikan bukti komitmen dari Telkomsel untuk mendukung perkembangan inklusi ekonomi digital di tanah air.

 

Baca juga: Inovasi Fintech dari Telkomsel

 

Lakukan perencanaan keuangan secara matang sejak dini dengan memanfaatkan berbagai aplikasi dan teknologi digital yang mendukung. Telkomsel menjadi wadah kamu untuk mengatur keuangan yang lebih cermat, lebih hemat, dan tercapainya kemerdekaan finansial yang lebih pasti.

 

Sudah punya strategi untuk financial planning diri kamu sendiri? Temukan solusinya di berbagai teknologi Telkomsel terkini.