Telkomsel-COVID19-Desktop.jpg

Telkomsel #TerusBergerakMaju Tanggap COVID-19

Telkomsel terus memantau perkembangan situasi terkini terkait pandemi wabah COVID-19. Telkomsel tetap berkomitmen untuk senantiasa menyediakan layanan berkualitas guna menjamin kenyamanan berkomunikasi pelanggan.

Jaminan Layanan

Telkomsel berkomitmen untuk memastikan seluruh layanan Telkomsel tetap tersedia dengan kualitas terbaik.

Berkolaborasi dengan banyak pihak di berbagai aspek kehidupan, Telkomsel menyediakan beragam pilihan layanan yang bisa dimanfaatkan selama beraktivitas di rumah, di antaranya:

e-Learning (#DiRumahTerusBelajar)

Telkomsel berkolaborasi dengan para penyedia platform belajar online dan perguruan tinggi di seluruh Indonesia untuk memungkinkan para pelajar dan mahasiswa terus belajar, sekaligus memberikan kesempatan bagi para pelaku usaha untuk belajar berbagai pengetahuan, seperti teknologi digital untuk mengembangkan bisnisnya.

e-Donation (#DiRumahTerusBerbagi)

Telkomsel berkolaborasi dengan para penyedia platform crowdfunding untuk mengajak pelanggan tetap menebar kebaikan dengan berdonasi, cukup dengan menukarkan Telkomsel POIN.

e-Productivity (#DiRumahTerusProduktif)

Telkomsel berupaya untuk mengoptimalkan kegiatan bekerja secara jarak jauh dengan solusi yang mampu memperkuat kolaborasi antar karyawan sekaligus meningkatkan produktivitasnya melalui CloudX dan Conference Apps Package.

Entertainment (#DiRumahTerusTerhibur)

Sejumlah penawaran khusus Telkomsel berikan untuk pelanggan agar dapat terus terhibur dan menemukan keseruan dalam menjalani keseharian di rumah, mulai dari menikmati konten-konten video dan musik berkualitas hingga bermain game.

e-Health (#DiRumahTerusSehat)

Telkomsel berkolaborasi dengan para penyedia platform kesehatan untuk mendukung masyarakat terus menjaga kesehatan agar dapat menjalani aktivitasnya dengan nyaman, memudahkan pelanggan dalam menikmati akses kesehatan dengan tenaga medis profesional.

Social Media (#DiRumahTerusUpdate)

Kuota Ketengan memudahkan pelanggan untuk mengakses media sosial kesukaannya tanpa khawatir kuota utamanya habis tersedot, membuat pelanggan terus update terhadap info-info terkini sekaligus berbagi kabar bermanfaat kepada orang-orang terdekat.

e-Commerce (#DiRumahTerusTerpenuhi)

Telkomsel berkolaborasi dengan beberapa e-commerce favorit untuk memenuhi berbagai kebutuhan pribadi maupun kolektif pelanggan, seperti produk-produk Telkomsel serta voucher di aplikasi MyTelkomsel.

Affordable Package (#DiRumahTerusTerhubung)

Pelanggan dapat menikmati berbagai paket data pilihan yang terjangkau agar dapat terus terhubung dengan orang-orang terdekat, yakni Kuota Keluarga, Combo Sakti, Halo Voice Unlimited, dan Ekstra Kuota kartuHalo.

Jaminan Kesiapan Jaringan

Telkomsel telah menyiagakan jaringan untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan seiring tingginya potensi penggunaan layanan data oleh masyarakat di sejumlah wilayah sebagai dampak diberlakukannya kebijakan bekerja dan belajar dari rumah oleh sejumlah perusahaan dan sekolah. Pengamanan jaringan terutama difokuskan di wilayah residensial dan juga titik posko penanggulangan COVID-19, seperti rumah sakit dan kantor pemerintahan terkait.

Saat ini upaya penanganan pengamanan trafik jaringan yang telah dilakukan Telkomsel adalah dengan menyiagakan kapasitas tambahan guna mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi, terutama trafik layanan berbasis data dan digital, dengan memaksimalkan fungsi seluruh spektrum besar yang dimiliki Telkomsel, yakni frekuensi 900, 1800, 2100, dan 2300 Mhz.

