Telkomsel | 17 November 2020
0 shares

Tips Bikin Konten Digital Menarik Ala Kristo Immanuel

Tips Bikin Konten Digital Menarik Ala Kristo Immanuel

 

Tanpa kita sadari, saat ini kita hidup di mana orang berlomba-lomba untuk menciptakan sebuah konten, entah itu konten di media sosial maupun konten untuk diunggah di platform video streaming. Semua orang mungkin memiliki kemampuan untuk membuat konten, tapi tidak banyak orang yang mampu untuk membuat konten yang menarik.

Menghadirkan sebuah konten yang menarik menjadi salah satu syarat agar konten yang sudah kita buat bisa ditonton dan diterima dengan baik oleh masyarakat. Kristo Immanuel, seorang influencer, content creator, sekaligus impersonator memiliki beberapa tips dan saran bagaimana caranya membuat konten kreatif, terutama video, yang menghibur.

Dalam pengalamannya membuat video, menurut Kristo, ada tiga hal yang disukai oleh masyarakat atau netizen dari sebuah video, yakni unik, lucu, dan kontroversial. Ketiga hal itu diyakini menjadi kunci penting bagaimana menarik minat netizen untuk menonton. Kamu bisa menggabungkan ketiga hal itu sekaligus atau menggunakan salah satu atau dua hal saja.

“Gue selalu menghindari yang kontroversial. Jika terpaksa menggunakan topik yang kontroversial, selalu ditambahkan dengan faktor unik atau lucu atau dua-duanya,” ucap Kristo.

Menurut Kristo, semakin serius sebuah konten, maka akan semakin sedikit engagement konten tersebut. Padahal apa yang ingin disampaikan itu penting. Namun, ketika dimasukkan unsur komedi, maka konten tersebut akan banyak ditonton, sehingga apa yang ingin disampaikan jadi lebih mudah dicerna.

Baca Juga: 4 Tips Eksekusi Ide dengan Tepat Versi Dayu Dara

Untuk membuat sebuah konten video, dibutuhkan ide yang cemerlang. Akan tetapi, ketika memiliki sebuah ide, terkadang sebagian content creator memiliki kendala dalam mengeksekusi ide tersebut. Kristo pun berbagi tips kepada peserta bagaimana caranya untuk dapat terus mengembangkan sebuah ide, antara lain:

  1. Perbanyak referensi
    Memiliki banyak referensi dianggap penting dan dibutuhkan untuk membuat video yang tidak mirip dengan karya orang lain. Dengan referensi yang banyak, kamu jadi bisa mencampur satu ide dengan ide yang lain.
  2. Selalu membawa catatan
    Dengan senantiasa membawa catatan, kamu bisa mencatat berbagai macam ide yang tiba-tiba muncul di saat yang tidak terduga. Catatan tersebut akan berguna untuk bahan cadangan jika sewaktu-waktu kamu kehabisan ide.

Salah satu hal yang paling penting bagi Kristo adalah mencari punchline. Menurut Kristo, pada saat dirinya memiliki ide, ia selalu mencari cara bagaimana mengakhiri ide dari ceritanya, di mana pada intinya harus lucu atau klimaks. Hal berikutnya yang menurut pendapat Kristo sering dianggap remeh oleh orang-orang adalah niat. Terlebih, lanjut Kristo, anak-anak muda zaman sekarang suka menganggap enteng niat.

Baca Juga: Mencari Talenta Digital Indonesia

Sebagai seorang impersonator, kemampuan Kristo untuk menirukan suara orang lain tidak terbatas sosok atau tokoh dari dalam negeri saja, tapi juga dari luar negeri. Ada banyak sosok luar negeri yang dapat ditiru, mulai dari mantan Presiden AS Barack Obama, hingga aktor Hollywood Brad Pitt. Kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris ini diakui Kristo ia kembangkan dengan berulang kali menonton banyak film untuk mengingat cara berbicara hingga kosa kata yang digunakan.

Kristo juga memberikan tips kepada peserta webinar yang ingin menjadi seorang impersonator seperti dirinya. Menurutnya, teknik impersonate atau menirukan ini dapat dipelajari oleh semua orang, bahkan secara otodidak sekalipun. Hanya saja, Kristo memberikan sedikit catatan, di mana ketika ingin menjadi impersonator jangan karena ikut-ikutan, tapi memang karena ada keinginan dari dalam diri.

“Bagi teman-teman yang ingin memulai sesuatu, baik itu content creation atau apapun itu, yang penting harus memiliki tekad, konsistensi, dan selalu kreatif dan mencari inspirasi agar kreativitasnya itu terus berkembang,” pungkas Kristo.

Tips dari Kristo di atas ia sampaikan dalam webinar “Idea to Execution: Harnessing Your Inner Courage to Succeed” yang merupakan pembuka dalam rangkaian program The NextDev Summit 2020. Program ini merupakan upaya Telkomsel dalam menghubungkan pemain di ekosistem teknologi dan memfasilitasi terjadinya kolaborasi untuk mengakselerasi ekonomi digital Indonesia.

Melalui The NextDev Summit 2020 ini, Telkomsel ingin mendorong gerakan yang menghasilkan dampak sosial positif di Indonesia melalui pemberdayaan early-stage startup, serta melahirkan inspirasi dan ide-ide baru bagi kemajuan bangsa Indonesia melalui pemanfaatan teknologi digital tepat guna.

Kunjungi akun media sosial resmi The NextDev untuk informasi lebih lanjut mengenai kegiatan The NextDev lainnya!


Related Blogs