Telkomsel | 16 November 2020
0 shares

4 Tips Eksekusi Ide dengan Tepat Versi Dayu Dara

4 Tips Eksekusi Ide dengan Tepat Versi Dayu Dara

 

Ide atau strategi sangat erat kaitannya dengan eksekusi. Tanpa sebuah strategi, eksekusi ide akan berjalan tanpa tujuan dan hanya membuang waktu, uang, serta tenaga. Begitu pula sebaliknya, tanpa eksekusi, ide dan strategi  tidak akan berguna.

Hal tersebut disampaikan oleh Dayu Dara (Founder & CEO Pinhome) dalam acara virtual Road to The NextDev Summit 2020 baru-baru ini. Dara mengajak peserta untuk mengetahui bagaimana cara mengembangkan ide menjadi sebuah eksekusi nyata yang dapat membawa manfaat bagi banyak orang.

Menurut Dara, eksekusi adalah melakukan suatu rencana melalui aksi nyata yang berawal dari sebuah ide. Untuk mendapatkan ide yang bagus, kita bisa memadukan kreativitas (creativity) dengan wawasan (insight). Namun, jika ide tersebut tidak dieksekusi dengan aksi nyata, maka ide hanya sebuah ide.

Dara pun kemudian mengutip pendiri GoJek Nadiem Makarim yang berkata, ‘Semua orang dapat mencuri ide Anda, tapi tidak seorang pun dapat mencuri eksekusi Anda’. Berangkat dari kutipan Nadiem tersebut, Dara berpendapat bahwa ide dapat dimiliki oleh semua orang, tetapi yang membedakan idemu dengan ide milik ribuan orang di luar sana adalah cara kamu mengeksekusi ide tersebut.

“Kita harus selalu menanamkan mindset, saya akan menjadi seseorang yang mengeksekusi ide tersebut lebih baik dari siapapun yang sudah pernah melakukannya,” ujar wanita yang pernah menjabat sebagai Senior Vice President GoJek. Ia juga memberikan contoh bagaimana GoJek mengeksekusi ide ojek online yang sejatinya tidak unik. Namun, dengan eksekusi yang baik beserta strategi dan perencanaan yang matang, maka GoJek bisa sukses hingga saat ini.

Baca Juga: Terus Berinovasi di Era Digitalisasi dalam Masa Pandemi

Dara memberikan tips dalam melakukan eksekusi yang luar biasa:

  1. Tentukan tujuan yang SMART (Specific, Measurable, Attainable, Relevant, Time-bound).
    • Specific artinya tujuan harus jelas, ringkas, nyata, dan menjawab 5W+1H (What, When, Why, Where, Who, dan How).
    • Measurable artinya tujuan yang ingin dicapai harus bisa diukur. Misalnya penjualan, waktu, volume, kenaikan harga, dan paramater lainnya yang dapat terukur.
    • Attainable artinya tujuan yang dicanangkan harus menantang namun tetap bisa diwujudkan.
    • Relevant artinya tujuan harus bisa memecahkan masalah yang relevan dan berorientasi pada hasil.
    • Time-bound, di mana kamu harus menentukan time frame atau target dan kapan kamu ingin mendapatkan target tersebut.
  2. Buat strategi dan perencanaan secara detail yang mencakup cara memecahkan permasalahan dan mencari solusi-solusi yang sesuai.
  3. Eksekusi strategi dan perencanaan dengan tim, proses, dan sumber daya atau tool yang sesuai. Kamu harus mencari tim yang memiliki kapabilitas untuk membantumu mencapai objektif tersebut. Setelahnya, kamu bisa membuat struktur identifikasi tim guna membagi pekerjaan.
  4. Siapkan jadwal untuk berkomunikasi, rapat, atau menciptakan inisiatif sebuah proyek. Jangan lupa untuk melakukan internal testing dan validasi pelanggan guna mengumpulkan feedback atas solusi yang kamu ciptakan. Tujuannya agar produk tersebut dapat menjawab masalah yang dihadapi pelanggan.

Baca Juga: The NextDev Hub Virtual Talks #4: Membangun Sebuah Aplikasi Digital yang Berguna dan Nyaman

Pesan Dara mengenai pengembangan dan eksekusi ide yang tepat tersebut disampaikan dalam webinar “Idea to Execution: Harnessing Your Inner Courage to Succeed” yang merupakan pembuka dalam rangkaian program The NextDev Summit 2020. Program ini merupakan upaya Telkomsel dalam menghubungkan pemain di ekosistem teknologi dan memfasilitasi terjadinya kolaborasi untuk mengakselerasi ekonomi digital Indonesia.

Melalui The NextDev Summit 2020 ini, Telkomsel ingin mendorong gerakan yang menghasilkan dampak sosial positif di Indonesia melalui pemberdayaan early-stage startup, serta melahirkan inspirasi dan ide-ide baru bagi kemajuan bangsa Indonesia melalui pemanfaatan teknologi digital tepat guna.

Kunjungi akun media sosial resmi The NextDev untuk informasi lebih lanjut mengenai kegiatan The NextDev lainnya!


Related Blogs