Telkomsel | 26 Maret 2019
3 shares

                                    5 Cara Ubah TCash Jadi LinkAja!

 

Akhirnya, platform dompet digital TCash secara resmi sudah berubah menjadi LinkAja. Aplikasi tersebut dipercaya akan memiliki banyak tambahan pengguna, dan tentu saja tambahan promo dan layanan yang lebih luas.

Bagaimana tidak, semua pengguna uang elektronik dari bank-bank ternama akan bergabung di LinkAja, di antaranya pengguna Mandiri e-Cash, Unikqu BNI, TBank BRI, dan T-Money. Ini artinya, akan makin banyak layanan yang disediakan oleh LinkAja, tak hanya sekedar beli pulsa atau voucher game dan belanja online.

Transformasi TCash menjadi LinkAja sempat dikhawatirkan, terkait dengan keamanan yang ada di dalamnya. Maklumlah, kalau berbicara soal duit, siapa yang tak khawatir? Apalagi banyak juga pengguna TCash yang mulai mengandalkan aplikasi sebagai alat bayar sehingga duit yang tersimpan di dalamnya bukan lagi hitungan puluhan ribu rupiah, melainkan sampai jutaan.

5 Cara Ubah TCash Jadi LinkAja!

Tapi dalam pantauan, sejak resmi berganti menjadi LinkAja pada 22 Februari lalu, tidak ada keluhan berat yang ditemui. Semua transformasi di smartphone pengguna terdeteksi berjalan lancar.

Usut punya usut, ternyata proses perpindahannya memang tidak terlalu rumit atau gampang banget! Malah bisa dilakukan tidak lebih dari 5 menit. Apalagi urusan pindah saldo pun otomatis. Enak banget kan? Nah, berikut ini langkah mudah migrasi Tcash ke LinkAja.

 

1.   Update dari Google PlayStore

Di Google PlayStore, cari aplikasi dengan keyword LinkAja. Tak perlu instalasi, melainkan hanya update. Inilah yang membuat prosesnya simpel karena tak perlu instalasi aplikasi baru. Usai di update, nama aplikasi TCash akan secara otomatis berubah menjadi LinkAja.

 

2.   Keamanan pertama

Sudah gitu aja? Tak segampang itu, Ferguso! Aplikasi ini tempat keluar masuk uang, jadi LinkAja dibuat dengan keamanan berlapis. Yang pertama, sudah pasti memasukkan nomor PIN TCash kamu. Makanya, jaga PIN kamu agar hanya kamu dan Tuhan yang tahu. Bahkan pacar kamu pun tak perlu tahu.

 

3.   Keamanan kedua

Kalau PIN sudah dilalui, keamanan selanjutnya adalah verifikasi melalui SMS. Iya, SMS memang sudah lama ditinggalkan tapi soal keamanan, SMS bisa dibilang paling jago karena kode verifikasi akan dikirim langsung ke nomor yang digunakan untuk aplikasi LinkAja kamu. Jadi tak mungkin nyasar. Kecuali kalau kamu kasih kode verifikasi itu ke orang lain, apalagi selingkuhan. Kode verifikasi sifatnya sangat rahasia, Telkomsel aja ga tahu.

 

4.   Keamanan ketiga

Kalau nomor PIN urusan ingatan di otak, kalau kode verifikasi via SMS jadi urusan memori di smartphone. Nah, yang terakhir melibatkan email pribadi. Jadi masukkan alamat email pribadi kamu untuk melakukan verifikasi terakhir. Jangan sampai kamu lupa passsword email yang kamu masukkan. Kalau sampai lupa, kamu sendiri yang amsyong. Di dalam email itu tertera link untuk verifikasi terakhir, tinggal klik saja.

 

5.   Ikuti langkah selanjutnya

Setelah kamu mengikuti semua perintah yang diberikan, jangan kaget karena tampilan LinkAja akan langsung terpampang nyatah bak kupu-kupu terbang di atas kepala. Masing-masing layanan memiliki slot sendiri, mulai dari membeli pulsa, pembayaran tagihan bulanan, mulai dari listrik, PDAM, sampai asuransi.
 

Ke depan, kita bisa membayar apa saja hanya dari LinkAja. Mulai dari bayar transporatasi umum, SPBU Pertamina, BPJS, pembayaran PDAM, serta micro insurance. Bahkan varian layanannya bisa lebih banyak lagi.

Jadi, untuk kamu yang mau kemudahan dalam sistem pembayaran satu pintu, langsung update ke LinkAja, biar hidup kamu makin nge-Link!