Telkomsel juga memberikan dukungan kepada pemerintah melalui Kementerian BUMN serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang telah mempersiapkan tiga lokasi yang akan menjadi Rumah Sakit Darurat khusus untuk penanganan pasien pandemi COVID-19, yaitu Hotel Patra Comfort Jakarta, Rumah Sakit Pertamina Jaya Jakarta, dan Wisma Atlet Kemayoran Jakarta. Untuk memastikan kenyamanan berkomunikasi seluruh petugas kesehatan dan pasien, Telkomsel telah melakukan penguatan infrastruktur jaringan, terutama untuk kemudahaan akses layanan berbasis broadband di tiga lokasi tersebut. Dukungan serupa juga diberikan untuk Rumah Sakit Darurat khusus di Pulau Galang Kota Batam, Kepulauan Riau, tepatnya pada kawasan bekas Camp Vietnam.

Sebelumnya, Telkomsel juga sudah mendukung pengamanan jaringan di Natuna, Kepulauan Riau dan Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta saat proses observasi WNI yang baru kembali masing-masing dari Wuhan (Tiongkok), dan Jepang.

Sejak masyarakat dan pelaku industri mulai menjalankan himbauan dari Pemerintah untuk beraktivitas dari rumah, hingga kini Telkomsel mencatat lonjakan trafik komunikasi khususnya layanan broadband tertinggi mencapai 16%. Kenaikan trafik tersebut dipicu oleh meningkatnya volume penggunaan dan jumlah pengguna beberapa aplikasi berikut:

  • Pengguna aplikasi e-learning meningkat lebih dari 5404%.
  • Pengguna aplikasi meeting conference (Zoom, Microsoft Teams, dan CloudX Telkomsel) meningkat lebih dari 443%, di mana jumlah perusahaan yang menggunakan aplikasi CloudX Telkomsel tumbuh sebesar 2100% sejak diluncurkan pertama kali pada Januari 2020.
  • Trafik layanan komunikasi pesan instan (melalui Whatsapp, Line, dan Telegram) meningkat 40%.
  • Trafik layanan games online meningkat sebesar 34%, di mana pengguna aktif Dunia Games meningkat sebesar 56% dibandingkan periode yang sama pada bulan sebelumnya.
  • Trafik layanan hiburan streaming video, seperti melalui Youtube dan MAXstream, meningkat 17%, di mana pengguna layanan streaming video on demand MAXstream meningkat sebesar 18% dibandingkan bulan sebelumnya.

Jaminan Ketersediaan Produk

Telkomsel telah berkoordinasi dengan seluruh mitra strategis termasuk para mitra distributor, reseller, merchant, dan mitra modern channel (banking dan e-commerce) untuk menjamin ketersediaan produk dan layanan Telkomsel.

Jaminan Pusat Pelayanan Pelanggan

Pusat pelayanan kunjungan pelanggan (walk-in), seperti GraPARI beroperasi sesuai ketentuan jam operasional tiap wilayahnya. Khusus GraPARI 24 jam, jam operasionalnya dibatasi menjadi pukul 08:00 hingga 16:00 selama Ramadan. Untuk sementara, mulai tanggal 17 Maret 2020, GraPARI hanya melayani pasang baru kartuHalo dan ganti kartu. Telkomsel juga mengimbau pelanggan untuk memanfaatkan pusat layanan digital/virtual yang tetap tersedia, yakni Call Center 188, layanan virtual assistant melalui aplikasi MyTelkomsel, website www.telkomsel.com, LINE @Telkomsel, Facebook Messenger 'Telkomsel', dan Telegram @Telkomsel_official_bot, Twitter @Telkomsel, maupun email cs@telkomsel.co.id, serta layanan anjungan MyGrapari di beberapa titik GraPARI untuk melakukan pembelian serta aktivasi produk dan layanan Telkomsel.

