BAGIKAN

Perjalanan Telkomsel Mempersiapkan Kehadiran 5G di Indonesia

Article
Perjalanan Telkomsel Mempersiapkan Kehadiran 5G di Indonesia

Perjalanan Telkomsel Mempersiapkan Kehadiran 5G
di Indonesia

Kamu sudah tau kan kalo Telkomsel telah menerima Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) teknologi 5G dari Direktur Jenderal Pos dan Telekomunikasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI)? Dengan diterimanya surat ini, Telkomsel resmi menjadi operator seluler pertama yang menggelar jaringan 5G di Indonesia.

Guna menjamin keamanan dan kenyamanan para pelanggan, Telkomsel berupaya mempersiapkan penyelenggaraan jaringan 5G sesuai dengan regulasi yang berlaku di Indonesia. Di artikel ini, kamu akan melihat bagaimana perjalanan Telkomsel menjadi pelopor dalam mempersiapkan implementasi teknologi 5G di Indonesia dari waktu ke waktu. Tanpa berlama-lama lagi, yuk, langsung kita mulai kilas baliknya!

2017

Pada 29 Mei 2017, Telkomsel berkolaborasi dengan Huawei untuk menggelar live demo 5G pertama di Indonesia. Telkomsel menjadi operator seluler pertama yang menggelar live demo 5G di Indonesia dengan Jakarta sebagai wilayah tempat uji coba berlangsung. Pada uji coba tersebut, Telkomsel menggunakan spektrum frekuensi 70 GHz, dengan fokus pada implementasi 5G di sektor eMBB (enhanced Mobile Broadband). Patut diketahui, 5G memiliki tiga keunggulan inovasi utama yang menjadi landasan dari setiap pemanfaatannya. Selain eMBB, ada uRLLC (Ultra-Reliable and Low Latency Communications), dan  mMTC (massive Machine Type Communication).

Baca Juga: Mengenal 5G dan Manfaatnya bagi Kita

2018

Bicara tentang 2018, mungkin kita akan langsung teringat pada perhelatan Asian Games 2018 di Indonesia. Apakah kamu sempat memberikan dukungan kepada atlet-atlet Indonesia yang bertanding di Kompleks Gelora Bung Karno? Jika iya, besar kemungkinan kamu sempat melihat atau bahkan mendatangi langsung Telkomsel 5G Experience Center. Melalui inisiatif ini, Telkomsel menjadi yang pertama dalam membawa pengalaman 5G di Indonesia.

Selama kurang lebih tiga minggu, Telkomsel 5G Experience Center memberikan pengalaman eksklusif bagi pelanggan untuk mencoba dan merasakan berbagai teknologi yang didukung 5G. Beberapa implementasi 5G yang dihadirkan meliputi VR Cycling, VR Football, VR Driving, dan Autonomous Electric Vehicle. Pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan robot, bahkan bermain suit dengannya.

Perjalanan Telkomsel Mempersiapkan Kehadiran 5G di Indonesia

2019

Telkomsel memahami bahwa upaya kolaboratif strategis dibutuhkan untuk mengakselerasikan penyelenggaraan 5G di Indonesia. Maka dari itu, pada Februari 2019, Telkomsel berkolaborasi dengan dua perusahaan teknologi terkemuka dunia, yaitu Cisco dan Huawei. Kemitraan ini diresmikan pada ajang Mobile World Congress 2019 di Barcelona yang mengangkat tema 5G: Intelligent Connectivity.

Perjalanan Telkomsel Mempersiapkan Kehadiran 5G di Indonesia

Kolaborasi antara Telkomsel dan Cisco meliputi kesepakatan kedua belah pihak untuk membangun CDA 5G Test Hub yang akan memfasilitasi pengujian dan integrasi adopsi 5G di Indonesia. Lalu, kemitraan antara Telkomsel dan Huawei mengarah ke penguatan upaya kolaboratif untuk mendorong pengembangan infrastruktur teknologi. Hal tersebut diwujudkan melalui Joint Innovation Center 5.0, eksplorasi layanan digital, dan pengembangan talenta digital.

Baca Juga: Mengenal Teknologi 1G Hingga 5G

Upaya nyata Telkomsel dalam mengakselerasi implementasi 5G tidak berhenti sampai di situ. Pada 28 November 2019, Telkomsel melaksanakan Telkomsel 5G for Industry 4.0 untuk menjalankan uji coba jaringan 5G di lingkungan industri. Inisiatif yang digelar di Batam tersebut menghadirkan berbagai macam use case, mulai dari Smart Air Patrol, Smart Surveillance, Immersive Collaboration, Future City Planning, 5G Call, Immersive Entertainment, Seamless Gaming, hingga Industry 4.0 Enabler.

