Telkomsel | 16 Januari 2018
1 shares

                                            

                Marlin Booking, Finalis The NextDev 2017
                yang Bertekad Majukan Maritim Indonesia

 

Setelah melewati berbagai tahapan seleksi sejak bulan Juli 2017, empat aplikasi digital terbaik akhirnya terpilih menjadi pemenang The NextDev 2017. Kompetensi startup dan aplikasi digital yang dikembangkan empat pemenang The NextDev 2017 ini dinilai berhasil mengungguli finalis lainnya berdasarkan masalah yang ditemukan, solusi yang ditawarkan, validasi pasar, model bisnis, rencana pengembangan produk, strategi pengembangan bisnis, serta kapabilitas tim.

Salah satu pemenang The NextDev 2017 adalah Marlin Booking, aplikasi pertama di Indonesia yang dikembangkan oleh Ali Sadikin, Eko Syaiful Arifin dan Dede Saputra dari Batam untuk memfasilitasi fitur booking dan pembelian tiket ferry dan kapal laut baik melalui aplikasi mobile maupun website. Tinggal di kota Batam, Kepulauan Riau yang didominasi oleh laut, membuat mereka menyadari pentingnya transportasi kapal laut di daerah mereka dan perlunya kemudahan akses pembelian tiket alat transportasi laut seperti alat transportasi lainnya.

Melalui Marlin Booking, Ali, Eko dan Dede perlahan mencoba untuk menyelesaikan permasalahan yang ada terkait dengan pembelian tiket ferry dan kapal laut di Indonesia, seperti proses booking yang rumit,  keterbatasan saluran pelayanan operator kapal, harga tiket yang mahal, muatan kapal yang seringkali melebihi kapasitas, dan lain-lain.

Marlin Booking sekarang ini bahkan juga sudah menyediakan layanan transportasi maritim yang lebih lengkap seperti mesin check in, boarding, manifest, payment point online bank (PPOB), hingga fintech. Tak sampai di situ, untuk mendukung visi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, Marlin Booking  juga bertekad mewujudkan digitalisasi maritim Indonesia dengan membangun super platform yang ke depannya menghadirkan port management, assets management, harbor management, dan warehouse management.

Namun impian Marlin Booking dalam melakukan digitalisasi sistem di seluruh pelabuhan dan jasa transportasi laut Indonesia tidak mudah, karena sistem  yang sekarang ada masih sangat manual dan tidak efisien, serta kurang transparan. Tak hanya itu, mereka juga harus bisa meyakinkan para operator ferry untuk bisa menjadi rekan Marlin Booking. Oleh karena itu, mereka berharap dukungan dari seluruh pihak, terutama dari birokrasi yang terlibat agar bisa terbuka dalam menerima solusi dan inovasi yang ditawarkan oleh Marlin Booking.

Belajar dari pengalaman yang mereka dapatkan, Marlin Booking mengajak generasi muda untuk bisa melihat masalah sebagai peluang dan tantangan untuk memberikan solusi terbaik untuk Indonesia.  Mereka juga mengajak generasi muda untuk bisa aktif terlibat dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat di berbagai bidang.


Related Blogs