7 Kebiasaan untuk Mencapai Financial Freedom di Usia Muda

Paket Data Orbit Telkomsel Buat YouTuber Biar Ngonten Makin Lancar

 

Kebebasan finansial atau financial freedom tidak hanya bisa tercapai oleh orang-orang yang sudah berusia di atas 40 tahun saja. Pun tidak hanya bisa diraih oleh mereka yang sudah pensiunan saja, yang punya banyak investasi dan tabungan.

 

Perlu kamu ketahui, financial freedom adalah kondisi seseorang yang sudah memiliki cukup simpanan dan terbebas dari utang. Itu artinya, anak muda yang baru berkarier beberapa tahun di dunia kerja juga bisa mewujudkannya, lho. Wah, gimana caranya ya?

 

Cara Mencapai Financial Freedom

Ingin mewujudkan kebebasan finansial di usia muda? Ada beberapa cara yang bisa kamu coba aplikasikan pada kehidupan sehari-hari, khususnya dalam hal keuangan. Berikut cara-caranya.

 

Baca Juga: Salah Satu Upaya Startup untuk Bertahan dan Berkembang, Gabung ke Ekosistem Telkomsel

 

1. Tetapkan Tujuan Hidup

Pertama-tama, mulailah dengan menentukan tujuan hidupmu. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui tujuan finansial kamu ke depannya. Hal ini juga bisa membantu kamu untuk menyusun langkah-langkah spesifik dalam proses meraih kebebasan finansial.

 

Tujuan yang jelas akan membantu kamu agar fokus dan termotivasi dalam berusaha untuk mencapai target yang kamu inginkan.

 

Contohnya, kamu punya impian yaitu memiliki rumah dan mobil pribadi di usia 34 tahun. Kamu tentukan berapa usia kamu saat ini, kemudian buat perkiraan kira-kira dalam hitungan berapa tahun kamu bisa meraihnya.

 

2. Atur Anggaran Bulanan

Cara mencapai financial freedom di usia muda selanjutnya yaitu mengatur anggaran bulanan. Buatlah catatan besaran pengeluaran yang kamu keluarkan. Hitung apa saja kebutuhan bulanan kamu.

 

Utamakan kebutuhan pokok seperti makanan, tagihan listrik, tagihan internet, cicilan (kalau ada), dan sejenisnya. Kemudian atur anggaran untuk kebutuhanmu dengan cara menghitung berapa kebutuhan belanja untuk makan, ongkos/bensin, dan lain-lain.

 

Setelah kamu membuat anggaran, pastikan pengeluaranmu sesuai dengan anggaran yang sudah kamu buat.

 

3. Lunasi Utang dan Tagihan Kredit

Hidup tanpa utang dan tagihan kredit adalah salah satu kunci sukses untuk meraih kebebasan finansial. Utang adalah salah satu faktor yang bisa menghambat setiap orang yang ingin meraihnya.

 

Maka dari itu, lunasi utang yang bisa kamu lunasi secepatnya. Begitu juga dengan tagihan kredit. Alangkah baiknya kamu minimalkan pengeluaran utang karena bisa menghambat untuk mewujudkan kebebasan finansial di usia muda.

 

4. Kurangi Pengeluaran yang Tidak Perlu

Hindari pengeluaran untuk kebutuhan yang bersifat konsumtif. Cara ini merupakan salah satu upaya untuk berhemat dan mengamankan finansial dari pengeluaran yang tidak kamu perlukan.

 

Banyak sekali distraksi yang mungkin bisa menghambat kamu. Contohnya seperti penawaran diskon dan promo di marketplace, hingga tren mode fashion maupun gadget dari lingkungan terdekat maupun media sosial. 

 

Demi meraih kebebasan finansial, usahakanlah agar tidak terjebak dalam tren. Selain itu juga usahakan agar tidak tergoda oleh diskon maupun promo.

 

5. Belajar Cara Berinvestasi

Ada banyak instrumen investasi yang aman untuk pemula. Kamu bisa memulai belajar investasi sejak dini agar bisa meraih kebebasan finansial di usia muda. Ini karena investasi bisa menjadi alternatifmu untuk menambah penghasilan.

 

Jika ingin berinvestasi, carilah instrumen yang risikonya kecil dan juga modal yang bisa kamu sesuaikan dengan kondisi keuangan. Jika investasi kamu sukses, selanjutnya kamu bisa meningkatkan modalnya secara bertahap.

 

Investasi merupakan salah satu sumber passive income yang potensial. Artinya, dengan investasi kamu bisa mewujudkan kebebasan finansial lebih mudah.

 

6. Mulailah Pekerjaan Sampingan

Seperti yang kamu ketahui, saat ini ada banyak sekali pekerjaan maupun usaha yang potensial sebagai sampingan. Carilah pekerjaan sampingan yang waktunya bisa kamu bagi dengan pekerjaan utama.

 

Cari juga pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan kamu. Selain itu, utamakan pekerjaan yang bisa kamu kerjakan secara fleksibel, artinya bisa kamu jalankan tanpa harus mengganggu pekerjaan utama dan bisa dikerjakan di rumah.

 

Pilih pekerjaan yang potensial dari segi penghasilan. Tujuannya, agar pendapatan dari pekerjaan sampingan bisa kamu tabung untuk masa depan.

 

Selain pekerjaan, kamu juga bisa memulai menjalankan bisnis. Ada banyak bisnis yang bisa kamu jalankan sambil bekerja. Contohnya seperti bisnis online di bidang fashion, kuliner, dan lainnya.

 

7. Kuasai Gaya Hidup

Gaya hidup bisa menjadi kunci sukses meraih kebebasan finansial, juga bisa menjadi “racun” yang bisa menggagalkannya. Contohnya, gaya hidup mewah seperti hobi membeli gadget keluaran terbaru yang harganya selangit demi mengikuti tren masa kini.

 

Gaya hidup tidak hanya dari segi material saja. Contoh lainnya seperti kebiasaan traveling keluar negeri yang bisa menghabiskan uang kamu. Belum lagi ada banyak sekali gaya hidup lainnya yang juga berpotensi mengganggu kondisi keuangan kamu.

 

Kuasai gaya hidup kamu. Belajarlah untuk mengendalikan diri untuk tidak mengikuti keinginan untuk hits di zaman sekarang. Belajarlah hidup sederhana dan membeli barang-barang yang diperlukan saja, agar goal-mu di masa depan bisa segera terwujud.

 

Financial freedom bisa terwujud dengan pengelolaan keuangan yang baik dan investasi. Bagi kamu yang berencana untuk menginvestasikan penghasilan, kini kamu bisa berinvestasi di aplikasi LinkAja. Mudah dan praktis! Simak informasi lengkapnya di www.telkomsel.com/explore/linkaja.