Ilmupedia Berani Jawab

Ilmupedia Berani Jawab Season 3

Ilmupedia Berani Jawab hadir lagi. Ayo daftarkan tim terbaikmu, jawab semua soalnya, dan ajak teman-temanmu berkompetisi merebutkan hadiah total ratusan juta rupiah serta banggakan sekolahmu di tingkat nasional!

Tentang Ilmupedia Berani Jawab

Ilmupedia Berani Jawab merupakan rangkaian kompetisi kuis nasional untuk siswa-siswi SMA/Sederajat di Indonesia di mana seluruh kegiatannya dilaksanakan secara online. Ilmupedia Berani Jawab diadakan secara GRATIS (tanpa dipungut biaya) dan dilakukan secara berkelompok, di mana 1 tim terdiri dari 5 anggota yang berasal dari sekolah yang sama. Pada tahap awal masing-masing sekolah bebas mendaftarkan perwakilan tim sebanyak-banyaknya. Hal ini karena Telkomsel ingin terus mendukung minat dan bakat anak-anak muda Indonesia, salah satunya di bidang pendidikan, namun tetap dengan cara yang menyenangkan.

 

Ilmupedia Berani Jawab, terdiri dari 4 rangkaian kompetisi, dimulai dari Eliminasi Tahap 1, Eliminasi Tahap 2, Semi Final, dan Grand Final. Eliminasi Tahap 1 untuk mendapatkan Top 40 dan Eliminasi Tahap 2 untuk mendapatkan Top 12 yang akan dilaksanakan masing-masing 5 hari beruturut-turut secara online di website Ilmupedia. 12 tim terbaik akan lanjut ke Semi Final dan Grand Final untuk memperebutkan Juara 1, 2, dan 3 Kompetisi Nasional Ilmupedia Berani Jawab Season 3.

 

 

Tidak hanya mendapatkan pengalaman mengikuti kuis yang seru, peserta juga akan mendapatkan hadiah dengan total ratusan juta rupiah, mulai dari beasiswa saldo tabungan, webinar menarik, sertifikat, dan berbagai hadiah lainnya dari Sekolah.mu. Tidak hanya itu, Telkomsel juga akan memberikan hadiah untuk sekolah para peserta. Yuk, ikuti Ilmupedia Berani Jawab Season 3!

 

Serba-serbi Ilmupedia Berani Jawab Season 3

Detail Hadiah
Detail Hadiah
  1. Juara 1: E-Sertifikat Juara 1 dan Tabungan Pendidikan senilai Rp50.000.000.
  2. Juara 2: E-Sertifikat Juara 2 dan Tabungan Pendidikan senilai Rp30.000.000.
  3. Juara 3: E-Sertifikat Juara 3 dan Tabungan Pendidikan senilai Rp20.000.000.
  4. Top 12: E-Sertifikat Top 12 dan Tabungan Pendidikan senilai Rp5.000.000.
  5. Top 40: E-Sertifikat Top 40 dan Tabungan Pendidikan senilai Rp1.000.000.
  6. Seluruh peserta: E-Sertifikat partisipasi.
  • E-sertifikat diberikan kepada masing-masing anggota tim termasuk ketua dengan nama lengkap dan asal sekolah, pastikan mengisi data registrasi dengan benar.
  • Nilai hadiah dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan ketersediaan dan pergantian hadiah dilakukan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
  • Hadiah Tabungan Pendidikan berupa tabungan yang diberikan ke perwakilan tim dan tidak dapat dipindah tangankan ke orang lain. Peserta dapat mengirimkan detail akun Bank perwakilan untuk pencairan hadiah Tabungan Pendidikan.
Registrasi & cara ikutan
Registrasi & cara ikutan

Proses Registrasi

  1. Registrasi dapat dilakukan sejak tanggal 22 Maret – 11 Mei 2022 dan GRATIS (tidak dipungut biaya apapun).
  2. Peserta kuis adalah pelajar SMA/Sederajat di Indonesia. 1 tim terdiri dari 5 peserta (1 ketua dan 4 anggota).
  3. Ketua tim mengakses link berikut, login menggunakan nomor Telkomsel dan klik tombol “Ikuti Kuis”.
  4. Pilih kota sekolah, isi nama sekolah, dan nama tim.
  5. Isi data nama anggota dan nomor handphone Telkomsel anggota (Telkomsel Halo dan Telkomsel PraBayar).
  6. Pilih logo tim atau upload logo tim sendiri.
  7. Klik selesai.
  8. Anggota tim akan menerima SMS undangan bergabung dalam tim sesuai dengan nomor handphone yang didaftarkan.
  9. Klik link undangan tersebut, lalu klik “Bergabung”.
  10. Batas waktu maksimum untuk konfirmasi bergabung dalam tim adalah 3 jam.
  11. Ketua tim dapat mengubah anggota tim jika anggota tersebut menolak undangan dengan klik tombol “Tolak” atau anggota tidak memberi konfirmasi dalam waktu maksimal 3 jam.