Seluruh GraPARI telah menjalankan prosedur standar yang dibutuhkan guna memeriksa kondisi kesehatan pelanggan yang berkunjung. Sebagai langkah antisipasi untuk memastikan kesehatan dan keselamatan seluruh petugas pelayanan dan pelanggan, petugas Telkomsel melakukan pemeriksaan suhu tubuh kepada setiap pelanggan sebelum memasuki GraPARI. Di samping itu, Telkomsel juga menyediakan hand sanitizer, sabun cair, dan masker bagi pelanggan yang membutuhkan.

Jaminan K3 Karyawan Telkomsel

Sejak awal Januari 2020, Telkomsel sudah melakukan sosialisasi secara intensif kepada seluruh karyawan terkait pencegahan penularan COVID-19 dan kemudian mengeluarkan sejumlah kebijakan internal, meliputi penyediaan sarana kesehatan, penyemprotan disinfektan di ruang kerja, dan perlengkapan verifikasi, prosedur kunjungan tamu, hingga kebijakan tugas dinas karyawan. Selanjutnya, Telkomsel juga telah mengeluarkan kebijakan agar seluruh karyawan bekerja dari rumah mulai tanggal 17 Maret 2020 hingga waktu yang terus dievaluasi dan diperpanjang secara berkala. Kebijakan ini diberlakukan dengan tetap memastikan layanan untuk pelanggan tetap terjaga sesuai prosedur standar yang berlaku.

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Sebagai salah satu bentuk sinergi bersama para pemangku kepentingan dalam memperkuat pencegahan penyebaran COVID-19, Telkomsel telah berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dengan menghadirkan perangkat Contact Line CloudX yang akan dimanfaatkan untuk kemudahan serta mendukung kebutuhan komunikasi (Call Center) di pusat informasi posko Tanggap COVID-19 di wilayah Provinsi DKI Jakarta. Dukungan serupa juga diberikan bagi Pemerintah Kota Batam untuk membantu penanganan pandemi COVID-19 di Rumah Sakit Khusus Corona Batam yang berlokasi di Pulau Galang, tepatnya pada kawasan bekas Camp Vietnam. Solusi layanan berbasis teknologi cloud ini diharapkan mempermudah koordinasi para petugas dan mengefisienkan proses penyebaran informasi terkait antisipasi dan penanganan COVID-19. Sinergi dan kolaborasi akan terus ditingkatkan, seiring kebutuhan atas peran aktif Telkomsel sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan.

Melalui program donasi “MPR RI Peduli Lawan COVID-19”, Telkomsel bersama Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Gojek, dan Kitabisa mengadakan penggalangan dana bagi para mitra driver, mitra merchant UMKM, dan mitra lainnya di ekosistem Gojek yang terdampak. Dana yang terkumpul akan disalurkan dalam bentuk voucher pulsa untuk meringankan beban biaya sehari-hari, mengingat layanan telekomunikasi merupakan salah satu kebutuhan pokok para mitra Gojek saat bekerja.

Guna menghadirkan kenyamanan pelanggan dalam mendapatkan informasi terkini dan resmi seputar pandemi COVID-19 di Indonesia, Telkomsel memberikan bebas kuota data untuk akses tiga situs informasi resmi pandemi COVID-19, yakni www.covid19.go.id, www.infeksiemerging.kemkes.go.id, dan www.corona.jakarta.go.id. Telkomsel bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Satuan Gugus Tugas COVID-19, turut membantu dengan penyediaan layanan broadcast SMS untuk penyebaran informasi terkini yang berkaitan dengan himbauan serta edukasi guna meningkatkan pengetahuan dan kesadaraan masyarakat dalam memutus rantai penyebaran virus COVID-19 di Indonesia. Telkomsel juga secara proaktif membantu pemerintah dalam menyosialisasikan dan mengomunikasikan waspada COVID-19 dalam bentuk edukasi kesehatan kepada masyarakat melalui berbagai media informasi dan komunikasi yang Telkomsel miliki.

#DiRumahTerusMaju Bersama Telkomsel Siaga

Di bulan suci ini, kami siap melayani negeri dengan jaringan terluas dan pilihan layanan terbaik agar Anda #DiRumahTerusMaju dan terus jalankan kebaikan.