10 Peluang Usaha yang Menjanjikan di Tahun 2022

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Di tahun 2022 ini, ada banyak peluang usaha yang menjanjikan karena kebutuhan dan kegemaran masyarakat makin beragam. Kalau kamu mau mulai suatu usaha, kamu harus mempertimbangkan dengan baik apa yang menjadi passion kamu.

 

Kebutuhan yang ada di tahun 2022 cukup berfokus pada hal-hal yang dilakukan di rumah sebagai efek dari pandemi beberapa tahun terakhir. Maka dari itu, banyak usaha digital yang semakin punya peluang usaha yang besar bagi pemula sekalipun.

 

Ide Usaha

Nah, Telkomsel akan kasih 10 (sepuluh) ide usaha untuk kamu yang ingin mulai berbisnis, nih! Coba cek daftar di bawah ini!

 

  1. Menjual kartu undangan digital
    Saat ini, banyak orang yang mengundang teman-teman maupun kerabat mereka ke acara pernikahan dengan undangan digital. Kamu bisa memanfaatkan kebutuhan ini untuk membuat kartu undangan digital yang kreatif serta menarik untuk dijual.
     

  2. Menjual buku elektronik
    Jika kamu suka membaca buku, kamu bisa menjual buku elektronik atau ebook di berbagai platform berjualan. Supaya lebih menarik, kamu bisa membaca buku-buku yang kamu jual dahulu, lalu buat sinopsis dan ulasannya. Pastikan ulasan yang kamu buat dikemas dengan menarik dan sesuai dengan bukunya, ya!
     
  3. Menawarkan jasa digital printing
    Selanjutnya, kamu bisa menawarkan jasa print atau cetak, bisa berupa cetak dokumen, tugas, maupun foto. Pastikan kualitas print dengan jasamu sangat baik supaya pembeli puas menggunakan jasamu.

 

Baca Juga: Telco Big Data Buka Lebih Banyak Peluang Bisnis Kian Berkembang

 

  1. Membuat dan menjual desain
    Kalau kamu jago desain, ini saatnya kamu berkreasi sambil menjualnya. Kamu bisa mendesain berbagai jenis kebutuhan, misalnya kaos, topi, jaket, dan lain-lain. Setelah itu, kamu bisa jual desainmu di situs jual-beli desain.

    Kalau ingin usahamu tambah menarik, kamu bisa mencari vendor untuk pembuatan produk-produknya. Dengan begini, kamu bisa menawarkan jasa desain sekaligus produksi produknya ke calon pembeli. Contohnya, kamu bisa menawarkan pembuatan kaos sekaligus desainnya dalam satu paket.
     
  2. Melakukan kursus online
    Untuk kamu yang memiliki keahlian khusus dan bisa mengajarkan ke orang lain, kamu bisa buka kursus online-mu sendiri. Berbagai keahlian dari musik, menjahit, hingga pelajaran sekolah bisa kamu jadikan materi kursusmu untuk diajarkan secara online.
     
  3. Melakukan affiliate marketing
    Ide usaha yang satu ini cocok untuk kamu yang mahir memasarkan produk di internet. Dengan affiliate marketing, kamu hanya perlu memberikan link produk ke orang lain. Ketika ada orang yang klik link tersebut untuk membeli produknya, kamu bisa dapat keuntungan dari komisinya. Cukup mudah, kan?
     
  4. Membuat casing hp
    Masih berkaitan dengan desain, kamu akan membuat gambar-gambar yang unik untuk casing dan menjualnya untuk berbagai jenis hp. Pastikan desainnya menarik dan kualitasnya baik. Kamu juga perlu menyiapkan ukuran berbagai jenis hp untuk disesuaikan dengan casing buatanmu.
     
  5. Menjual lockscreen dan wallpaper untuk hp
    Banyak orang, khususnya anak muda, yang suka mengganti gambar yang ada pada lockscreen dan wallpaper hp mereka. Nah, kamu bisa menjual berbagai gambar dengan bermacam-macam tema untuk dijadikan lockscreen dan wallpaper. Kamu bisa menggabungkan satu lockscreen dan satu wallpaper untuk dijadikan satu tema.
     
  6. Menjadi penulis website
    Jika kamu pandai menulis, ide usaha yang satu ini menjanjikan untuk kamu! Kamu bisa mendapatkan berbagai proyek freelance dari website penyedia pekerjaan freelance, seperti UpWork, Fiverr, dan Freelancer. Pilih proyek yang cocok denganmu, dan kamu juga harus bisa menyesuaikan gaya bahasa dengan ketentuan penulisan.

    Ada juga cara lain, yaitu dengan membuat website-mu sendiri. Akan tetapi, kamu butuh waktu untuk mengembangkan website-mu supaya dapat penghasilan. Nah, kamu bisa pilih, deh, mau jadi pekerja freelance atau membuat website-mu sendiri.
     
  7. Menjadi editor video
    Content creator sudah menjadi karir yang menjanjikan jika sudah bisa melampaui jumlah engagement tertentu. Tidak semua pembuat konten bisa edit video. Nah, kalau kamu bisa dan mau, kamu bisa mulai usaha jadi seorang editor video untuk content creator.

 

Jika kamu kreatif, kamu bahkan bisa menjadi seorang content creator, lho! Sama seperti penulis website pribadi, kamu akan butuh waktu dahulu untuk mengembangkan konten yang kamu buat untuk bisa dapat penghasilan. 

 

Itulah 10 (sepuluh) peluang usaha yang cocok dengan kebutuhan masyarakat di tahun 2022 ini. Ada ide bisnis yang cocok denganmu, nggak? Coba cari tahu lebih dalam, bisa aja salah satunya ternyata sesuai dengan passion-mu! 

 

Biar lebih kebayang, belajar bisnis online dengan Kuncie, yuk! Ada rencana pembelajaran yang bisa kamu gunakan untuk belajar bisnis online. Gunakan juga paket Combo Sakti Telkomsel yang sudah termasuk kuota internet, SMS, dan telepon. Kamu juga bisa tambahkan kuota internetmu dengan paket Ekstra Kuota dari Telkomsel! Yuk, cari-cari referensi usaha dengan paket internet dari Telkomsel!


Baca Juga: Akselerasikan Lebih Banyak UMKM Go Digital, Telkomsel Dukung Perhelatan “Pahlawan Digital UMKM 2022”