BAGIKAN

Telkomsel 5G Bakal Bawa Semua Warga Menuju Lini Terdepan

Article
Telkomsel 5G Bakal Bawa Semua Warga Menuju Lini Terdepan

Sebagai the first 5G operator in Indonesia, Telkomsel ingin memastikan jaringan telekomunikasi generasi kelima ini dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Upaya tersebut dilakukan karena 5G memiliki keunggulan dibandingkan generasi sebelumnya yang akan membuka berbagai buka peluang apabila dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin.

Simak penjelasan tentang potensi yang dimiliki teknologi 5G bersama Direktur Planning & Transformation Telkomsel  Wong Soon Nam, Direktur Network Telkomsel Nugroho, dan Direktur IT Telkomsel Bharat Alva di artikel berikut.

 

Q: Operator seluler di Indonesia berlomba-lomba untuk bisa meluncurkan jaringan 5G di Indonesia.  Bisakah Anda jabarkan terkait rencana Telkomsel untuk 5G?

 

  • Wong Soon Nam:

Selama 4 tahun terakhir, kami telah berinvestasi secara signifikan untuk mengimplementasikan 5G secara utuh. Mulai dari mengembangkan talenta perusahaan hingga Menyusun strategi yang komprehensif agar kami dapat membawa 5G ke Indonesia.

 

Pada level yang tertinggi, Telkomsel ingin memastikan bahwa 5G bisa diakses oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Karena itu, Anda bisa mengharapkan Telkomsel akan memberikan jaringan 5G terbaik di Indonesia. Seperti yang selama ini kami berikan kepada para pelanggan melalui kualitas jangkauan dan jaringan LTE.

 

  • Nugroho:

Makna 5G bagi Telkomsel adalah untuk menunjukkan bahwa sebagai leader di industri telekomunikasi Tanah Air, Telkomsel selalu menunjukkan komitmennya yang senantiasa menjadi first mover. Membawa teknologi baru yang lebih baik, yang dapat dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat dan pelaku industri Tanah Air.

 

  • Bharat Alva:

Bagi Telkomsel, 5G adalah kesempatan untuk melakukan transformasi dalam menyediakan konektivitas yang berfokus pada kebutuhan pengguna Telkomsel. Mulai dari pelajar, orangtua, pekerja, entrepreneur, korporasi, hingga UMKM. Dengan 5G kita bisa memindahkan jumlah data yang besar secara realtime. Karena itu, 5G akan dapat memfasilitasi kemajuan pesat pada Artificial intelligence, otomasi, dan IoT. Kita juga akan menikmati kecepatan browsing yang lebih cepat. Memberikan jalan untuk akses cloud secara instan, lebih banyak konten interaktif digital, dan untuk entertainment dengan AR, VR, dan banyak lagi.

 

Baca juga: Telkomsel 5G Akselerasikan Gaya Hidup Digital Masyarakat

 

Q: Telkomsel merupakan yang pertama menghadirkan 5G, Apa makna “the first mover” bagi Anda?

 

  • Wong Soon Nam:

Sebagai operator dengan jaringan terbaik selama bertahun-tahun, Telkomsel memiliki hak untuk membuktikan dengan menjadi yang pertama menghadirkan 5G di Indonesia. Kami harus terus memastikan para pengguna Telkomsel dapat menikmati teknologi terbaru sesegera mungkin. Sudah menjadi tanggung jawab kami untuk membantu pelanggan agar bisa terus menikmati teknologi terdepan. Dan kami bangga bisa terus menepati janji kami dari tahun ke tahun.

 

Menjadi first mover juga sangat penting bagi kami untuk memberikan sinyal yang kuat dan jelas kepada seluruh ekosistem mitra kami bahwa Telkomsel akan terus berkolaborasi agar mereka dapat menciptakan lebih banyak bisnis dan meraih kesuksesan Bersama. Ini adalah sesuatu yang sudah diharapkan oleh partner kami.

 

5G akan membuka lebih banyak peluang untuk bisnis kami, dan Telkomsel harus menjadi yang terdepan untuk membuka berbagai batasan, menjadi katalis transformasi, dan memberikan layanan 5G yang terbaru dan terbaik untuk para mitra kami.

 

Q: Apakah 5G akan membuka peluang lebih luas bagi setiap orang?

