5G Indonesia Tahun 2022, Apakah Sudah Ada di Kotamu?

5G Indonesia Tahun 2022, Apakah Sudah Ada di Kotamu?

 

Teknologi internet super cepat generasi ke-5 atau 5G sudah hadir sejak satu tahun yang lalu. Tidakkah kamu merasa penasaran tentang bagaimana kualitas jaringan 5G Indonesia? Meski belum sempurna, kehadiran teknologi 5G di Indonesia perlahan tapi pasti akan memperbaiki berbagai sistem digital di negara tercinta.

 

Telkomsel menjadi salah satu operator 5G terbaik di Indonesia. Operator jaringan tersebut menjadi pelopor jaringan 5G usai mendapatkan izin peluncuran pada Mei 2021. Pada saat itu, Telkomsel sudah hadir di 5 kota besar yang ada di Indonesia, yakni Surabaya, Makassar, Batam, Denpasar, dan Bandung.

 

Pada tahun 2022, apakah jaringan Telkomsel masih terbatas pada 5 kota besar tersebut? Jawabannya tentu saja tidak. Kini jaringan 5G Indonesia sudah jauh lebih baik daripada tahun lalu.

 

Perkembangan 5G Indonesia

Meskipun masih dalam tahap awal, pengembangan jaringan 5G terus mengalami peningkatan yang signifikan. Kalau kamu tinggal di daerah yang sudah terjangkau 5G, kamu bisa menikmati kecepatan internet yang lebih baik daripada saat menggunakan 4G.

 

Dalam laporan OpenSignal, kecepatan unduh pengguna 5G rata-rata berada di angka 64,3 Mbps. Jika kamu bandingkan dengan 4G, kecepatan unduh berada di angka 3.9 kali lipat. Lalu, jika dibandingkan dengan kecepatan unduh 3G, perbandingannya adalah 10,8 kali lebih cepat. Keren, kan?

 

Lalu, untuk kecepatan unggah, jaringan 5G bisa mencapai 19,6 Mbps. Sementara itu, kecepatan unggah 4G hanya 7,4 Mbps. Itu berarti kecepatan jaringan 5G 2,6 kali lebih cepat daripada 4G.

 

Dengan kecepatan internet tersebut, kamu bisa merasakan pengalaman yang lebih bagus lagi dalam menonton video, live streaming, atau bermain game. Pemerintah pun sedang berusaha agar semua daerah di Indonesia bisa mengakses jaringan 5G.

 

Kenapa 5G Belum Merata di Indonesia?

Ketika membicarakan teknologi 5G, pertanyaan yang muncul adalah terkait kesenjangan yang ada di antara pengguna. Ada daerah-daerah yang sudah bisa mengakses 5G dan ada juga daerah yang belum. Apa yang menyebabkan perkembangan 5G belum merata?

 

Berdasarkan penjelasan dari Merza Fachys, Ketua ATSI (Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia), alasan belum meratanya penyebaran jaringan 5G bukan karena proses pembangunannya yang lambat. Merza menegaskan bahwa pembangunan jaringan 5G menyesuaikan aplikasi yang memerlukan 5G.

 

Teknologi 5G merupakan sebuah akselerasi dari teknologi 4G. Oleh karena itu, kehadiran 5G diharapkan tidak hanya menggantikan 4G, tetapi juga bisa memberikan perubahan yang baik pada dunia digital di Indonesia.

 

Yang dimaksud aplikasi yang membutuhkan teknologi 5G adalah aplikasi yang membutuhkan kecepatan tinggi, kapasitas yang juga tinggi, serta latensi rendah, misalnya mobil tanpa driver. Aplikasi tersebut pasti membutuhkan dukungan 5G. Saat ini, pembangunan 5G memang berpusat pada kota besar dan daerah wisata.

 

Baca Juga: Telkomsel Perluas Cakupan Jaringan 5G di Bali

 

Daftar Kota yang Sudah Terjangkau 5G Telkomsel

Beberapa kota besar di Indonesia sudah bisa menikmati jaringan 5G Telkomsel. Kamu bisa cek apakah kotamu sudah masuk dalam daftar di bawah ini.

 

  • Jakarta

Ada beberapa cluster di DKI Jakarta yang sudah terjangkau jaringan 5G, yakni Pantai Indah Kapuk, Pondok Indah, Kelapa Gading, Widya Chandra, Menteng, dan Pasar Minggu.

 

  • Banten

Kemudian, jaringan 5G Indonesia Telkomsel juga sudah bisa dinikmati oleh para pengguna Telkomsel di Banten. Cluster yang terjangkau jaringan tersebut adalah Alam Sutera dan Bumi Serpong Damai.

 

  • Bandung

Di Bandung, jaringan 5G Telkomsel bisa kamu nikmati di kawasan Batununggal, Bandung, Jawa Barat. Rasakan kecepatan internet yang jauh lebih baik di daerah tersebut.

 

  • Surakarta

Untuk kota Surakarta, jaringan 5G juga sudah bisa kamu nikmati ada di kawasan Balaikota, Surakarta, Jawa Tengah.

 

  • Surabaya

Di Surabaya, jaringan 5G tersedia di Pakuwon Residen.

 

  • Padang

Lalu, teknologi 5G juga bisa kamu nikmati di Padang, Sumatera Barat.

 

  • Medan

Di Medan, kamu pun bisa menikmati internet 5G di kawasan Setiabudi Residence, Medan, Sumatera Utara.

 

  • Balikpapan

Terakhir, jaringan 5G Telkomsel juga hadir di Balikpapan Baru, Kalimantan Timur.

 

Kartu Apa Saja yang Sudah 5G?

Telkomsel sudah menyediakan layanan 5G yang membuat internetan menjadi lebih cepat. Jika kita badingkan dengan kartu Telkomsel dengan kartu 5G di Indonesia yang lainnya, kecepatan internetnya tak kalah. Jika daerahmu terjangkau jaringan 5G, kamu bisa membuktikan cepatnya internet 5G Telkomsel.

 

Kapan 5G Indonesia Akan Merata?

Untuk kamu yang masih belum berada di kawasan 5G, tak perlu khawatir. Pemerintah terus menargetkan pembangunan jaringan 5G yang merata di seluruh kawasan Indonesia. Dalam hal ini, Kominfo menargetkan 5G akan merata di Indonesia pada 2024 sampai 2025.

 

Penutup

Nah, untuk mempersiapkan diri menyambut teknologi 5G. Saatnya beralih ke smartphone yang mendukung jaringan 5G. Setelah itu, beralihlah sekarang juga ke Telkomsel untuk menikmati jaringan 5G Indonesia yang super cepat. Kamu akan merasakan perbedaan yang signifikan antara jaringan 4G dengan 5G.