6 Manfaat Komputer di Berbagai Bidang dalam Kehidupan Sehari-hari

Paket Data Orbit Telkomsel Buat YouTuber Biar Ngonten Makin Lancar

 

Komputer, baik itu PC (Personal Computer), maupun laptop menjadi teman kita dalam beraktivitas. Manfaat komputer memang bisa kamu rasakan untuk berbagai aktivitas, mulai dari pekerjaan, bisnis hingga hiburan.

 

Manfaat komputer dalam kehidupan sehari-hari sudah dirasakan oleh banyak orang. Mulai dari pelajar, pelaku bisnis, dan berbagai bidang lainnya kini tidak lepas dari peranannya.

 

Apa Saja Manfaat Komputer?

Berbicara tentang manfaat komputer, jawabannya tentu sangat luas. Tapi ada 6 manfaat yang paling besar sekali di dalam kehidupan kita sehari-hari. Apa saja manfaat-manfaatnya? Berikut sudah kami rangkum di bawah ini.

 

Baca Juga: Agar Terus Produktif di Rumah dengan Internet, 5 Hal Penting Ini Perlu Diperhatikan oleh Keluarga

 

1. Memudahkan Komunikasi

Selain handphone, komputer juga bisa kamu gunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Contohnya dengan menggunakan aplikasi meeting seperti Zoom, Google Meet, dan lain-lain.

 

Melalui aplikasi tersebut, kamu bisa berkomunikasi dengan menggunakan suara, chat maupun video. Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi media sosial hingga WhatsApp berbasis web untuk berkomunikasi.

 

Cara berkomunikasi dengan komputer bahkan jauh lebih nyaman jika kita bandingkan dengan HP. Contohnya saat menggunakan aplikasi meeting, di mana ketika kamu menggunakan PC atau laptop, kamu bisa membagikan data atau dokumen dengan lebih mudah kepada pengguna lain.

 

2. Menjadi Sarana Hiburan

Dari era 90-an, hingga saat ini, komputer juga menjadi salah satu media yang bisa kamu gunakan untuk bermain game. Bahkan hiburannya pun kini tidak hanya sekadar game saja, ada juga aktivitas streaming hingga menonton file video yang sudah tersimpan di perangkat. 

 

Semakin banyak game dan juga platform streaming, membuat perangkat ini menjadi media yang cocok sebagai hiburan. Bahkan saat ini penggunanya juga bisa memanfaatkannya untuk menonton siaran live streaming hingga menonton acara televisi.  

 

Perangkat tersebut juga bahkan bisa membuka aplikasi Android dengan menggunakan sebuah emulator. Dengan begitu, ada banyak sekali hiburan yang bisa kamu temukan dan manfaatkan melalui perangkat ini.

 

3. Menunjang Pekerjaan dan Bisnis

Perangkat ini juga bisa kamu gunakan untuk menunjang bisnis maupun pekerjaan. Bahkan banyak yang menggunakannya untuk membantu pencatatan keuangan hingga penghitungan. Salah satu manfaat komputer dalam bidang ekonomi adalah untuk mempercepat transaksi.

 

Untuk para pelaku bisnis online, perangkat tersebut sangat penting sekali. Terutama untuk yang memiliki sebuah situs online store untuk menjalankan usaha, mulai dari penjualan, transaksi, dan lain-lain.

 

Selain untuk perusahaan besar, komputer juga penting untuk para pelaku UMKM/UKM, hingga untuk para freelancer. Dengan memiliki komputer dan jaringan internet yang bagus, maka bisnis maupun pekerjaan akan lebih mudah dan lancar.

 

4. Mengefisiensi Proses Belajar

Selain untuk para pelaku usaha, siswa atau pelajar saat ini juga memerlukan sebuah komputer untuk mengefisiensi proses belajar. 

 

Apa manfaat komputer bagi siswa? Contoh manfaat komputer di bidang pendidikan antara lain menulis skripsi, mencari sumber informasi untuk tugas sekolah, mengikuti kelas atau kursus daring, dan berbagai aktivitas lainnya yang berkaitan dengan belajar.

 

Selain untuk siswa, PC maupun laptop juga bisa menjadi penunjang pendidikan untuk sekolah atau pengajar. Guru maupun sekolah bisa memanfaatkannya menjadi media pembelajaran audio visual, agar bisa membuat kegiatan belajar mengajar menjadi lebih efisien dan menyenangkan.

 

5. Menjadi Alat Pengontrol

Personal Computer juga menjadi salah satu perangkat yang penting di dalam bidang industri. Contohnya yaitu sebagai media untuk mengontrol atau melakukan pengawasan terhadap perangkat lain. Manfaat lainnya adalah sebagai sensor dan juga untuk mendeteksi sesuatu.

 

Contoh manfaat komputer di bidang industri yaitu sebagai media untuk mengakses informasi kamera CCTV. Selain itu juga bisa diaplikasikan untuk mengontrol maupun menjalankan eskalator, kontrol untuk mengoperasikan robot, menyalakan lampu, dan masih banyak lainnya.

 

Dalam bidang industri, peranan dari perangkat ini bisa sangat vital sekali. Terutama jika berkaitan dengan pengoperasian tertentu, contohnya pekerjaan yang menggunakan robot.

 

6. Menyimpan Data Digital

Manfaat terakhir komputer yaitu untuk menyimpan berbagai data digital. Kamu bisa menggunakannya untuk menyimpan file digital berupa dokumen penting, file video, ebook, hingga aplikasi. 

 

Beberapa orang bahkan menggunakan tempat penyimpanan tambahan seperti hardisk external untuk menyimpan lebih banyak data.

 

Selain menyimpan data secara fisik, juga bisa melalui penyimpanan cloud yang saat ini tengah popular. Manfaat ini bisa dirasakan oleh hampir semua kalangan mulai dari pelajar, pelaku bisnis, pemilik perusahaan, dan berbagai kalangan lainnya.

 

Proses penyimpanan juga lebih mudah jika kita bandingkan dengan HP. Pembuatan folder juga tidak ribet, begitu juga pada saat kita ingin mengaksesnya kembali.

 

Kesimpulan

Komputer merupakan perangkat yang multiguna. Kamu bisa memanfaatkannya untuk berbagai aktivitas, mulai dari bisnis, pekerjaan, hiburan, bahkan untuk membantu mengefisiensi tugas sekolah atau kampus. 

 

Dengan kemudahan mengakses internet saat ini, komputer menjadi salah satu perangkat yang powerfull untuk berbagai kebutuhan.

 

Itulah sejumlah manfaat komputer yang saat ini bisa kamu rasakan. Yuk, gunakan paket internet 5G dari Telkomsel untuk membuka semua peluang dengan menggunakan perangkat komputer milikmu!