7 Rekomendasi Game MMORPG Open World Android Terbaik dan Ringan

7 Rekomendasi Game MMORPG Open World Android Terbaik dan Ringan

 

Saat ini bisa dibilang nggak ada orang yang nggak pakai smartphone, mulai anak kecil sampai dewasa, dari berbagai kalangan. Nggak heran main game dari HP, termasuk game MMORPG, jadi semakin populer aja. 

 

Lalu MMORPG apa saja yang bisa kita mainkan dari HP? Yuk, simak di sini daftarnya.

 

Game MMORPG Open World Android Terbaik & Ringan

Game MMORPG bisa jadi pilihan kalau ingin merasakan keseruan yang mungkin nggak bisa kamu dapatkan di genre-genre lainnya. Di sini, player dapat menikmati petualangan berkeliling dunia virtual yang luar biasa luas.

 

Mungkin ini juga salah satu alasannya MMORPG jadi semakin populer di kalangan gamers seluruh dunia.

 

Dalam permainan open world ini nantinya kamu akan melakukan berbagai aktivitas mulai dari bertempur, berburu item-item rahasia, atau mengerjakan quest.

 

Untuk yang belum pernah mencobanya, kamu bisa unduh deretan game berikut.

 

1. Crasher - MMORPG

Game ini mengambil tema cerita tentang dunia fantasi dan kerajaan dalam balutan desain 3D yang keren. Player akan mendapat empat opsi karakter yang dapat dipilih dan masing-masing punya keunggulan dan kelemahan. Cara bermainnya, nantinya kamu bakalan bekerja sama dengan pemain lain untuk mengalahkan musuh yang kuat.

 

Salah satu kelebihan dari Crasher adalah pada fiturnya, seperti Pet and Mining. Pet adalah pendamping yang menemani perjalananmu dan bentuknya seperti peri. Sementara Mining dapat menghasilkan hadiah untuk membantu petualanganmu seperti equip, hold, exp, dan banyak lagi.

 

2. Rucoy Online

Nggak kalah menariknya dengan yang lain, permainan ini juga mempunyai cerita serta gameplay yang seru walaupun hanya menerapkan grafik 2D. Jadi walaupun pakai HP kentang, kamu tetap bisa memainkan game ini.

 

Di sini ada tiga karakter yang dapat kamu pilih, yaitu Archer, Knight, dan Mage. Selanjutnya kamu juga bisa main mode player vs player untuk mengumpulkan gold, selain bertualang di open world.

 

Di Google Play sendiri kualitas Rucoy Online termasuk kategori memuaskan, dengan peroleh 4,6 bintang.

 

3. Old School RuneScape

Rekomendasi game MMORPG Android selanjutnya buat kamu adalah Old School RuneScape yang juga bergenre petualangan dengan latar belakang story yang menarik. Nggak butuh waktu lama buat game ini untuk jadi populer di seluruh dunia.

 

Setting permainan ini adalah dunia yang disebut Gielinor yang merupakan dunia fantasi pada abad pertengahan. Di sini ada berbagai kerajaan, kota-kota, juga berbagai wilayah.

 

Kamu bisa berpetualang ke berbagai lokasi Gielinor dengan berbagai cara baik itu jalan kaki, dengan sihir, atau sewa kapal. Tugas kamu dalam perjalanan itu adalah melawan berbagai macam monster, bertarung dengan pemain yang lain, dan mencari sumber daya.

 

Cerita-cerita dalam game ini diambil dari beberapa novel dan kisah tentang tentara Gielinor.

 

4. Maple Story

Kalau suka game bernuansa cerita, rekomendasi terbaik buat kamu adalah Maple Story yang tersedia dalam konten panjang untuk kamu mainkan berbulan-bulan. Di sini karakter kamu adalah Fenris yang bisa bertransformasi jadi Dual Blade Ninja atau Mechanic.

 

Daya tarik permainan ini tentu dari kontennya yang panjang seperti game Albion atau RuneScape. Namun, game ini kini udah semakin simple dalam paket 2D.

 

5. Dragon Nest M

Walaupun agak jadul, tapi game ini masih tetap seru untuk kamu coba sampai sekarang, terutama gamer generasi 90-an yang pengen nostalgia. Kelebihan game ini adalah level karakternya yang bisa naik dalam waktu singkat. 

 

Ini karena Dragon Nest mempunyai daily quest dan event yang cukup banyak. Belum lagi setiap karakter mempunyai 70-an skill yang beragam.

 

6. Toram Online MMORPG

Untuk yang suka permainan dengan karakter bertipe anime, ada Toram Online dengan tampilan 3D buat kamu. MMORPG Android ringan ini seru banget untuk kamu mainkan, salah satunya karena punya map yang paling luas.

 

Game besutan Asobimo ini juga mempunyai fitur multiplayer sehingga bisa dinikmati bersama gamer dari berbagai negara.

 

Kumpulkan poin sebanyak mungkin dan kalahkan musuh-musuhmu agar dapat bertahan sekaligus meningkatkan level kamu.

 

Permainan ini juga mempunyai konsep Class, yaitu halberd, bow, knuckle, staf, dan sword. Uniknya lagi, di sini kamu bisa mendesain karaktermu sendiri mulai dari mengatur tinggi badan, warna kulit, raut muka, warna rambut, dll.

 

7. Ragnarok M. Eternal Love

Permainan legend ini wajib kamu mainkan kalau ingin bernostalgia sebagai gamer lawas. Ragnarok M: Eternal Love menghadirkan model permainan yang mirip dengan versi PC-nya. Di sini juga ada fitur autoplay yang dapat menuntaskan quest sendiri sehingga level kamu akan meningkat dalam waktu singkat.

 

Tentu aja fitur ini nggak bisa kamu mainkan terus-menerus karena ada batas staminanya. Jadi manfaatkan sebaik mungkin.

 

Penutup

Udah nggak sabar, kan, nyobain main game MMORPG di HP kamu? Yuk, Mainkan game MMORPG terbaik di HP kamu dan beli voucher-nya di MyTelkomsel. Dengan paket GamesMax Telkomsel acara mabar dijamin lancar di jaringan paling stabil, cuma 15 ribuan aja. 

 

Baca juga: Penting! Jangan Lupa Dampingi Anak Saat Main Game