BAGIKAN

Buka Peluang Transformasi Digital Industri dan Investasi Strategis Indonesia, Telkomsel Tunjukkan Pemanfataan Teknologi 5G Smart Mining di Ajang SOE International Conference & Expo G20

Article
Showcase teknologi 5G Telkomsel di kegiatan SOE International Conference & Expo G20 diharapkan data membuka peluang transformasi digital industri dan investasi strategis bagi Indonesia.

  • Telkomsel menunjukkan komitmennya dalam mengedepankan kapabilitas teknologi jaringan dan ekosistem aset digitalnya bagi kemajuan Indonesia tersebut pada sebuah showcase skenario implementasi 5G (use-cases) bersama TelkomGroup dalam agenda State-Owned Enterprise (SOE) International Conference & Expo: Driving Sustainable & Inclusive Growth yang berlangsung pada 17-18 Oktober 2022 di Nusa Dua, Bali.
  • Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Trade, Investment & Industry Working Group (TIIWG) Road to G20, showcase pemanfaatan teknologi 5G Telkomsel bersama TelkomGroup dalam SOE International Conference & Expo itu mengangkat potensi transformasi ekosistem industri dan kapabilitas digital masa depan BUMN dalam pemulihan global.
  • Dalam pameran 5G use-cases bersama TelkomGroup, Telkomsel menghadirkan beberapa skenario implementasi teknologi 5G, seperti 5G Smart Mining (5G in The Box, 5G Connected Worker, 5G Computer Vision) dan 5G Artificial Intelligence (AI) Robot.

 

Jakarta, 18 Oktober 2022 - Telkomsel sebagai leading digital telco terus membuka peluang kolaborasi lebih luas bagi bangsa dan menjadikan Indonesia sebagai destinasi investasi global melalui dukungannya terhadap setiap rangkaian kegiatan presidensi Group of 20 (G20) di Indonesia. Telkomsel menunjukkan komitmennya dalam mengedepankan kapabilitas teknologi jaringan dan ekosistem aset digitalnya bagi kemajuan Indonesia tersebut melalui showcase skenario implementasi 5G (use-cases) Smart Mining bersama TelkomGroup dalam agenda State-Owned Enterprise (SOE) International Conference & Expo: Driving Sustainable & Inclusive Growth, yang berlangsung pada 17-18 Oktober 2022 di Nusa Dua, Bali.

 

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Trade, Investment & Industry Working Group (TIIWG) Road to G20, showcase pemanfaatan teknologi 5G Telkomsel bersama TelkomGroup dalam agenda SOE International Conference & Expo itu mengangkat potensi transformasi ekosistem industri dan kapabilitas digital masa depan melalui kolaborasi strategis lintas BUMN dalam pemulihan global. Dalam agenda tersebut turut hadir Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI, serta sejumlah delegasi dari perwakilan negara-negara anggota G20.

 

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan, “Showcase pemanfaatan teknologi 5G Telkomsel sebagai bagian dari TelkomGroup di SOE International Conference & Expo dalam TIIWG G20 merupakan momen penting untuk menunjukkan bagaimana Indonesia melalui kolaborasi lintas BUMN bisa berperan memimpin dan berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi global secara berkelanjutan. Untuk itu, Telkomsel membuka peluang kemajuan dengan menghadirkan potensi transformasi ekosistem industri dan kapabilitas digital terbaiknya bersama TelkomGroup, demi akselerasi kedaulatan digital bangsa dan dunia."

 

5G Telkomsel G20

 

Teknologi pemanfaatan 5G yang dihadirkan Telkomsel bersama TelkomGroup merupakan bagian dari pameran SOE International Conference & Expo yang menampilkan kinerja, inisiatif, dan program BUMN pada tiga prioritas presidensi G20 Indonesia, yakni arsitektur layanan kesehatan, transisi energi, dan inklusi ekonomi melalui digitalisasi. Melalui showcase skenario implementasi teknologi 5G tersebut, Telkomsel mengangkat potensi transformasi ekosistem industri dan kapabilitas digital ekosistem BUMN dalam pemulihan ekonomi global, membuka peluang kolaborasi lintas sektor, dan meningkatkan daya tarik investasi strategis bagi Indonesia. Telkomsel menghadirkan beberapa skenario implementasi teknologi 5G, seperti 5G Smart Mining (5G in The Box, 5G Connected Worker, 5G Computer Vision) dan 5G Artificial Intelligence (AI) Robot.

 

Untuk use-case utama, Telkomsel mengusung beberapa teknologi dalam skenario 5G Smart Mining, yakni 5G in The Box, 5G Connected Worker, dan 5G Computer Vision. Teknologi 5G in The Box merupakan inovasi teknologi jaringan 5G portabel yang hadir dalam bentuk ringkas. Keringkasan ini mendukung proses deployment 5G yang lebih cepat dan lebih mudah untuk diimplementasikan, terutama dalam proses trial jaringan private 5G bagi pelanggan korporasi. Telkomsel juga menghadirkan teknologi wearable 5G Connected Worker yang dapat mendukung koordinasi serta pengelolaan keselamatan dan keamanan operasional karyawan di lingkungan kerja. Telkomsel juga menunjukkan kecanggihan 5G Computer Vision dengan AI yang memungkinkan beragam kegunaan di lapangan, mulai dari pendeteksian barang, pemantauan akses, hingga pemindaian muatan.

 

Teknologi 5G Smart Mining tersebut membuka peluang besar terhadap transformasi digital serta peningkatan produktivitas dan efisiensi operasional perusahaan, seperti pada implementasi untuk industri pertambangan bersama PT Freeport Indonesia dan MIND ID melalui penerapan 5G Underground Smart Mining pertama di Indonesia pada September 2022 lalu.

 

5G Telkomsel G20

 

Selain 5G Smart Mining, Telkomsel juga menghadirkan use-case 5G AI Robot, sebuah robot dengan kemampuan menyerupai manusia. Robot dengan AI ini mampu menyambut dan mengenali tamu yang hadir serta memberikan atraksi hiburan, menunjukkan potensi pemanfaatannya untuk pelayanan di berbagai industri, mulai dari media, hiburan, hingga ritel. Guna menunjang program Presidensi G20 di Bali, Telkomsel pun telah melakukan optimalisasi dan perluasan cakupan jaringan 5G dengan menggelar infrastruktur tambahan berupa 39 BTS 5G yang menjangkau sejumlah titik kegiatan.

 

SOE International Conference: Driving Sustainable & Inclusive Growth sendiri digelar secara luring dan daring dalam bentuk diskusi panel, pameran, investor talks, corporate day, serta business matching. Selain mengundang pembicara dari Indonesia dan tokoh-tokoh dunia dari berbagai bidang, SOE International Conference juga turut menghadirkan para pimpinan BUMN, pemangku kepentingan BUMN, delegasi negara anggota G20, investor, perwakilan negara sahabat dan organisasi internasional, para mitra bisnis, akademisi, lembaga think tank, serta media dari dalam dan luar negeri.

 

“Telkomsel berharap perhelatan SOE International Conference & Expo membuka peluang kolaborasi yang dapat menghasilkan kebijakan terbaik, serta membantu seluruh delegasi melangkah ke depannya secara konkret untuk pulih bersama lebih kuat. Dengan mendukung terciptanya iklim perdagangan dan investasi nasional maupun global yang mampu mengakselerasi pemulihan ekonomi global, Telkomsel mendukung pemerintah untuk menjadikan Indonesia salah satu kekuatan ekonomi terbesar pada 2030,” pungkas Hendri.

Related News