The NextDev, TINC, TMI, Hingga INDICO, Yuk Kenal Lebih Dekat dengan Ekosistem Inovasi Inklusif Telkomsel | Telkomsel
BAGIKAN

The NextDev, TINC, TMI, Hingga INDICO, Yuk Kenal Lebih Dekat dengan Ekosistem Inovasi Inklusif Telkomsel

Article
The NextDev, TINC, TMI, Hingga INDICO, Yuk Kenal Lebih Dekat dengan Ekosistem Inovasi Inklusif Telkomsel

Kontribusi nyata dalam mengakselerasikan pembangunan bangsa dibuktikan oleh Telkomsel dengan menghadirkan solusi pemanfaatan teknologi terkini, termasuk dalam menciptakan ekosistem digital yang inklusif demi mendukung lahirnya inovasi. Telkomsel pun melengkapi ekosistem digital tersebut dengan menghadirkan The NextDev, Telkomsel Innovation Center (TINC), Telkomsel Mitra Inovasi (TMI), dan INDICO untuk menyokong para inovator lokal dalam menciptakan solusi berbasis teknologi terkini.

 

Ekosistem Berkesinambungan untuk Berbagai Tahapan Inovasi

 

Sebagai platform pencarian dan pengembangan startup, The NextDev mendukung tahap awal startup digital yang berorientasi pada dampak sosial. Platform ini akan memperkuat beragam aspek startup digital, mulai dari pemetaan masalah dan ide solusi yang akan dikembangkan, branding, hingga model bisnis dan value proposition design dari inovasi yang ingin dibangun. The NextDev berfokus pada inovator eksternal yang berorientasi menghasilkan dampak sosial yang memenuhi kriteria Minimum Viable Product (MVP) dalam proses product validation dan/atau business model validation. Startup yang memenuhi kriteria akan mendapatkan asistensi dalam bentuk mentorship, webinar, dan bootcamp melalui dua program, yakni talent scouting dan academy.

 

Nggak hanya mendukung startup di tahap awal, Telkomsel juga mendukung pengembangan inovasi di tahap kemitraan dan komersialisasi, lho. Dukungan ini diwujudkan melalui TINC, platform inkubasi dan akselerasi startup untuk berbagai solusi digital berbasis teknologi terkini, seperti Internet of Things (IoT), big data, artificial intelligence (AI) & machine learning, solusi berbasis teknologi 5G, financial technology (fintech), dan sebagainya. TINC akan mengakomodir para inovator lokal untuk mengembangkan dan menciptakan solusi komersial business-to-business (B2B) dan business-to-customer (B2C) mulai dari tahap prototyping hingga tahap komersial. Inovator yang memenuhi kriteria akan mendapat dukungan berupa fasilitas pendanaan awal, innovation lab hingga akses ke jutaan pelanggan Telkomsel, ribuan mitra B2B, rantai distribusi penjualan, juga mentoring dengan berbagai expertise di berbagai bidang bisnis, industri, dan teknologi seperti IoT, AI, machine learning, dan big data.

 

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Pengembangan Ekosistem Startup melalui The NextDev, Tinc, dan TMI

 

Untuk startup yang berada di kategori mid to growth stage, Telkomsel melalui salah satu anak perusahaannya yang berfokus sebagai corporate venture capital, TMI (Telkomsel Mitra Inovasi) melakukan aktivitas pendanaan untuk mendukung potensi karya anak bangsa dalam menghadirkan solusi digital yang inovatif. Aktivitas investasi ini disertai kolaborasi juga bareng berbagai unit bisnis Telkomsel lho, untuk mendorong aspek transformasi digital perusahaan dan mengakselerasi pengembangan berbagai layanan baru, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan optimalisasi proses bisnis perusahaan. Beberapa yang udah dapat investasi dari TMI diantaranya adalah FinAccel (Kredivo), PrivyID, dan RoamBee.

 

Ekspansi Bisnis dengan Terus Berinovasi

 

Ekosistem inovasi Telkomsel juga ditujukan untuk memperluas portofolio bisnis Telkomsel di sektor digital. Salah satu upayanya adalah dengan mendirikan INDICO, sebagai holding company bagi bisnis vertikal Telkomsel di sektor digital untuk memperkuat ekosistem digital nasional dan mengantarkan Indonesia menjadi digital powerhouse di Asia Tenggara. INDICO hadir untuk menciptakan flywheel effect inovasi lintas sektor digital melalui pemanfaatan aset dan kemampuan Telkomsel dalam menciptakan solusi. Dengan tujuan ekspansi bisnis, pada tahap pengembangan awal INDICO akan berfokus pada solusi berbasis pelanggan untuk memfasilitasi gaya hidup digital dengan tiga prioritas utama yaitu health-tech (Fita), edu-tech (Kuncie), dan gaming melalui Majamojo, sebuah joint venture hasil kolaborasi dengan PT Aplikasi Multimedia Anak Bangsa (GOTO).

 

Baca Juga: INDICO Perkuat Komitmen Akselerasi Ekosistem Digital Indonesia

 

Inovasi akan selalu jadi bagian dari perjalanan Telkomsel dalam menciptakan ekosistem digital yang berkelanjutan. The NextDev, TINC, TMI, dan INDICO sebagai penyokong ekosistem inovasi Telkomsel diharapkan dapat mengakselerasi para inovator lokal untuk berkembang lebih jauh agar solusi yang dihasilkan bisa memberi manfaat luas bagi masyarakat. Dengan ekosistem yang luas, daya saing yang semakin relevan, dan sumber daya yang mumpuni di bidang teknologi, keempat pilar ini juga diharapkan dapat mendorong kesiapan bangsa untuk menghadapi situasi global yang semakin menantang.