 

  • Bharat Alva

Tentu saja. 5G akan memberikan dampak yang besar bagi setiap orang maupun industri, mulai dari bisnis kecil hingga korporasi besar. Teknologi ini memungkinkan pertukaran informasi dalam jumlah besar secara instan. Dengan masifnya pertukaran informasi, lebih banyak kesempatan akan terbuka bagi setiap orang di manapun berada dengan akses digital yang memadai. Jaringan Telkomsel yang luas juga akan memastikan bahwa setiap orang akan mendapatkan akses digital yang mereka butuhkan.

 

Dengan 5G, kita bisa bekerja dan berkolaborasi dengan lebih mudah, efektif, dan efisien tanpa adanya Batasan. Konten di era 5G juga akan menjadi lebih interaktif, membuat kita bisa lebih berinovasi dengan platform digital yang ada.

 

Baca juga: Peran Telkomsel 5G Buat Kemajuan Ekonomi dan Pengembangan Talenta Digital

 

Q: Adakah keseruan lain yang dapat dirasakan masyarakat dengan 5G?

 

  • Nugroho:

Dengan adanya 5G akan ada keseruan yang lebih dahsyat lagi. Walaupun misalkan, meeting atau kelas online itu tetap akan dilakukan tapi akan dengan pengalaman yang berbeda. Everyone, everything, will be more connected. Jadi setiap orang bisa mengoperasikan segala peralatan yang dia miliki. Mobil, kulkas, tv, lampu, dan sebagainya, itu akan menjadi tren yang lebih connected dengan 5G.

 

Q: Dengan cara apa Telkomsel 5G akan berbeda dari kompetitor?

 

  • Wong Soon Nam:

Sekarang saya akan menjelaskan kenapa kami berbeda dari yang lain. Telkomsel tidak membangun jaringan 5G untuk kepentingan konektivitas saja. Bagi kami, ini datang dari pelanggan kami. Telkomsel membangun layanan 5G yang bisa mengubah industri untuk meningkatkan lifestyle pengguna, dan memberikan solusi serta nilai lebih untuk pelanggan kami.

 

Jaringan Telkomsel 5G tidak hanya akan menjadi jaringan domestik saja, tapi sebuah jaringan global yang saling terhubung dengan para mitra kami di seluruh dunia, yang telah bekerja sama selama 26 tahun.

 

Terakhir, kami berbeda karena Telkomsel benar-benar mengerti kebutuhan para pengguna. Kami membangun sebuah jaringan yang saling terkoneksi dan bermanfaat untuk masa depan.

 

Baca juga: Perjalanan Telkomsel Mempersiapkan Kehadiran 5G di Indonesia

 

Q: Bagaimana Telkomsel menanggapi persepsi kalau 5G adalah teknologi mahal dan hanya untuk kalangan yang mampu saja?

 

  • Nugroho:

Telkomsel berkomitmen untuk bisa membawa teknologi 5G yang diidam-idamkan seluruh masyarakat ini supaya bisa sesegera mungkin mencapai nilai ekonomi yang lebih terjangkau. Sehingga bisa dirasakan oleh seluruh kalangan masyarakat. Tidak lagi menjadi layanan yang eksklusif bagi kalangan mampu saja.

 

Q: Apa harapan Telkomsel dengan mengimplementasikan jaringan 5G di Indonesia?

 

  • Bharat Alva:

Harapan kami adalah layanan Telkomsel 5G dapat membawa manfaat besar bagi seluruh lapisan masyarakat, mulai dari entrepreneurs dari berbagai industri dan tentunya pemerintah. Beberapa contohnya adalah infrastruktur teknologi yang kuat, kualitas talenta digital yang baik, dan inovasi digital yang mutakhir. Dengan demikian, Indonesia dapat berkembang bersama, menjadi bangsa digital yang terdepan dalam menghadapi Industri 4.0.

 

Bagaimanapun, Telkomsel akan terus bergerak maju untuk memastikan manfaat teknologi 5G dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat dan industri Tanah Air. Hal tersebut sejalan dengan komitmen Telkomsel dalam menghadirkan 5G yang bukan sebatas memberikan kecepatan konektivitas terbaru, melainkan lebih kepada menggali potensi teknologi 5G secara komprehensif yang bisa dimanfaatkan untuk kemajuan bersama.

Related Blogs