5 Cara Mengetahui WhatsApp Disadap & Cara Mengatasinya | Telkomsel

5 Cara Mengetahui WhatsApp Disadap & Cara Mengatasinya

Article

Cara mengetahui WhatsApp disadap menjadi hal penting di era digital. Siapa sih yang ingin percakapan WA bocor?

 

Untuk itulah pentingnya cara mengetahui siapa yang menyadap WA kita. Cara tersebut bisa kamu simak di pembahasan berikut ini:

 

  1. 5 Cara Mengetahui WhatsApp Disadap
  2. Cara Atasi WhatsApp yang Disadap

 

Berhati-hati dalam menggunakan WA jangan sampai menghalangi kebutuhan kamu dalam berinteraksi. Apalagi untuk kamu yang menggunakan WA untuk bekerja. Pilihlah paket internet yang menunjang kesibukanmu itu.

 

Yuk, aktifkan Paket OMG! Chat dari Telkomsel yang memiliki kuota khusus platform chatting. Jadi kamu nggak perlu khawatir terputus dari aplikasi chatting. Apalagi kuota chat yang besar memudahkan kamu mengakses berbagai file yang dikirim.

 

Bagaimana cara mengetahui siapa yang menyadap WA kita? Yuk simak pembahasannya!

 

Baca Juga: Google Drive: Fungsi & Cara Menggunakannya

 

5 Cara Mengetahui WhatsApp Disadap

Mungkin kita tidak benar-benar menyadari bahwa sesungguhnya WhatsApp mulai diintip oleh peretas. Berikut cara mengetahui WhatsApp disadap yang mudah dilakukan:

 

  1. Periksa Aktivitas dalam WhatsApp

    Cara mengetahui WA disadap pertama adalah dengan memeriksa isinya. Perhatikan pesan yang masuk, apakah ada dari kontak tak dikenal. Terutama jika menggunakan nomor yang aneh.
     

    Selain itu juga perhatikan apakah ada pesan yang hilang atau janggal. Bisa jadi itu ulah penyadap.
     

  2. Cek Informasi Kontak WhatsApp

    Cara mengetahui WhatsApp disadap berikutnya yaitu dengan memeriksa informasi kontak. Sebab tidak jarang penyadap akan mengubah informasi kontak.
     

    Cara memeriksanya dengan klik  tiga titik vertikal di pojok kanan atas akun. Lalu pilih "setting/pengaturan" kemudian pilih "profil" untuk memeriksa informasi. Periksa apakah ada yang berubah di dalamnya.
     

  3. Cek Daftar Teman WhatsApp

    Tak hanya informasi kontak, periksa juga daftar teman yang kamu miliki di WhatsApp. Caranya, ketuk ikon chat di bagian bawah. Cek apakah ada nama baru yang tidak dikenal muncul dalam daftar.
     

  4. Periksa Sesi Chat WhatsApp Terbaru

    Pesan atau chat yang keluar masuk dari yang kita kenal juga bisa jadi penanda apakah WA kita disadap. Perhatikan aktivitas pengiriman pesan atau sesi obrolan terbaru dalam WA kamu. 
     

    Caranya, ketuk ikon tiga titik vertikal, pilih linked devices kemudian lihat aktivitas terakhir. Jika kamu mendapati adanya perangkat atau device yang tidak dikenal sebaiknya klik dan pilih log out.
     

  5. Cek Lewat WhatsApp Web

    Cara mengetahui siapa yang menyadap WA juga bisa dilakukan dengan menggunakan WhatsApp Web. Caranya, masuklah ke web WhatsApp seperti biasa dulu. 
     

    Lalu periksa semua sesi yang terbuka untuk memeriksa perangkat mana saja yang terhubung. Jika kamu mendapati adanya pesan “ponsel ini tidak dapat diverifikasi” maka ada yang sedang berusaha meretas WA kamu.

 

Baca Juga: Gabungkan PDF Jadi Satu dengan 5 Cara Mudah Ini

 

 

Cara Atasi WhatsApp yang Disadap

Jika kamu mendapat WhatsApp disadap, tidak perlu khawatir. Kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut ini untuk mengamankan WhatsApp:

 

  1. Aktifkan Fitur Sidik Jari

    Jika handphone kamu memiliki pemindai sidik jari maka gunakanlah. Aktifkan fitur tersebut  setiap kali akan membuka akun WhatsApp.
     

    Caranya, masuklah ke menu “Setting” lalu cari “Account”, kemudian klik opsi “Privacy” dan pilih “Fingerprint Lock”.
     

  2. Keluar dari Semua Perangkat Tertaut

    Tidak sedikit yang kerap membuka WA di desktop atau web. Di sanalah kerap dijadikan celah bagi orang untuk menyadap. Sehingga keluarlah dulu dari versi web untuk keamanan.
     

    Caranya, buka WA di handphone lalu masuk ke menu pengaturan. Pilih WhatsApp Web kemudian tekan "keluar semua dari WA Web". Dengan begini, kamu hanya login WA di handphone saja.
     

  3. Lakukan Verifikasi Dua Faktor

    Cara pengamanan WA yang disadap yaitu dengan mengaktifkan verifikasi dua faktor. Masuklah ke menu pengaturan/setting lalu pilih opsi autentikasi dua faktor. 
     

    Setelah itu, kamu akan diminta mengaktifkan menggunakan PIN. Pengguna tinggal memasukkan enam digit angka PIN dan alamat email yang terhubung dengan akun WhatsApp.

 

Baca Juga: 10 Cara Buat Twibbon dari HP Maupun Komputer

 

Kini kamu sudah mengetahui cara mengetahui WhatsApp disadap dan tips mengatasinya melalui artikel ini kan. Selalu pantau aktivitas chat kamu, terutama kamu yang aktif menggunakan aplikasi ini.

 

Pastikan nomor kamu selalu aktif dengan terus mengisi pulsa di MyTelkomsel ya! Pilih berbagai jenis paket yang sesuai kebutuhanmu. Jika kamu sering chatting setiap hari maka gunakan saja Paket OMG! Chat dari Telkomsel.

scroll