Telkomsel | 15 Januari 2018
1 shares

Finalis The NextDev 2017, Kopitani.id Memanfaatkan IoT untuk Mengembangkan Industri Kopi Indonesia

 

Dua puluh peserta The NextDev 2017 yang telah terpilih sebagai finalis dinilai memiliki aplikasi digital yang memiliki kemampuan untuk memberikan solusi dan memberikan peningkatan kualitas hidup masyarakat, khususnya di bidang kesehatan, pendidikan, agrikultur, dan transportasi.

Kedua puluh finalis ini juga dapat memberikan inspirasi bagi anak muda sebagai generasi penerus bangsa, untuk berkarya melalui teknologi, mewujudkan ide dan impian mereka melalui kreasi aplikasi digital yang dapat memberikan dampak positif yang nyata. 

Salah satu finalis The NextDev 2017 adalah Kopitani.id,  sebuah platform aplikasi digital di bidang e-agriculture, yang dikembangkan oleh Try Wahyudinata, Uthamy Ayuningrum, dan Funun Salmaniah dari Makassar.

Sebagai sebuah wadah online kopi nusantara, Kopitani.id bertujuan untuk mengembangkan kopi Indonesia dengan memberikan pendampingan bagi petani kopi dalam mengembangkan sistem pertanian modern. Aplikasi ini juga membantu memasarkan biji kopi nusantara terbaik yang telah dikurasi oleh Q grader, dan untuk menjaga keberlangsungan kopi nusantara, Kopitani.id juga memberi donasi bibit untuk membantu meremajakan pohon kopi di Indonesia.

Ide pengembangan Kopitani.id berasal dari fenomena industri kopi Indonesia yang semakin berkembang dan telah menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Hal ini ditandai dengan meningkatnya jumlah konsumsi kopi dan menjamurnya waralaba coffee shop di Indonesia. Try Wahyudinata, Uthamy Ayuningrum, dan Funun Salmaniah melihat fenomena ini harus dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan petani kopi, serta untuk mengembangkan kualitas dan kuantitas pohon dan biji kopi.

Pemanfaatan teknologi untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat juga dilakukan Kopitani.id dengan menggunakan  Internet of Things (IoT) untuk  memaksimalkan kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan pohon kopi agar dapat menghasilkan biji kopi yang berkualitas. Dengan begitu, Kopitani.id juga sekaligus membantu petani dalam mengadopsi sistem pertanian modern yang tentunya sangat memudahkan  mereka dalam bertani kopi.

Seperti seluruh tujuan besar yang kita miliki, penerapan IoT dalam platform Kopitani.id bukan tidak menemukan banyak tantangan. Salah satu tantangan yang dihadapi adalah dalam menemukan partner yang dapat berkolaborasi bersama mengembangkan sistem IoT untuk diterapkan kepada para petani kopi tersebut.

Sebagai developer lokal, Try Wahyudinata, Uthamy Ayuningrum, dan Funun Salmania memiliki harapan agar iklim dalam membangun usaha kreatif digital apat terus tumbuh di Indonesia dan di kota Makassar khususnya, sehingga dapat memberi lebih banyak dampak positif kepada masyarakat.


Related Blogs