Error message

Telkomsel | 29 Januari 2018
2 shares

            Wujudkan Bandung Smart City Melalui GO Bandung Disiplin

 

Tinggal di kota Bandung, Karlina Pujianingtyas, Faridatul Alawiyah dan Yudi Widiawan tergerak membantu Bandung agar memiliki lingkungan yang tertib dan kondusif sehingga lebih nyaman untuk dihuni  warganya. Tekad tersebut menemukan momentumnya ketika Dinas Perhubungan Kota Bandung membentuk wadah komunitas bernama “Gerakan Bandung Disiplin” yang diresmikan oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil,  dimana salah satu inisiatifnya adalah gerakan turun ke jalan untuk mengingatkan pengguna jalan agar menaati peraturan lalu lintas.

Untuk menjaga Gerakan Bandung Disiplin dapat terus berjalan, Tyas, Farida dan Yudi pun membantu membuatkan sistem di aplikasi digital untuk mempermudah komunitas relawan menjaga ketertiban dan keamanan kota Bandung, yang dinamakan GO Bandung Disiplin.

Aplikasi berbasis Android dan situs web ini dapat digunakan tidak hanya untuk melaporkan pelanggaran lalu lintas, tapi juga untuk hal yang berkaitan dengan kebersihan lingkungan. Laporan dari relawan melalui GO Bandung Disiplin kemudian akan diteruskan kepada petugas berwenang dan pengambil kebijakan untuk ditindaklanjuti dan dimonitor secara berkelanjutan.

Dalam membangun Bandung menjadi Smart City yang aman, tertib dan dicintai oleh warganya, tim GO Bandung Disiplin berharap banyak kepada para warga Bandung untuk tetap semangat berpartisipasi menjaga lingkungan sekitarnya melalui aplikasi yang mereka kembangkan, ataupun dengan caranya masing-masing.

GO Bandung Disiplin merupakan salah satu peserta The NextDev 2017  yang terpilih sebagai TOP 20 karena dinilai memiliki aplikasi digital dengan kemampuan untuk memberikan solusi dan memberikan peningkatan kualitas hidup masyarakat, khususnya di bidang kesehatan, pendidikan, agrikultur, dan transportasi. Melalui The NextDev, mereka mengajak para generasi muda untuk mengembangkan dan mengimplementasikan ide yang dimiliki menjadi karya nyata yang bermanfaat bagi orang banyak.


Related Blogs