6 Usaha Makanan Online Modal Kecil yang Kekinian dan Laris

6 Usaha Makanan Online Modal Kecil yang Kekinian dan Laris

 

Membuka usaha tidak harus membutuhkan modal yang besar. Kamu bisa memulainya dengan membuka usaha modal kecil. Terlebih lagi, kehadiran internet sangat mendukung upaya membangun bisnis modal kecil. Bisnis di masa kini tidak selalu membutuhkan toko fisik, kamu bisa memasarkannya melalui toko online.

 

Salah satu bisnis yang tidak ada matinya adalah bisnis di bidang kuliner. Seperti yang kita ketahui bersama, manusia selalu membutuhkan makanan. Bisnis ini banyak dipilih karena target pasarnya bisa sangat luas dan tidak terbatas pada usia.

 

Meskipun dianggap sebagai bisnis yang tidak ada matinya, kamu tetap harus selektif memilih jenis makanan yang dijual. Kamu bisa mencoba usaha makanan kekinian modal kecil. Berikut daftar jajanan kekinian untukmu.

 

Ide Usaha Makanan Modal Kecil

Kamu yang punya keahlian dalam membuat makanan wajib memanfaatkan keahlian tersebut. Cobalah untuk memasak beberapa makanan berikut. Kemudian, kamu bisa mengkreasikannya dengan sesuatu yang baru dan menjadikannya sebagai peluang bisnis.

 

Apa saja jajanan viral yang layak kamu jadikan sebagai bisnis? Berikut daftarnya.

 

1. Tteokbokki

Kalau kamu penggemar drama Korea, jajanan yang satu ini pasti tidak asing. Ya, Tteokbokki adalah jajan khas Korea Selatan yang hampir selalu ada di setiap drama Korea. Karena penggemar drama Korea di Indonesia sangat tinggi, jajanan ini pun kini ikut populer di tengah masyarakat kita. Banyak orang yang ingin mencobanya.

 

Tteokbokki adalah semacam kue beras yang dimasak dengan bumbu pedas gochujang. Teksturnya yang kenyal dengan balutan saus pedas manis gochujang cukup diterima oleh lidah Indonesia. Kamu bisa mencoba untuk membuatnya.

 

Berapa modal yang kamu butuhkan untuk membuka bisnis? Kamu bisa menggunakan peralatan masak yang sudah ada di rumah. Lalu, untuk biaya produksi dan operasionalnya, kamu bisa memulai dengan modal Rp3 juta.

 

2. Corndog

Jajanan yang satu ini juga terkenal berkat drama Korea. Untuk kamu yang belum tahu, corndog adalah sosis yang dibalut dengan adonan dari tepung jagung dan tepung roti. Jajanan yang satu ini sebenarnya berasal dari Amerika Serikat.

 

Untuk membuat corndog pun sebenarnya tidak susah. Namun, orang-orang enggan membuatnya sendiri dan memilih untuk membelinya. Jika kamu bisa membuat corndog yang lezat, jangan ragu untuk menjualnya. Bisnis ini juga bisa kamu mulai dengan modal Rp2 jutaan.

 

3. Dessert Box

Lalu, untuk kamu yang lebih ahli dalam membuat kue atau makanan manis, cobalah untuk membuat dessert box. Jajanan ini juga populer di Indonesia. Masyarakat Indonesia umumnya suka dengan makanan manis. Dessert box pun cocok sebagai usaha makanan online modal kecil.

 

Berapa modal yang kamu butuhkan untuk membuka usaha ini? Untuk modal awal, sebenarnya kamu cukup dengan dana sebesar Rp3 jutaan. Kamu bisa mengalokasikannya untuk membeli box dan bahan dessert.

 

4. Rice Bowl

Selanjutnya, untuk kamu yang membutuhkan usaha sampingan di rumah modal kecil, cobalah membuka bisnis rice bowl. Jenis makanan yang satu ini juga mulai digemari banyak orang.

 

Rice bowl menjadi pilihan banyak orang untuk makanan berat karena simple dan lezat. Kamu bisa mengkreasikan menu rice bowl sendiri. Bisnis ini juga bisa kamu mulai dengan modal awal hanya Rp3 jutaan saja. Jadikan masyarakat sekitar sebagai target pasar utama ketika merintis usaha ini.

 

Baca Juga: Rayakan Hari Kemerdekaan Indonesia bersama Telkomsel

 

5. Pizza mini

Kemudian, jajanan kekinian yang bisa kamu coba adalah pizza mini. Seperti namanya, kamu bisa menjajakan pizza dalam ukuran yang kecil. Bisnis ini bisa kamu coba dengan modal Rp2 jutaan dengan memanfaatkan peralatan yang sudah kamu miliki.

 

6. Seblak

Terakhir, bisnis makanan yang satu ini otentik dari Indonesia. Seblak adalah makanan populer asal tanah Sunda yang disukai masyarakat. Bisnis ini bisa kamu mulai dengan modal Rp2 jutaan.

 

Tips Menjual Makanan Online

Selanjutnya, kamu mungkin bertanya apakah bisnis makanan bisa dilakukan secara online? Jawabannya adalah bisa. Untuk makanan yang tidak tahan lama, kamu bisa berpartner dengan Gojek, Grab, atau Shopee Food.

 

Kemudian, untuk makanan yang tahan lama, kamu bisa memasarkannya di marketplace dengan jasa pengiriman kilat. Saat ini, sudah ada jasa pengiriman yang melayani pengiriman makanan. Berikut adalah beberapa tips menjual makanan online.

 

  • Tentukan partner bisnis yang tepat (marketplace dan jasa pengiriman)
  • Buat profil di Google Business
  • Buat strategi pemasaran yang menarik
  • Jaga kualitas makanan

 

Penutup

Membangun bisnis memang tidak mudah. Kamu perlu belajar terus-menerus. Di mana kamu bisa belajar? Untuk meningkatkan presence usaha online, pelajari materi memulai bisnis online-mu sendiri di Kuncie. Ada banyak materi yang bisa kamu pelajari. Kamu pun akan terhubung dengan para mentor yang berpengalaman.

 

Dengan lingkungan yang mendukung untuk berkembang, membangun usaha modal kecil hingga menjadi besar pun tak mustahil. Kamu bisa mewujudkannya dengan sedikit usaha.