Panduan Memilih Koneksi Internet Rumah yang Tepat dan Handal | Telkomsel
BAGIKAN

Panduan Memilih Koneksi Internet Rumah yang Tepat dan Handal

Article
Telkomsel One; solusi all in one internet pasti terkoneksi

Internet rumah sudah menjadi salah satu kebutuhan mendasar yang tak terpisahkan dari keluarga masa kini. Akses internet digunakan untuk berbagai keperluan anggota keluarga, seperti belajar, bekerja, bermain, dan kebutuhan hiburan lainnya. Jika kamu sedang mencari provider internet rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya pengalaman internet di rumah lebih maksimal. Yuk, simak panduannya berikut ini!

 

  1. Pilih jenis internet yang sesuai dengan kebutuhan

 

Setiap keluarga memiliki kebutuhan internet yang berbeda-beda. Beberapa keluarga mungkin hanya memerlukan kecepatan internet yang relatif kecil karena digunakan untuk keperluan browsing dan pengiriman email saja. Namun, ada juga keluarga yang membutuhkan internet dengan kecepatan tinggi karena memiliki keperluan untuk streaming video, bermain game online, hingga melakukan online meeting dari rumah. Oleh karenanya, pastikan kamu memilih provider internet yang dapat menjawab kebutuhanmu dan tentu sesuai dengan pertimbangan berikutnya: budget.

 

  1. Bandingkan harga dan manfaat yang didapat

 

Soal keinginan biasanya tidak ada batasnya, maka cermat memilih paket yang masuk di rentang budget yang disediakan menjadi penting. Periksa setiap paket yang ditawarkan oleh penyedia layanan internet rumah yang diminati, lalu bandingkan setiap paket berdasarkan kesesuaian harga, kecepatan yang dibutuhkan, dan manfaat tambahan yang diberikan. Perlu diingat juga untuk tidak hanya fokus pada harga yang terjangkau. Pastikan ketersediaan dan kestabilan jaringan serta pelayanan pelanggan yang diberikan ya. Kalau kata Warren Buffett: “price is what you pay. Value is what you get.” Jadi cermat memilih paket agar harga yang kamu bayarkan pas dan sesuai dengan kebutuhan serta manfaat yang dirasakan.

 

  1. Perhatikan jenis koneksi yang disediakan

 

Saat kamu sedang memilih provider internet rumah, pastikan kamu memperhatikan jenis koneksi yang disediakan. Umumnya, terdapat dua jenis koneksi yang digunakan yaitu wireless dan fiber optik. Setiap jenis koneksi memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Jenis koneksi wireless dapat memberikan fleksibilitas gerak dengan kecepatan yang memadai, dimana instalasinya pun tidak memerlukan penarikan kabel koneksi tertentu, namun biasanya ada kendala propagasi dan daya jangkau di kawasan tertentu. Sedangkan, koneksi fiber optik meski harus ada penyediaan infrastruktur kabel koneksi yang terhubung sampai ke rumah, pilihan ini kian diminati karena menawarkan kecepatan tinggi dan stabil dengan tingkat latency rendah.

 

  1. Pilih provider internet yang memiliki layanan Customer Service 24/7

 

Salah satu faktor utama dalam memilih provider internet adalah ketersediaan layanan customer service yang siap membantu pelanggan kapanpun dibutuhkan. Dengan memilih provider internet yang menawarkan layanan pelanggan 24/7, kamu akan lebih nyaman ketika membutuhkan informasi seputar tagihan hingga jawaban atas gangguan yang mungkin dialami.

Telkomsel adalah salah satu penyedia layanan yang memiliki layanan customer service 24/7, melalui asisten virtual Veronika. Veronika versi terbaru adalah hasil dari kerjasama dengan Microsoft, yang bertujuan meningkatkan pengalaman layanan pelanggan MyTelkomsel melalui penerapan teknologi Azure OpenAI ChatGPT.

 

  1. Manfaatkan layanan FMC

 

Fixed Mobile Convergence (FMC) adalah salah satu teknologi terbaru yang hadir di Indonesia. FMC yang merupakan integrasi layanan fixed dan mobile broadband ke dalam satu jaringan, memungkinkan pelanggan terutama segmen keluarga untuk mengakses koneksi internet yang seamless ketika berada di dalam maupun di luar rumah.

 

Produk FMC dari Telkomsel yakni Telkomsel One bisa menjadi pilihan pelanggan untuk mendapatkan akses internet yang tepat. Telkomsel One adalah layanan konvergensi yang menghadirkan konektivitas unggulan jaringan fixed (IndiHome) dan mobile broadband (Telkomsel) dalam satu layanan, untuk pengalaman broadband yang seamless dan pengalaman digital yang lebih baik, tanpa terikat pada satu teknologi jaringan tertentu.

 

Melalui Telkomsel One, kebutuhan internet keluarga terpenuhi dengan baik dan tanpa ribet dalam mengelola tagihan karena hanya ada satu tagihan yang bisa dibayarkan melalui aplikasi MyTelkomsel.

 

Layanan Telkomsel One di Aplikasi MyTelkomsel

Salah satu keunggulan Telkomsel One adalah kemudahan dalam mengelola layanan melalui satu aplikasi, MyTelkomsel. Selain tagihan, pelanggan bisa dengan mudah mendapatkan rincian informasi produk dan histori penggunaan, membayar tagihan, hingga menambahkan anggota untuk menikmati Kuota Keluarga.

 

Berikut ini beberapa layanan Telkomsel One melalui MyTelkomsel:

 

  1. Informasi produk langganan dan histori penggunaan

 

Untuk mengetahui informasi produk dan layanan hingga histori penggunaan, pelanggan hanya perlu memilih menu "Telkomsel One" pada halaman utama aplikasi MyTelkomsel, kemudian masukkan nomor Telkomsel One beserta password. Setelah itu, pelanggan dapat melihat rincian informasi akun Telkomsel One seperti paket yang aktif, tagihan, dan riwayat penggunaan.

 

  1. One Bill

Sesuai namanya, Telkomsel One hadir dengan fitur One Bill yang anti-ribet, di mana hanya ada satu tagihan untuk kebutuhan internet keluarga. Untuk membayar tagihan, pelanggan bisa memilih menu "Akun Saya", kemudian "Tagihan", lalu pilih "Bayar Tagihan". Pelanggan akan diminta memasukkan nominal pembayaran dan memilih metode pembayaran seperti kartu kredit atau transfer bank.

 

  1. Paket Kuota Keluarga

 

Telkomsel One menghadirkan Paket Kuota Keluarga hingga 35 GB yang bisa dibagikan ke enam nomor anggota keluarga. Untuk menambahkan nomor yang bisa mengakses Kuota Keluarga,  bisa memilih menu “Telkomsel One” pada aplikasi MyTelkomsel, lalu pilih opsi "Tambah Anggota". Setelah itu, ketik nomor Telkomsel yang ingin ditambahkan untuk bisa menikmati fitur Kuota Keluarga.

 

Telkomsel One menjadi alternatif internet yang tepat untuk kebutuhan keluarga di Indonesia dengan berbagai keunggulan termasuk akses internet tanpa batas, paket yang bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan, serta layanan customer service Veronika 24/7. Yuk, segera aktivasi paket Telkomsel One untuk memenuhi kebutuhan internet keluarga kamu!