Alat Olahraga Rumahan yang Bisa Kamu Buat Sendiri

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Berolahraga merupakan salah satu cara sederhana untuk menjaga kesehatan di masa-masa pandemi seperti saat ini. Ada baiknya olahraga rutin dilakukan untuk menjaga stamina dan meningkatkan sistem imun tubuh. Tak perlu melakukan latihan yang sulit, ada juga olahraga yang bisa dilakukan dengan alat olahraga dan gerakan-gerakan yang sederhana, misalnya olahraga lompat tali.

 

Beberapa manfaat olahraga yang akan kamu dapatkan antara lain, menjaga berat badan, melancarkan peredaran darah, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan suasana hati, menguatkan tulang, dan masih banyak lagi. Seperti yang tadi telah dibahas, olahraga bisa dilakukan dengan cara dan alat yang sederhana. Bahkan, kamu juga bisa membuat alat olahraga dari bahan-bahan yang kamu temui di rumah, lho. Dengan keterampilan dan kekreativitasan, kamu bisa memanfaatkan benda menjadi alat olahraga. Jadi penasaran, kira-kira apa saja, ya?

 

  1. Kursi untuk Mengencangkan Otot Perut
    Kursi yang ada di rumah bisa dimanfaatkan untuk mengencangkan otot perut, lho. Jangan disia-siakan kursi ini bisa digunakan untuk melakukan push up dengan cara menumpu tubuhmu dengan kedua tangan pada kursi. Tapi, pastikan untuk memilih kursi yang tak ada kacanya ya, agar tidak pecah dan menghindari hal yang tak diinginkan. 

 

  1. Tangga
    Siapa bilang tangga nggak bisa dimanfaatkan untuk melakukan olahraga sederhana? Kalau rumahmu ada tangga, kamu bisa menggunakannya untuk mengencangkan betis dengan rutin naik turun tangga. Hasilnya, otot betis akan semakin kuat dan penampilan makin kece. Tapi, jangan lupa untuk selalu berhati-hati ya, saat sedang naik turun tangga karena keselamatan kamu adalah yang nomor satu. 

 

  1. Barbel dari Botol Plastik
    Selain mengurangi sampah plastik, botol plastik bekas minum bisa kamu manfaatkan menjadi barbel olahraga. Caranya sederhana banget, kamu tinggal mengisi botol plastik tersebut dengan pasir, lalu angkat dan turunkan deh barbelnya seperti barbel sungguhan. Selain ramah lingkungan, sampah plastik pun bisa dimanfaatkan secara lebih efisien.

 

  1. Handuk untuk Melatih Otot Tangan
    Kebanyakan orang pasti memiliki handuk di rumahnya. Bukan hanya untuk melap keringat tubuh, handuk ternyata bisa dimanfaatkan untuk melatih otot tangan, lho. Caranya juga gampang banget! Kamu cukup merentangkan tangan selebar ujung-ujung handuk dan bergerak ke kiri serta ke kanan. Gerakan lainnya adalah merentangkan tangan selebar handuk dan mengangkat tinggi-tinggi handuk tersebut. Jika melakukannya dengan benar, pasti akan terasa pegal di bagian lengan sebagai tanda otot lenganmu mulai terbentuk.

 

  1. Karet Gelang untuk Lompat Tali
    Hayooo, siapa yang gemar bermain lompat tali saat masih kecil? Selain nostalgia, kamu bisa bermain lompat tali lagi di masa sekarang sebagai bentuk olahraga sederhana, nih. Bahan yang perlu kamu siapkan adalah karet gelang yang kemudian diikat satu dengan yang lain hingga panjangnya dirasa cukup untuk melakukan lompatan. Eits, rutin melakukan lompat tali bisa membantu kamu menurunkan berat badan karena pembakaran kalorinya yang besar, lho.

 

  1. Pull-up Pakai Alat Jemuran
    Punya tiang jemuran yang tak dipakai di rumah? Kamu manfaatkan untuk pull-up aja! Yup, kamu bisa melakukan pull-up dengan cara menahan badan kamu yang naik dan turun dengan tangan di kanan dan kiri jemuran. Tapi, pastikan tiang jemuran yang digunakan benar-benar kuat, ya. Biasanya tiang jemuran yang kuat terbuat dari besi dan tertera berat yang bisa ditahan. Jangan sampai olahraga kamu berujung hal yang tak diinginkan, ya!

 

  1. Ember 
    Alat olahraga sederhana terakhir yang bisa kamu gunakan adalah ember. Ember bisa kamu gunakan untuk melakukan berbagai macam olahraga, salah satunya adalah bucket squad. Agar lebih menantang, kamu bisa coba mengisi air atau pasir ke dalam eber agar beban semakin bertambah. 

 

Baca juga: Komitmen Telkomsel Orbit Akselerasikan Adopsi Gaya Hidup Digital untuk Segmen Keluarga di Indonesia

 

Walaupun alat-alat olahraga sederhana yang dijabarkan di atas bisa kamu buat sendiri, tapi jangan lupa untuk mencari tutorial olahraga yang baik dan benar ya, agar gerakan olahraga yang dilakukan tak keliru dan jadi melukai diri sendiri. Nah, kalau urusan mencari tutorial olahraga, sekarang udah banyak kok, video-video gratis dari para ahli yang bisa kamu tonton di YouTube. Nggak perlu takut kehabisan kuota, karena ada InternetMAX dari Telkomsel yang siap menemani browsing sampai puas. 


Mulai dari 15 ribu aja, kamu udah bisa internetan dengan kuota melimpah yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Yuk, aktifkan InternetMAX kamu sekarang atau cari tahu keuntungan lainnya dari InternetMAX di sini.

Paket InternetMAX