Telkomsel | 26 April 2020
11 shares

Waspada Penipuan Transfer Pulsa Otomatis atau Auto TP

Belakangan ini marak beredar SMS tentang transfer pulsa otomatis atau auto transfer pulsa (TP) yang dikirim oleh seseorang dengan nomor tak dikenal seperti contoh berikut:

Waspada Penipuan Transfer Pulsa Otomatis atau Auto TP

Untuk diketahui, SMS di atas adalah SMS penipuan yang dilakukan oknum yang tidak bertanggung jawab. Perlu diperhatikan bahwa Telkomsel tidak pernah mengirimkan SMS tersebut ke pelanggan.

Dalam penipuan tersebut, pelaku seolah-olah menginformasikan kepada calon korban untuk menghentikan fitur Auto TP dengan mengirimkan SMS dengan format tertentu agar pulsa calon korban tidak terpotong. Padahal yang terjadi malah sebaliknya. Instruksi pelaku tersebut justru mengarahkan calon korban untuk mengirimkan pulsa ke pelaku dengan memotong pulsa calon korban.

Perlu kamu ketahui bahwa untuk mendaftarkan fitur Auto TP, pelanggan hanya bisa melakukan aktivasi melalui menu akses *858# atau aplikasi MyTelkomsel dari nomor sendiri (tidak bisa diaktifkan melalui nomor lain). Kalau kamu tidak pernah melakukannya, bisa dipastikan fitur Auto TP di nomor kamu tidak aktif.

Apabila kamu menerima SMS penipuan dengan modus seperti ini, berikut langkah-langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Abaikan atau jangan tanggapi pesan tersebut (tidak perlu mengikuti instruksi pelaku)
  2. Lapor melalui SMS dengan ketik: Penipuan#Nomor HP penipu#Isi SMS penipuan lalu kirim ke 1166 (gratis)

Sebagai informasi, kamu bisa menghentikan fitur Auto TP dengan mengikuti langkah-langkah berikut (khusus pelanggan prabayar Telkomsel):

  1. Telepon ke *858#
  2. Pilih: 4 Delete Auto TP
  3. Masukkan nomor yang Ingin dihapus
  4. Pilih: 1 Setuju

Informasi lengkap mengenai fitur transfer pulsa bisa kamu lihat di sini.

Kita harus selalu waspada apabila menerima informasi melalui SMS atau format apa pun dari seseorang yang tidak kita ketahui identitasnya. Pastikan kita melakukan klarifikasi informasi yang belum kita ketahui kebenarannya ke berbagai kanal informasi dan komunikasi resmi Telkomsel berikut:

Layanan Virtual Assistant:

  • Aplikasi MyTelkomsel
  • Website www.telkomsel.co.id
  • WhatsApp: +62811 1111 1111
  • LINE: @Telkomsel
  • Facebook Messenger: ‘Telkomsel’
  • Telegram: @Telkomsel_Official_bot

Call Center: 188

Email: cs@telkomsel.co.id


Related Blogs