ilmupedia-berani-jawab

Ilmupedia Berani Jawab Season 2

Menangkan hadiah ratusan juta rupiah dengan adu pengetahuan di Ilmupedia Berani Jawab. Pendaftaran diperpanjang hingga 26 Januari 2020. Yuk buruan ikutan!

Informasi Program:

  • Ilmupedia Berani Jawab Season 2 dapat diikuti oleh pelajar kelas 10, 11, dan 12 SMA/MA/SMK/Sederajat di Indonesia.
  • Pendaftaran dibuka dari tanggal 8 Desember 2020 s.d. 26 Januari 2021, gratis tanpa dipungut biaya.
  • Peserta harus memiliki nomor Telkomsel dan akun Zenius yang aktif dan terverifikasi.

Seputar Ilmupedia Berani Jawab

Ilmupedia Berani Jawab adalah kompetisi antar sekolah yang melibatkan ribuan sekolah SMA & Sederajat dari seluruh Indonesia yang dilakukan dalam beberapa putaran, dengan 16 sekolah teratas bersaing dalam pertarungan langsung untuk memperebutkan hadiah utama ratusan juta rupiah.

Setelah sukses dengan Ilmupedia Berani Jawab Season 1 pada bulan Maret 2020 lalu yang telah diikuti lebih dari 18 ribu peserta dari lebih dari 2.000 sekolah, kini Ilmupedia Berani Jawab Season 2 kembali hadir berkolaborasi dengan Zenius dan membuka kesempatan untuk sekolahmu mengirimkan tim sebanyak-banyaknya. Buat kamu yang ingin bertarung dan uji nyalimu dengan ribuan peserta lainnya, ini saatnya kamu ikutan Ilmupedia Berani Jawab Season 2.

Siapkan dirimu dan catat tanggalnya, buktikan sekolahmu yang terbaik!

Berani Jawab, Menang Banyak!

