7 Contoh IoT dalam Konsep Teknologi Smart Home

Paket Data Orbit Telkomsel Buat YouTuber Biar Ngonten Makin Lancar

 

Seiring dengan semakin berkembangnya waktu, IoT atau Internet of Things makin sering kita dengar. Dalam kegiatan sehari-hari, penggunaan IoT pun bukan suatu hal yang baru. Bahkan mungkin tanpa kamu sadari, kamu sudah menggunakannya untuk mempermudah penyelesaian pekerjaan.

 

Salah satu contoh IoT (Internet of Things) adalah smart home. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, smart home berarti rumah pintar. Lalu, rumah seperti apa yang bisa masuk kategori sebagai rumah pintar?

 

Sesuai dengan pembahasan awal kita, smart home secara sederhana bisa kita maknai sebagai rumah modern yang memanfaatkan teknologi internet. Semua fasilitas yang terhubung secara otomatis dengan internet. Tidak ada lagi hal-hal manual. Mari ikuti pembahasan berikut.

 

Contoh Penerapan IoT di Smart Home

Pembicaraan tentang smart home memang sangat menarik. Setiap orang di era ini memimpikan memiliki rumah yang canggih. IoT dalam kehidupan sehari-hari seluruhnya terwujud dalam smart home. Penghuni rumah akan mendapatkan segala kemudahannya.

 

Sebuah rumah bisa dikatakan sebagai smart home apabila mengaplikasikan beberapa IoT device berikut. Simak informasi lengkapnya.

 

1. Lampu Pintar

Teknologi pertama yang seharusnya ada pada rumah pintar adalah lampu pintar. Dengan teknologi ini, kamu tidak harus menyalakan lampu secara manual. Dengan IoT, lampu pun bisa kamu kontrol jarak jauh menggunakan aplikasi.

 

Lalu, ketika menggunakan lampu pintar, selain mendapatkan kemudahan dalam menghidupkan lampu, kamu juga bisa mengatur tingkat kecerahan, bahkan warnanya. Kamu pun bisa menyesuaikannya dengan mood kamu. Sangat menarik, bukan?

 

2. Colokan Pintar

Lalu, device yang bisa menggunakan IoT adalah colokan atau stop kontak. Colokan pintar tidak seperti colokan biasa yang banyak dipakai oleh orang-orang. Ada produk colokan yang terintegrasi dengan aplikasi. Jadi, si pengguna bisa menentukan mana colokan yang menyala dan mana yang tidak.

 

Sekarang ini banyak brand yang menjual colokan pintar. Salah satunya yang paling terkenal adalah Bardi Smart Extension Power Strips.

 

3. Smart Door Lock

Selanjutnya, kamu tidak harus selalu menggunakan kunci rumah untuk mengamankan pintu. Dengan IoT, kamu bisa menggunakan smart door lock. Kamu bisa menggunakan sensor untuk mengamankan pintu dan jendela.

 

Sensor tersebut akan terintegrasi dengan aplikasi untuk memudahkan penggunaannya. Jika ada orang yang membuka pintu atau jendela secara mencurigakan, akan ada pemberitahuan yang masuk pada aplikasi.

 

Dalam hal ini, smart home memberikan kenyamanan dan keamanan tersendiri bagi penghuni. Wajar jika banyak orang menginginkan rumah seperti ini.

 

4. Penyiram Otomatis

Memiliki banyak tanaman yang perlu disiram secara rutin? Kamu tidak perlu menyiramnya secara manual.

 

Sekarang ini ada penyiram otomatis yang juga bisa kamu integrasikan dengan rumah pintar. Kamu tinggal menentukan kapan jadwal penyiraman untuk tanamanmu, lalu atur dalam aplikasi. Selanjutnya, penyiram otomatis pun akan menjalankan fungsinya.

 

Baca Juga: Telkomsel Gelar Awarding InternetBAIK dan Webinar Kesehatan Mental Keluarga di Era Digital

 

5. Speaker Pintar

Bagaimana cara mengaktifkan speaker pintar? Kamu tinggal mengintegrasikan Google Assistant pada rumahmu. Hubungkan Google Assistant dengan TV Pintar, Speaker Pintar, dan peralatan elektronik lainnya. Dengan begitu, kamu bisa mengontrolnya secara otomatis.

 

Dengan Google Assistant, kamu bisa menghidupkan lampu, menyalakan AC, menyalakan musik, menghidupkan speaker, dan berbagai peralatan elektronik yang terintegrasi lainnya secara otomatis. Kehidupan sehari-harimu pasti akan jauh lebih mudah.

 

6. Robot Pembersih Lantai

Kemudian, yang tak kalah penting dalam menjaga keindahan rumah adalah dengan memperhatikan tingkat kebersihannya. Kamu tak perlu khawatir karena sekarang ini ada banyak sekali perangkat elektronik untuk membersihkan rumah. Salah satunya yang menggunakan teknologi IoT adalah robot pembersih lantai.

 

7. Security Camera

Terakhir, dalam smart home, kamu juga membutuhkan security camera. Kamera pengawas yang modern juga memanfaatkan IoT. Kamu bisa melihatnya secara real time menggunakan aplikasi. Kamu akan bisa bertindak secara langsung jika ada hal-hal yang mencurigakan terjadi. Keamanan rumah pun lebih meningkat.

 

Selain tujuh contoh penerapan IoT dalam kehidupan, masih ada banyak sekali perangkat elektronik di dalam rumah yang menggunakan teknologi tersebut. Semua perangkat tersebut diciptakan untuk memudahkan pekerjaan dalam rumah.

 

Penutup

Salah satu hal yang paling penting dalam memanfaatkan IoT adalah ketersediaan internet. Untuk menghubungkan semua perangkat pintar tersebut, kamu memerlukan koneksi internet yang stabil di dalam rumah. Dalam hal ini, kamu tak perlu repot-repot. Cukup pasang Orbit Telkomsel.

 

Untuk kamu yang belum tahu, Orbit Telkomsel adalah modem terbaik dari Telkomsel yang cocok untuk rumah pintar. Layanan internet rumah ini menggunakan modem WiFi dengan kualitas jaringan terbaik. Kamu bisa menggunakannya tanpa harus berlangganan. Kamu bisa mengecek layanan Orbit Telkomsel di sini.

 

Tak hanya smart home, segala sesuatu di era ini sangat bergantung pada internet. Kamu pasti membutuhkan internet untuk bekerja, belajar, bahkan berbelanja. IoT sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari manusia modern. Untuk memastikan koneksi internet lancar, terus pakai koneksi internet dari Telkomsel. 

Berbagai pilihan paket data