BAGIKAN

Peran Telkomsel 5G Buat Kemajuan Ekonomi dan Pengembangan Talenta Digital

Article
Peran Telkomsel 5G Buat Kemajuan Ekonomi dan Pengembangan Talenta Digital

Hadirnya jaringan 5G telah mengantarkan Indonesia ke pintu gerbang kemajuan, membuka pintu ke dunia yang penuh peluang. Teknologi 5G diyakini mampu memberikan dampak positif pada pertumbuhan talenta digital serta kemajuan bisnis yang akan berpengaruh pada meningkatnya sosial ekonomi Indonesia. Tapi bagaimana 5G bisa memberi dampak positif seperti itu?

 

Simak penjelasannya bersama Direktur Finance & Risk Management Telkomsel Mohamad Ramzy dan Direktur Human Capital Management Telkomsel R. Muharam Perbawamukti.

 

Q: Apa arti kehadiran 5G di Indonesia bagi kemajuan bangsa?

 

Mohamad Ramzy:

Kehadiran Telkomsel 5G di Indonesia akan memperkuat kemandirian dan kedaulatan digital Indonesia. 5G bisa mendorong terciptanya kreativitas dan inovasi di skala internasional. Indonesia tidak hanya menjadi pasar, tapi juga akan menciptakan dan berperan aktif dalam melahirkan inovasi-inovasi digital. 5G juga akan mendorong penguasaan teknologi digital terdepan, dengan dukungan infrastruktur teknologi terbaru akan lahir talenta-talenta digital Indonesia yang akan menjadi sumber daya manusia yang memiliki daya saing di tingkat global.

 

Q: Apakah 5G memiliki arti tersendiri bagi Telkomsel dalam membangun SDM perusahaan?

 

R. Muharam Perbawamukti:

Hadirnya 5G menjadi momentum tersendiri bagi kami untuk mengakselerasikan transformasi digital di internal Telkomsel dari sisi people. Untuk dapat memaksimalkan seluruh potensi 5G, perlu didukung oleh talenta terbaik. Dalam hal ini, tidak hanya cukup berbicara soal capability, namun juga mindset dan budaya yang tepat.

 

Untuk itu, kami pun memperkenalkan new ways of working di Telkomsel yang kami sebut Telkomsel Digilife Action. Perilaku yang ada di ACTION adalah Agility, Customer-centricity, Innovation, Open mindset dan Networking, dan menjadi acuan bagi setiap insan di Telkomsel dalam bekerja. 5G akan membuka lebih banyak kesempatan bagi insan Telkomsel untuk memberikan kontribusi yang lebih bagi kemajuan Indonesia melalui terciptanya produk dan layanan digital yang solutif dan inovatif bagi pelanggan.

 

Baca Juga: Mengenal 5G dan Manfaatnya Bagi Kita

 

Q: Apakah 5G akan mempengaruhi investasi yang masuk ke Indonesia?

 

Mohamad Ramzy:

Jelas, karena infrastruktur digital, termasuk 5G, menjadi salah satu pertimbangan bagi investor yang akan masuk ke Indonesia. 5G akan mendorong ekosistem digital baru, di mana seluruh pelaku industri akan saling berkolaborasi untuk menciptakan solusi yang tepat bagi pelanggan. Dalam skala makro kami yakin investasi yang masuk akan berdampak positif bagi pertumbuhan GDP negara.

 

Q: Bagaimana dengan talenta digital di Indonesia secara keseluruhan? Apa dampak kehadiran 5G bagi mereka?

 

R. Muharam Perbawamukti:

Kehadiran 5G akan mendorong pertumbuhan permintaan talenta digital. Bagaimana bisa? Yang pertama, 5G akan mendorong perusahaan untuk melakukan pemanfaatan teknologi digital di level yang lebih tinggi dalam rangka memberikan solusi bagi kebutuhan masyarakat.

