Telkomsel | 15 Agustus 2019
5 shares

Pengalaman Ganti SIM Card 4G di GraPARI

Sebenarnya prosedur penggantian SIM Card 4G di GraPARI hampir sama saja seperti prosedur penggantian SIM Card pada umumnya. Tetapi ternyata prosedurnya agak berbeda di setiap GraPARI.

Pengalaman pertama saya ganti SIM Card 4G adalah di GraPARI Margo City Depok. Saat ingin mengambil nomor antrian, Satpam langsung menghampiri dan bertanya. Alih-alih menunggu, ternyata Satpam langsung memberikan formulir untuk diisi dan meminta menyiapkan KTP asli. Antrian di Margo City cukup mbludag, padahal saat itu belum ada promo gratis paket 4G untuk setiap penukaran kartu. Jadi ketimbang harus berebutan pulpen, sebaiknya dari rumah sudah persiapkan alat tulis ya.

Isi formulir sesuai data, jangan lupa mencentang pilihan ukuran kartu, saat itu tersedia pilihan micro SIM Card dan nano SIM card. Saya sempat bertanya kepada petugas, memangnya Telkomsel tak menyiapkan kartu yang rangkanya sudah mencakup kedua ukuran tersebut. Ternyata memang harus memilih.

Setelah formulir diisi, berkas diserahkan ke Satpam, berupa formulir, KTP dan nomor antrian. Lalu sabar saja menunggu panggilan agak lama. Ketika petugas memanggil, ternyata tidak perlu lagi berhadapan di meja customer service, mereka langsung menyerahkan SIM card 4G sesuai ukuran yang dipilih. Jangan lupa juga untuk memastikan KTP dikembalikan ya. Jangan sampai dapat SIM card, tapi kartu identitas malah tertinggal.

Pengalaman Ganti SIM Card 4G di GraPARI

Nah, berbeda lagi dengan pengalaman saat mengganti SIM Card 4G di GraPARI Mal Ciputra Cibubur. Saat mengambil nomor antrian, Satpam juga akan menyapa dan menanyakan keperluan. Berbeda dengan di Margo City yang langsung memberikan formulir, maka di Mal Ciputra, kita akan diminta menunggu. Satpam akan memanggil petugas yang mengurus penukaran SIM Card, dan mengarahkan ke meja CS yang khusus untuk penukaran SIM Card. Ternyata antrian berbeda dengan antrian keluhan atau urusan lain. Untungnya sambil menunggu bisa membuat minuman atau membaca surat kabar yang tersedia di ruang tunggu

Pastikan setiap akan menukar SIM Card selalu membawa KTP sebagai kartu identitas. Pada pengalaman menukar SIM Card di GraPARI Mal Ciputra Cibubur ini sudah menunggu lama, ternyata gagal gara-gara teman saya lupa membawa KTP. Saya sendiri melakukan penukaran SIM Card cukup lancar setibanya di meja CS, bahkan direkomendasikan untuk segera mendaftar paket data sesuai kebutuhan untuk mencegah keborosan koneksi data.

Di Plasa Semanggi, Jakarta Selatan juga ada GraPARI yang melayani penukaran SIM Card. Antrian di tempat ini agak lucu, bukan menggunakan nomor antrian kertas, tetapi kartu NFC yang diprogram sesuai keperluan. Ruang tunggu yang tersedia cukup kecil, urusan penggantian kartu baru dimulai saat nomor antrian dipanggil ke meja CS.

Pengalaman Ganti SIM Card 4G di GraPARI

Tidak susah kan mengganti SIM Card 4G di GraPARI, hal yang paling utama wajib dibawa adalah KTP dan SIM Card lama.  Oh iya, harus pemilik kartu sendiri ya yang mengurus penggantian kartu, tidak bisa mengurus punya orang lain. Jika terpaksa, sebaiknya dicoba dengan membuat surat kuasa dan membawa KTP asli dari yang menguasakan dan dikuasakan. Tentu ini menjadi bagian dari langkah pengamanan dari Telkomsel, agar tidak ada orang yang bisa mengambil alih kepemilikan nomor orang lain. Apalagi kini transaksi bank banyak menggunakan OTP melalui SMS untuk pengamanan.

Jika malas datang ke GraPARI sebenarnya bisa juga lho melakukan rekues penggantian SIM Card 4G melalui website www.telkomsel.com/4g, Aplikasi MyTelkomsel, Call Center 188 dan sosial media yang selanjutnya kartu 4G tersebut akan dikirimkan ke alamat kamu.

Lebih seru lagi jika penukaran SIM Card dilakukan saat periode promo, otomatis bisa dapat kuota internet gratis lho. Beberapa kali pengalaman saya menukar kartu, semuanya gratis.


Related Blogs