Wishnutama Kusubandio | Telkomsel

Board of Commissioners

KOMISARIS UTAMA

Wishnutama Kusubandio

wishnutama

Wishnutama Kusubandio ditunjuk sebagai Komisaris Utama Telkomsel sejak bulan Februari 2021. Sebelumnya ia menjabat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Kabinet Indonesia Maju (2019–2020).

Selama kariernya wishnutama pernah menjabat di sejumlah posisi strategis, terutama di industri media, kreatif dan digital, antara lain sebagai Direktur Utama Trans 7, Direktur Utama Trans TV, Direktur Detik.com, Direktur Utama NET TV, Komisaris Kumparan, Komisaris Tokopedia, dan saat ini ia juga menjabat sebagai Wakil Komisaris Utama Bundamedik & Komisaris Goto. Dalam penyelenggaraan acara internasional bergengsi ia ditunjuk menjadi Creative Director Opening and Closing Ceremonies Asian Games 2018, Creative Director Indonesia National Day Dubai Expo 2020, Koordinator Tim Asistensi G20 Indonesia 2022 & ASEAN Summit 2023.

Menyelesaikan pendidikan dari Mount Ida College, Massachusetts, jurusan Liberal Arts dalam bidang ilmu Komunikasi. Wishnutama juga pernah mengikuti pendidikan di The Military College of Vermont di Norwich University serta mengikuti program pendidikan pertelevisian di Emerson College, Amerika Serikat. Selain itu, ia juga berpartisipasi aktif dalam berbagai program pendidikan profesional, termasuk di GE Management Development Institute, Crotonville, New York, Harvard Business School, dan Harvard Kennedy School

Prestasi Wishnutama di industri telah diakui lewat berbagai penghargaan bergengsi, belum lama ini di tahun 2023 ia dianugerahi tanda kehormatan Bintang Mahaputera Nararya oleh Presiden Republik Indonesia. Ia termasuk Indonesia's Influential Person in Creative Industry Awards oleh IdeaFest pada tahun 2017 dan Best Digital Talent (Digital Business Leader) pada Bubu Awards oleh Indosat Ooredoo IDByte di tahun2017. Ia juga dinobatkan sebagai Best Chief Strategy Execution Officer Across All Industries dalam ajang Strategy-Into-Performance Execution Excellence (SPEx2) Awards 2016 yang diselenggarakan Tempo Media Group, Marketeer of the Year, serta Indonesia Marketing Champion 2015 untuk kategori Broadcast, TV, Media dan Best CEO versi majalah SWA 2010.