Telkomsel | 05 Februari 2021
0 shares

Rekomendasi Platform Digital agar UMKM Lebih Produktif

Rekomendasi Platform Digital agar UMKM Lebih Produktif

Penggunaan platform digital di kalangan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) semakin tumbuh pesat. Ketua Umum Asosiasi Usaha Mikro Kecil Menengah Indonesia (Akumindo), Muhammad Ikhsan Ingratubun beberapa waktu lalu menyebut bahwa selama masa pandemi pemanfaatan platform digital di kalangan pelaku UMKM tumbuh 15 persen atau hampir 10 juta.

Ikhsan pun tak memungkiri bahwa pemanfaatan platform digital sangat membantu pelaku UMKM dalam memasarkan produknya lebih luas, tak hanya skala nasional tapi bahkan hingga ke skala internasional. Di samping untuk memasarkan produknya secara luas, penggunaan platform digital juga dapat membantu pelaku UMKM dalam mengelola usahanya lebih baik lagi dan lebih produktif.

Sebagaimana diketahui, saat ini sudah ada sekitar 11,7 juta pelaku UMKM yang sudah memanfaatkan platform digital atau terhubung dengan sistem elektronik dari total 64 juta UMKM di Indonesia. Ada banyak sekali platform digital yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM, seperti misalnya berjualan melalui media sosial atau e-commerce.

Selain dua yang sudah disebutkan tadi, ada juga sejumlah platform digital yang efektif dipakai untuk meningkatkan daya jual pelaku UMKM. Apa saja? Berikut kami berikan rekomendasi platform digital untukmu.

Baca Juga: Ini Dia Solusi Beriklan Mudah, Cepat, dan Tepat untuk UMKM

99% Usahaku

Sebagai perusahaan yang ingin berkontribusi memajukan UMKM, Telkomsel turut membantu pelaku UMKM agar dapat menggunakan platform digital. Komitmen tersebut pun diwujudkan melalui peluncuran platform 99% Usahaku pada September 2019 lalu.

Sekadar informasi, 99% Usahaku merupakan sebuah platform layanan berbasis aplikasi dan website yang diciptakan untuk membantu pelaku UMKM agar lebih efisien, maju, dan berkembang. Di samping dapat mempromosikan produknya, pelaku UMKM dapat memanfaatkan 99 Persen Usahaku sebagai sarana untuk memperoleh pengetahuan lewat digital learning yang disediakan.

Adapun konten pembelajarannya, antara lain pelatihan daring, artikel seputar informasi bisnis, cerita sukses dari pelaku UMKM, dan forum diskusi. Di samping memberikan pelatihan melalui bentuk tulisan, 99% Usahaku juga menyediakan pelatihan dalam bentuk video, sehingga lebih mudah dipahami.

Untuk bisa menggunakan platform ini, kamu harus mendaftar terlebih dahulu di aplikasi 99% Usahaku di Android atau melalui web. Proses pendaftarannya mudah kok. Kamu cuma perlu mendaftar menggunakan email pribadi, akun Facebook, atau akun Google.

LinkAja

Dukungan Telkomsel terhadap UMKM tidak sebatas pada pemberian pelatihan dan penyediaan platform berjualan saja. Melalui kredit online LinkAja, pelaku UMKM dapat mengajukan pinjaman untuk kebutuhan usahanya.

Dalam menghadirkan fitur pinjaman online ini, LinkAja bekerja sama dengan sejumlah layanan pinjaman online, di antaranya Mandiri Utama Finance, UKU, Pegadaian, Onehope, dan Kredit Pintar dengan nominal pinjaman hingga Rp50 juta. Kamu pun tidak perlu khawatir keamanannya, karena fasilitas peminjaman ini sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Proses peminjamannya sendiri terbilang mudah. Kamu cukup meng-install aplikasi LinkAja melalui perangkat Android dan iOS. Selanjutnya, kamu tinggal tap menu “Lainnya” di halaman utama dan temukan layanan “Pinjaman” pada kolom “Keuangan”. Lalu kamu tinggal isi formulir, seperti data diri, rekening bank, informasi pekerjaan, dan nomor kontak pribadi.

Jika semua sudah diisi, kamu tinggal klik “Ajukan Sekarang” dan tinggal menunggu tim dari LinkAja yang akan menghubungimu dalam rentang waktu 1x24 jam. Di samping memfasilitasi pelaku UMKM untuk meminjam, layanan dompet digital yang sebelumnya bernama TCASH ini juga memiliki fungsi lain, seperti pembayaran di sejumlah merchant, top-up tagihan, kirim uang, dan lainnya.

Baca Juga: Rekomendasi Produk untuk Beriklan Lebih Efektif dan Tepat Sasaran

MyAds

Selain kedua platform digital di atas, Telkomsel juga memiliki solusi layanan periklanan digital bernama Telkomsel MyAds. Layanan yang telah diluncurkan sejak 2017 ini memberikan keleluasaan kepada pengiklan, dalam hal ini pelaku UMKM, untuk membuat, mengatur, dan memantau iklannya secara mandiri.

Sedikitnya ada tiga keunggulan utama yang ditawarkan Telkomsel MyAds, di antaranya eksklusif, spesifik, dan terukur. Eksklusif di sini maksudnya kamu bisa memasarkan produk yang kamu punya kepada ratusan juta pelanggan Telkomsel. Dengan keunggulan Spesifik artinya kamu dapat menjangkau target pelanggan sesuai dengan bisnismu. Lalu untuk keunggulan Terukur, kamu bisa memonitor performa iklan yang kamu buat dengan mudah.

Ada berbagai macam metode iklan yang ditawarkan oleh platform periklanan dengan konsep do-it-yourself ini, antara lain melalui SMS, MMS, pesan pop-up, dan USSD dengan harga yang terjangkau. Untuk iklan SMS misalnya, hanya membebankan biaya mulai dari Rp90/SMS, tergantung jenis layanannya.

Baca Juga: Digital Marketing: Cara Efektif Berjualan untuk UMKM

Baru-baru ini platform Telkomsel MyAds berkolaborasi dengan GoBiz, yang merupakan super app khusus mitra usaha Gojek. Integrasi antara Telkomsel MyAds dengan GoBiz akan memungkinkan para mitra usaha Gojek untuk mengakses dan menggunakan berbagai layanan dari Telkomsel MyAds langsung dari aplikasi GoBiz. Hal tersebut memberi peluang baru bagi para mitra usaha Gojek untuk memperluas pangsa pasar tepat sasaran dan mengembangkan bisnis dengan menjangkau lebih banyak pelanggan baru yang mengandalkan solusi iklan yang terarah dari Telkomsel MyAds.

Tunggu apa lagi? Segera adopsi teknologi digital untuk kebutuhan UMKM yang kamu jalankan dan rasakan manfaatnya.


Related Blogs