Perjalanan Telkomsel Mempersiapkan Kehadiran 5G di Indonesia

Lebih lanjut, Telkomsel juga menjadi yang pertama di Indonesia dalam melakukan panggilan video berbasis aplikasi dengan menggunakan smartphone yang sudah didukung jaringan 5G. Uji coba 5G terpadu ini dilaksanakan demi mendukung transformasi digital di industri, sekaligus mengakselerasikan kemampuan para pelakunya untuk memaksimalkan teknologi dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Telkomsel kembali melakukan uji coba 5G pada Desember 2019. Inisiatif tersebut dilakukan di tengah penyelenggaraan edisi pertama The NextDev Summit, konferensi teknologi yang menghubungkan tech-enthusiasts, pelaku startup, komunitas, hingga investor.

Pada uji coba kali ini, Telkomsel berkolaborasi dengan Huawei untuk menghadirkan berbagai use case 5G yang terdiri dari AI-based Smart City with Intelligent Operation Center, Cloud Virtual Reality and Gaming Industry, Smart Airport Ground Handling, Smart Education, Safe City, Smart Agriculture, dan Smart Finance. Para pengunjung berkesempatan untuk langsung melihat dan mencoba sejumlah penerapan teknologi jaringan 5G tersebut.

Perjalanan Telkomsel Mempersiapkan Kehadiran 5G di Indonesia

2020

2020 mungkin menjadi tahun yang tidak akan terlupakan bagi kita semua dengan mulai merebaknya pandemi COVID-19, sehingga berbagai kebiasaan kita dalam menjalani kegiatan sehari-hari harus berubah sedemikian rupa. Meski demikian, di tengah masa penuh tantangan itu, Telkomsel tetap berupaya untuk terus bergerak maju mendorong persiapan implementasi 5G di Indonesia agar manfaatnya dapat segera dirasakan oleh masyarakat.

Perjalanan Telkomsel Mempersiapkan Kehadiran 5G di Indonesia

Maka dari itu, Telkomsel menandai 2020 dengan meluncurkan beragam layanan inovatif seperti Voice-over Long Term Evolution (VoLTE) dan Telkomsel Orbit serta menjalankan berbagai inisiatif strategis seperti mendukung penerapan Open RAN di Tanah Air. Upaya-upaya ini dilakukan untuk memperkuat langkah Telkomsel dalam mematangkan ekosistem teknologi di Indonesia untuk mengadopsi 5G, sekaligus mendorong tumbuhnya berbagai alternatif solusi teknologi terbaru melalui pemanfaatan jaringan terdepan.

2021

Selanjutnya pada tahun 2021, Telkomsel semakin memantapkan langkah dalam menghadirkan teknologi jaringan 5G di Indonesia. Semangat untuk menjadi “The First 5G Operator” semakin berkobar setelah Telkomsel ditetapkan sebagai pemenang lelang frekuensi di spektrum 2,3 GHz selebar 20 MHz oleh Kemkominfo RI.

Sebagai bagian dari rangkaian persiapan penyelenggaraan jaringan 5G yang sesuai regulasi, Telkomsel menjalankan Uji Laik Operasi (ULO) sesuai yang disyaratkan. Telkomsel resmi menerima Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) teknologi 5G dari Direktur Jenderal Pos dan Telekomunikasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada Senin, 25 Mei 2021. Dengan diterimanya SKLO, Telkomsel semakin dekat untuk segera menyelenggarakan jaringan 5G di Indonesia.

Perjalanan Telkomsel Mempersiapkan Kehadiran 5G di Indonesia

Baca Juga: Cek Fakta dari Mitos Seputar 5G yang Sering Kamu Dengar

Setiap upaya Telkomsel dalam perjalanan menyelenggarakan 5G di Indonesia semata-mata dilakukan untuk membuka lebih banyak peluang bagi masyarakat Indonesia dalam mentransformasi kehidupan sehari-hari lewat pemanfaatan teknologi. Secara bertahap dan terukur, Telkomsel akan memastikan agar setiap lapisan masyarakat bisa menikmati manfaat teknologi 5G tanpa terkecuali.

Related Blogs