  • Ilmupedia Berani Jawab terbagi dalam beberapa babak, setiap babak memiliki detail dan spesifikasi sebagai berikut:
    1. Babak Individual: Semua peserta wajib melalui babak kompetisi individu. Pada Babak Individual, peserta akan berkompetisi dimulai dari level kota. 20 besar peserta masing-masing akan membentuk sebuah tim beranggotakan 5 orang (termasuk ketua tim) yang berasal dari sekolah yang sama.
    2. Babak Regional: Peserta yang lolos Babak Individual akan berkompetisi untuk memperebutkan posisi 50 besar di setiap regional. Secara keseluruhan, terdapat 13 regional di mana setiap tim akan berkompetisi di regional yang sesuai dengan domisili sekolahnya.
    3. Babak Area: 650 tim yang terpilih dari 13 regional (50 tim per regional) akan berkompetisi di Babak Area, memperebutkan 3 posisi teratas dari 1 Area. Secara keseluruhan, terdapat 4 area di mana setiap tim akan berkompetisi di area yang sesuai dengan domisili sekolahnya.
    4. Babak Spesial: Bagi peserta yang tidak lolos pada Babak Individual berkesempatan bertanding sekali lagi memperebutkan 4 tempat untuk dapat maju ke Babak Playoff. Masing-masing dari 4 pemenang akan membentuk 1 tim yang terdiri dari 5 orang.
    5. Babak Playoff: Tim yang lolos Babak Area ditambah tim yang lolos Babak Spesial berjumlah 16 tim terbaik. Tim-tim tersebut akan maju ke Babak Playoff dengan sistem gugur, di mana pemenang dari Babak Playoff akan dinobatkan menjadi pemenang kompetisi Ilmupedia Berani Jawab Season 2.
  1. Pendaftaran dapat dilakukan dari tanggal 8 Desember 2020 s.d. 26 Januari 2021, GRATIS (tidak dipungut biaya apapun). Kompetisi Ilmupedia Berani Jawab Season 2 akan berjalan dari tanggal 28 Januari s.d. 10 Maret 2021.
  2. Pendaftaran dilakukan di link berikut melalui perangkat Android atau iOS.
  3. Peserta merupakan perorangan Warga Negara Indonesia yang sedang menempuh jenjang pendidikan kelas 10, 11, dan 12 SMA/MA/SMK/Sederajat.
  4. Setiap peserta mewakili sekolahnya dalam perlombaan ini dan tidak ada batasan jumlah peserta yang dapat mewakili sekolah untuk mendaftarkan diri.
  5. Peserta merupakan pengguna Telkomsel (kartuHalo, simPATI, KARTU As, atau Loop) yang aktif untuk dapat menerima verifikasi melalui nomor pengguna Telkomsel.
  6. Peserta memiliki identitas yang jelas, yaitu Kartu Pelajar dan/atau dokumen lainnya yang dapat melampirkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) pada saat pendaftaran. Jika dokumen tersebut tidak ada, maka dapat digantikan dengan dokumen berikut:
    • Buku Raport.
    • Surat Keterangan Sekolah.
    • Capture NISN.
  7. Peserta memiliki akun Zenius yang terverifikasi dengan nomor Telkomsel aktif.
    • Jika pelanggan sudah memiliki akun Zenius, pastikan aplikasi Zenius sudah diperbaharui.
    • Jika pelanggan belum memiliki akun Zenius, silakan download/unduh melalui Play Store (Android) dan App Store (iOS).
    • Pastikan sistem operasi ponsel sudah ter-upgrade ke Android 4.4 (KitKat) atau iOS 12.
  8. Sebelum melakukan registrasi Ilmupedia Berani Jawab Season 2, peserta yang belum memiliki akun Zenius harus melakukan registrasi pada aplikasi Zenius melalui ponsel terlebih dahulu, di mana:
    • Pada saat mendaftar/sign up pada akun Zenius, peserta kelas 12 akan melihat 2 pilihan jurusan, yaitu IPA/IPS karena aplikasi Zenius tersedia untuk 2 pilihan tersebut. Oleh karena itu, khusus peserta kelas 12 dapat memilih jurusan IPA atau IPS.
    • Sedangkan peserta SMA, SMK, dan MA selain jurusan IPA/IPS dapat memilih salah satu pilihan yang tersedia. Pilihan ini tidak berpengaruh terhadap soal yang didapat pada kompetisi Ilmupedia Berani Jawab Season 2.
  9. Jika tidak berhasil atau mengalami kendala saat melakukan pendaftaran melalui aplikasi Zenius maupun halaman pendaftaran Ilmupedia Berani Jawab pada perangkat Android atau iOS, maka peserta dapat melakukan:
    1. Pendataan pada formulir sementara di halaman berikut melalui desktop atau laptop.
    2. 3 hari kemudian, lakukan pendaftaran melalui ponsel di halaman berikut dan mengunduh aplikasi Zenius karena kuis akan diselenggarakan melalui aplikasi Zenius.
  10. Peserta tidak sedang bekerja di PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) atau PT Zona Edukasi Nusantara (Zenius) termasuk tidak memiliki hubungan kekerabatan dengan karyawan, direksi dan/atau mitra.
  11. Peserta hanya boleh melakukan pendaftaran pada platform dengan 1 akun identitas individu.
  12. Hadiah tidak bisa diuangkan atau ditukar dengan barang dengan nominal yang sama.
  13. Peserta wajib mempersiapkan dan memastikan koneksi internet lancar selama mengikuti pelaksanaan kegiatan.
  14. Peserta wajib mengerjakan pertanyaan dalam rentang waktu yang telah ditentukan.
  15. Ketentuan pemenang adalah hak dan wewenang mutlak penyelenggara serta tidak dapat diganggu gugat, termasuk perihal hadiah yang telah ditentukan tidak dapat ditukarkan dalam bentuk lainnya selain yang telah ditetapkan.
  1. Kompetisi Ilmupedia Berani Jawab Season 2 dilakukan secara online.
  2. Peserta wajib untuk melampirkan foto diri memegang Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Kartu Pelajar aktif pada saat melakukan pendaftaran.
  3. Peserta yang dinyatakan lolos wajib mengikuti seluruh rangkaian Ilmupedia Berani Jawab Season 2 hingga babak akhir.
  4. Peserta individu yang berhasil lolos pada Babak Individual, wajib berperan sebagai ketua tim kemudian:
    • Ketua tim akan membentuk tim yang terdiri dari 5 orang, dengan merekrut 4 orang anggota lainnya yang berasal dari sekolah yang sama dengan ketua tim.
    • Anggota tim dapat direkrut dari teman sekolah yang sama, yang tidak lolos Babak Individual atau yang tidak mendaftar sebelumnya pada Babak Individual.
    • Anggota tim yang akan direkrut tidak diperkenankan berasal dari peserta lain yang lolos Babak Individual walaupun berasal dari satu sekolah yang sama.
  5. Ketua tim dapat mengganti anggotanya sebelum Babak Regional dimulai, selambat-lambatnya 3x24 jam sebelum Babak Regional dimulai.
  6. Pengumuman pemenang pada setiap babak dapat dilihat melalui website https://Ilmupedia.co.id atau https://zenius.net setelah pertandingan babak tersebut selesai.
  7. Informasi mengenai cara mendaftar pada aplikasi zenius dapat di akses melalui link berikut.
  8. Komposisi soal pada pelaksanaan kompetisi adalah sebagai berikut:
    • 30% Pengetahuan Umum.
    • 30% Saintek & Soshum.
    • 10% Matematika.
    • 20% pertanyaan dari video Ilmupedia me/ioc dan aplikasi/Official YouTube Zenius.
  9. Saat ujian komposisi soal di atas akan diberikan secara acak oleh sistem untuk menjaga kompetisi tetap fair, pengacakan meliputi:
    • Urutan komposisi soal.
    • Urutan soal/pertanyaan.
    • Konten soal dengan tetap menjaga tingkat kesulitan pada level yang sama.
  10. Pemenang setiap babak kompetisi ditentukan berdasarkan:
    • Nilai tertinggi.
    • Waktu penyelesaian tercepat.
    • Dengan ketentuan penilaian sebagai berikut:
      • Nilai setiap babak akan dihitung untuk masing-masing babak (tidak diakumulasi dari babak satu ke babak lainnya).
      • Untuk kompetisi secara tim, nilai tim merupakan penjumlahan nilai semua anggotanya.
  11. Informasi teknis dan terperinci lainnya tentang pelaksanaan Ilmupedia Berani Jawab Season 2 dapat dilihat melalui link berikut.
  12. Syarat dan ketentuan dapat berubah sewaktu-waktu, peserta diwajibkan secara berkala melakukan pemeriksaan pembaruannya melalui https://Ilmupedia.co.id atau https://zenius.net.
  • FAQ