 

Kedua, pemanfaatan teknologi, termasuk 5G, juga mendorong lahirnya lebih banyak startup digital hingga menggerakkan perkembangan smart city di berbagai wilayah di Indonesia. Hal ini berkat beragam use case yang dapat dihadirkan dan disempurnakan oleh 5G, seperti AR (Augmented Reality), VR (Virtual Reality), dan cloud gaming.

 

Kedua hal ini bersinergi sehingga akan terbuka lebih banyak lapangan pekerjaan bagi talenta-talenta digital yang mampu mewujudkan penggunaan 5G di berbagai bidang.

 

Q: Seperti apa dampak sosial ekonomi positif yang dirasakan oleh masyarakat dengan adanya 5G?

 

Mohamad Ramzy:

Secara keseluruhan 5G akan meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui munculnya beragam inovasi digital yang lebih murah, simpel, dan juga lebih cepat. Sehingga akan menciptakan efisiensi dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. Selanjutnya, 5G juga akan mempersempit digital divide atau kesenjangan digital di masyarakat. Akan semakin banyak masyarakat yang memperoleh akses terhadap informasi melalui digital connectivity yang dilahirkan oleh 5G.

 

Kemudian, 5G juga akan mendorong semakin terbukanya lapangan kerja yang semakin massif, karena solusi-solusi digital membutuhkan tenaga kerja-tenaga kerja berkompeten yang mampu beradaptasi dengan model bisnis baru, dan mampu berkolaborasi dengan industri lain dan pemain-pemain di tingkat global.

 

Baca Juga: Telkomsel 5G Bakal Bawa Semua Warga Menuju Lini Terdepan

 

Q: Bagaimana talenta digital di Indonesia dapat bersaing di era 5G?

 

R. Muharam Perbawamukti:

Hadirnya era 5G merupakan simbol dari kecepatan, respon real-time, dan keterhubungan. Di era ini dibutuhkan talenta-talenta digital dengan mindset dan capability yang tepat, serta mampu berkolaborasi dengan berbagai pihak agar dapat adaptif dengan perubahan yang terjadi.

 

Tidak hanya sekadar mengimplementasikan 5G ke berbagai teknologi, talenta digital juga dituntut untuk mampu memastikan implementasinya dapat memberikan nilai tambah berkelanjutan serta memiliki potensi untuk terus dikembangkan dalam waktu yang panjang. Dengan demikian, mereka dapat terus berkembang dan bersaing di era 5G ini.

 

Q: Bagaimana rencana Telkomsel ke depan untuk mengakselerasi penyelenggaraan 5G di Indonesia?

 

Mohamad Ramzy:

Ke depan Telkomsel akan terus berperan aktif untuk transformasi digital di dalam perusahaan yang dapat berkontribusi positif terhadap perkembangan implementasi 5G di Indonesia. Secara keseluruhan, Telkomsel akan terus menjalin koordinasi dan kolaborasi dengan para pemangku kepentingan terkait, mulai dari pemerintah hingga pihak swasta untuk bersama-sama  mengimplementasikan solusi layanan berbasis 5G yang akan memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

 

Q: Apa pesan Telkomsel bagi para talenta digital di Indonesia dengan hadirnya 5G di Tanah Air?

 

R. Muharam Perbawamukti:

Tak dapat dipungkiri bahwa 5G dapat menimbulkan berbagai kesempatan baru dan inovasi di berbagai sektor kehidupan masyarakat. Akan tetapi, implementasi dan pengembangannya membutuhkan peran nyata dari para talenta digital.

 

Telkomsel mengajak para talenta digital di seluruh penjuru Tanah Air untuk bersama-sama terus bergerak maju mempersiapkan diri dalam menyongsong datangnya era 5G di Indonesia, dan memanfaatkannya untuk mengembangkan kemampuan diri demi menjadi SDM berkualitas, unggul, dan berdaya saing tinggi, serta berkontribusi demi kemajuan bangsa dan negara.

Related Blogs