Telkomsel | 20 Maret 2020
1 shares

Terus Produktif Meski Bekerja #dirumahaja,
Emang Bisa?

Terus Produktif Meski Bekerja #dirumahaja, Emang Bisa?

 

Akhir pekan lalu pemerintah menyampaikan imbauan untuk membatasi aktivitas di luar rumah. Semakin hari rasanya semakin banyak perusahaan dan instansi yang ikut ambil bagian menerapkan aturan Working from Home (WFH) sebagai upaya bersama mengurangi risiko penularan dan penyebaran COVID-19.

Gimana kabar kita-kita ini para karyawan yang memperoleh kesempatan bekerja dari rumah? Apa saja sih kendala yang umumnya kita hadapi selama WFH? Sebagian orang pasti membutuhkan waktu adaptasi lebih sebelum akhirnya merasa nyaman dengan cara kerja baru seperti ini. Lewat artikel ini, kami ingin membagikan inspirasi kepada para pekerja agar bisa terus produktif dan efektif bekerja dari rumah.

Yuk, simak agenda kerja produktif dari rumah berikut ini:

05.30 : Awali hari dengan mempersiapkan diri

Meski bekerja dari rumah, cobalah untuk tetap mempersiapkan diri sebaik mungkin. Usahakan untuk tetap melakukan rutinitas pagi seperti biasa, dimulai dari bangun tidur, berdoa, merapikan kamar, olahraga, sarapan, hingga mandi pagi. Jika merasa nyaman, gunakan juga pakaian kerja yang baik. Jangan kenakan piyama saat bekerja ya!

08.00 : Mengatur tempat bekerja

Sebelum bekerja, ada baiknya kita mempersiapkan tempat kerja senyaman mungkin. Pilihlah tempat yang tidak bising dan tidak mudah diganggu oleh anggota keluarga lainnya. Hindari bekerja dari tempat tidur, sebab lingkungan memiliki pengaruh besar terhadap produktivitas pekerjaan.  Kamu juga bisa mendengarkan playlist lagu kesukaanmu melalui platform streaming LangitMusik agar suasana bekerjamu jadi lebih menyenangkan.

08.30 : Mulai pekerjaan di pagi hari

Ketika bekerja di rumah, kita memiliki fleksibilitas dalam mengatur waktu bekerja.  Namun perlu diingat ada tanggung jawab pekerjaan yang harus diselesaikan. Jangan sampai terlalu santai menunda pekerjaan. Agar tetap produktif dan fokus, mulailah untuk bekerja di pagi hari. Awali pekerjaan dengan mengatur skala prioritas, membuat to-do-list pekerjaan harian, dan melakukan pengecekan email kantor.

Guna memastikan produktivitas saat bekerja di rumah, banyak pilihan aplikasi yang bisa digunakan dalam rangka kolaborasi dan melakukan komunikasi secara online terkait pekerjaan, seperti CloudX, Office 365, Slack, Trello, Zoom, dan masih banyak lagi. Ketika memilih aplikasi jangan lupa untuk menyesuaikan dengan kebutuhan tim ya.

10.30 : Virtual coffee break bersama rekan kerja

Sering kali ketika bekerja di rumah kita merasa kesepian. Supaya kamu tidak merasa kesepian, manfaatkan waktu coffee break untuk melakukan meeting secara online bersama rekan kerja. Jadikan virtual coffee break ini tetap produktif dengan menyampaikan secara singkat apa saja pekerjaan yang akan dilakukan hari ini beserta kendala yang dihadapi. Pastikan semua anggota tim memiliki kesempatan untuk menyampaikan agenda hariannya.

12.00 : Makan siang

Pastikan kita tidak melewatkan waktu makan siang. Pasang alarm di gawai pribadi sebagai pengingat datangnya istirahat siang. Usahakan mengonsumsi makanan dengan gizi dan nutrisi seimbang untuk menjaga imunitas tubuh dari penyakit. Selain itu, bekerja di rumah juga memberikan kesempatan untuk mengasah keterampilan memasak. Cobalah untuk sesekali mempersiapkan sendiri menu makan siang yang sehat dan bergizi.

15.00 : Melakukan olahraga ringan

Terlalu lama duduk di depan laptop saat bekerja tidak dianjurkan untuk kesehatan. Apalagi di masa-masa social distancing di mana jumlah aktivitas dan pergerakan fisik kita pasti akan menurun. Ambil waktu rehat sejenak untuk melakukan peregangan dan olahraga ringan. Sebisa mungkin usahakan agar tubuh kita tetap aktif bergerak ya!

17.30 : Menyelesaikan pekerjaan

Meski bekerja di rumah, jangan lupa untuk membatasi waktu bekerja. Selesaikan pekerjaan tepat waktu dan usahakan tidak mengecek dan membalas e-mail di luar waktu bekerja, kecuali untuk hal-hal yang bersifat mendesak. Manfaatkan waktu luang yang tersisa untuk berkumpul bersama keluarga di rumah, membaca buku, melakukan hobby atau aktivitas lain yang disenangi.

Itulah agenda singkat kerja produktif di rumah yang bisa diterapkan! Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dan kebersihan diri meski berada di rumah dengan melakukan serangkaian pedoman yang telah dianjurkan WHO. Kita pasti bisa mengatasi pandemi COVID-19!


Related Blogs