 

Cara mengikuti Ilmupedia Berani Jawab (Eliminasi Tahap 1 dan 2)

  1. Eliminasi Tahap 1 dimulai pada tanggal 17, 18, 19, 20, dan 23 Mei 2022. Sedangkan Eliminasi Tahap 2 dimulai pada tanggal 25, 27, 30, 31 Mei, dan 2 Juni 2022.
  2. Eliminasi Tahap 1 dan 2 dilaksanakan secara online di website Ilmupedia.
  3. Eliminasi Tahap 1 dan 2 masing-masing berlangsung selama 5 hari berturut-turut dan dapat diikuti antara pukul 08:00 – 18:00 WIB.
  4. Setiap hari selama proses eliminasi, tim akan menjawab 10 pertanyaan di mana masing-masing pertanyaan memiliki waktu jawab 1 menit (60 detik).
  5. Pertanyaan kuis akan berkisar tentang ilmu pengetahuan umum dan materi pelajaran SMA/Sederajat.
  6. Untuk memulai kuis, ketua dan anggota tim harus login terlebih dahulu serta masuk ke halaman dashboard Ilmupedia Berani Jawab.
  7. Ketika proses eliminasi telah dimulai, ketua dan anggota tim klik tombol “Mulai Kuis” yang ada pada halaman dashboard untuk masuk ke dalam ruang tunggu kuis.
  8. Kuis akan dimulai ketika semua peserta dalam tim tersebut telah masuk ke dalam ruang tunggu kuis.
  9. Setiap peserta dalam tim harus menjawab soal kuis yang diberikan. Skor akan diakumulasi dari perolehan skor setiap anggota tim.
  10. Kuis terdiri dari soal ilmu pengetahuan umum (bobot 20%) dan soal mata pelajaran SMA/Sederajat kelas 10, 11, dan 12 (bobot 80%). Soal mata pelajaran SMA/Sederajat antara lain terkait dengan Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, dan IPS.
Ketentuan Pemenang
Ketentuan Pemenang

Tim terbagi dalam 4 group (A, B, C, D) yang masing-masing terbagi dalam 3 sub-group dengan detail pembagian group sebagai berikut:

 

Group A

  • Sub-Group A-1: Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Riau, dan Sumatera Utara.
  • Sub-Group A-2: Provinsi Kepulauan Riau, Riau, dan Sumatera Barat.
  • Sub-Group A-3: Provinsi Bengkulu, Jambi Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, dan Sumatera Selatan.

 

Group B

  • Sub-Group B-1: Provinsi Banten dan DKI Jakarta.
  • Sub-Group B-2: Provinsi Jawa Barat dan sekitar DKI Jakarta.
  • Sub-Group B-3: Provinsi Jawa Barat.

 

Group C

  • Sub-Group C-1: Provinsi DI Yogyakarta dan Jawa Tengah.
  • Sub-Group C-2: Provinsi Jawa Timur.
  • Sub-Group C-3: Provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur

 

Group D

  • Sub-Group D-1: Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.
  • Sub-Group D-2: Provinsi Gorontalo, Maluku Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Utara.
  • Sub-Group D-3: Provinsi Maluku, Papua, dan Papua Barat.

 

Adapun penentuan Top 40 dan Top 12 adalah sebagai berikut:

  • Top 40
    1. Top 40 merupakan gabungan dari 10 tim dengan total skor terbaik dari masing-masing group (A, B, C, D) dengan waktu pengerjaan soal paling cepat.
    2. Masing-masing sekolah hanya dapat diwakili oleh satu tim dengan skor terbaik. Jika ada dua tim dalam satu sekolah masuk dalam 10 tim terbaik dalam groupnya, maka hanya tim dengan skor tertinggi yang akan lanjut ke tahap berikutnya. Jika tim tersebut memiliki skor yang sama, maka tim dengan akumulasi pengerjaan soal yang paling cepat yang akan lanjut ke tahap berikutnya.
    3. Pengumuman Top 40 akan diinfokan paling lambat pada tanggal 24 Mei 2022 pada halaman Ilmupedia dan Telkomsel.
    4. Tim yang telah ditentukan masuk ke dalam Top 40 oleh panitia adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.
  • Top 12
    1. Top 12 merupakan gabungan dari tim dengan total skor terbaik dari masing-masing sub-group (A-1, A-2, A-3, B-1, dst) dengan waktu pengerjaan soal paling cepat.
    2. Jika ada sub-group yang hanya memiliki perwakilan 1 tim ketika memasuki tahap top 40, maka tim tersebut dan slot tim sub-groupnya akan digabung dengan sub-group yang memiliki perwakilan tim tersedikit dalam group sama. Misalnya sub-group A-1 hanya memiliki perwakilan 1 tim pada tahap 40, maka tim tersebut dan slot tim sub-groupnya akan digabung ke sub-group A-2 karena sub-group A-2 memiliki jumlah perwakilan tim lebih sedikit daripada sub-group A-1.
    3. Jika ada sub-group yang tidak memiliki perwakilan ketika memasuki tahap top 40, maka slot tim sub-group tersebut akan diberikan pada sub-group yang memiliki perwakilan tim terbanyak atau total skor tim terbanyak dalam group yang sama. Misalnya sub-group A-3 tidak memiliki perwakilan tim pada tahap 40, maka slot tim sub-groupnya akan diberikan ke sub-group A-1 karena sub-group A-1 memiliki jumlah perwakilan tim lebih banyak daripada sub-group A-2.
    4. Jika ada tim yang memiliki skor yang sama, maka waktu pengerjaan soal yang paling cepat menjadi indikator penilaian berikutnya.
    5. Top 12 akan diundang virtual meeting dan akan diinformasikan melalui email untuk melaksanakan Semi Final dan Grand Final.
    6. Pengumuman Top 12 akan diinfokan paling lambat pada tanggal 3 Juni 2022 pada halaman Ilmupedia dan Telkomsel.
    7. Tim yang telah ditentukan masuk ke dalam Top 12 oleh panitia adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.

Informasi Tambahan