Apakah Ilmupedia Berani Jawab Season 2 berlangsung secara offline seperti yang diselenggarakan pada Season 1?

Tidak, dikarenakan pandemi COVID-19 maka kali ini Telkomsel berkolaborasi dengan Zenius menyelenggarakan Ilmupedia Berani Jawab Season 2 secara online melalui link berikut.

Kapan pendaftaran Ilmupedia Berani Jawab Season 2 dimulai?

Pendaftaran Ilmupedia Berani Jawab Season 2 dimulai dari tanggal 8 Desember 2020 s.d. 26 Januari 2021.

Siapa saja yang dapat mendaftarkan diri pada kompetisi Ilmupedia Berani Jawab Season 2?

Kompetisi Ilmupedia Berani Jawab Season 2 diperuntukan bagi siswa SMA/MA/SMK/Sederajat kelas 10, 11, dan 12.

Apakah Ilmupedia Berani Jawab Season 2 merupakan kompetisi tim atau individu?

  • Pada tahap awal yang bertanding adalah peserta individu.
  • Setiap yang lolos Babak Individual, akan lanjut ke babak berikutnya dan membentuk sebuah tim serta menjadi ketua tim. Ketua tim selanjutnya mencari 4 orang anggota yang berasal dari sekolah yang sama.

Peserta yang lolos Babak Individual akan membentuk tim dan menjadi ketua tim, serta mencari 4 orang anggota. Apakah ada persyaratan untuk anggota tim?

Ya, syarat anggota tim antara lain:

  • Berasal dari 1 sekolah yang sama.
  • Tidak diperkenankan mengambil anggota dari peserta lainnya yang lolos Babak Individual.
  • Diperkenankan mengambil anggota dari teman 1 sekolah yang tidak mendaftar sebelumnya atau yang mendaftar tetapi tidak lolos Babak Individual.

Apakah ada batasan jumlah peserta dari tiap sekolah yang boleh mendaftarkan diri dalam Ilmupedia Berani Jawab Season 2?

Tidak, sekolah dapat mengirimkan sebanyak-banyaknya peserta tanpa ada batasan maksimal.

Apakah ada persyaratan dokumen saat pendaftaran Ilmupedia Berani Jawab Season 2?

Ya, saat pendaftaran peserta diharuskan melampirkan foto diri serta foto diri sambil memegang Kartu Pelajar/NISN. Jika peserta tidak memiliki Kartu Pelajar, maka dapat digantikan dengan:

  • Buku Raport.
  • Surat Keterangan Sekolah.
  • Capture nomor NISN.

Apakah terdapat tutorial pendaftaran Ilmupedia Berani Jawab Season 2 melalui aplikasi Zenius?

Ya, kamu dapat melihat tutorial pendaftaran melalui link berikut.

Ilmupedia Berani Jawab Season 2 diselenggarakan oleh Telkomsel dan Zenius. Apakah berarti peserta juga harus menggunakan Telkomsel dan Zenius?

Ya, peserta diwajibkan untuk:

  • Mendaftarkan diri menggunakan nomor Telkomsel.
  • Mendaftarkan diri pada aplikasi Zenius.

Apa persyaratan lain yang wajib dipenuhi peserta?

  • Peserta merupakan siswa aktif SMA/MA/sede SMA/MA/SMK/Sederajat.
  • Peserta wajib memiliki nomor ponsel Telkomsel yang aktif dan terverifikasi.
  • Peserta wajib memiliki akun Zenius aktif dan terverifikasi.
  • Peserta wajib mendaftarkan identitas sekolah asal pada formulir pendaftaran.

Apakah saya bisa melihat langsung hasil dari pertandingan?

Pengumuman pemenang pada setiap babak dapat dilihat melalui website https://Ilmupedia.co.id atau https://zenius.net setelah pertandingan babak tersebut selesai.

Apa hadiah kompetisi Ilmupedia Berani Jawab Season 2?

Ilmupedia Berani Jawab Season 2 berhadiah total ratusan juta rupiah.

Bagaimana jika saya ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Ilmupedia Berani Jawab Season 2?

Kamu dapat menghubungi: