Telkomsel | 14 Agustus 2019
0 shares

5 Aplikasi Cloud yang Bisa Diandalkan Kalau Memori Ponsel Penuh

Semakin modern, kapasitas smartphone memang semakin besar. Bila masih kurang pun sebagian besar smartphone menyediakan slot memori eksternal untuk menambah memori. Tetapi tentu repot ya, jika ada beberapa smartphone ingin mengakses file yang sama. 

5 Aplikasi Cloud yang Bisa Diandalkan Kalau Memori Ponsel Penuh

Terkadang mesti kirim file dulu atau memindahkan memori eksternal. Nah, beda lagi jika menggunakan media penyimpanan cloud. Solusi ini tak hanya mengatasi memori ponsel yang terlalu penuh, tetapi juga kemudahan untuk mengakses file dari berbagai perangkat. Yuk simak beberapa layanan cloud yang praktis dan banyak digunakan.

Box

Box merupakan layanan penyimpanan cloud yang baru yang bisa digunakan secara gratis untuk pengguna baru. Pengguna bisa menggunakan ruang 10 GB secara gratis untuk menyimpan data atau berbagai jenis file. Sementara dengan membayar $10 per bulan bisa mendapatkan ruang penyimpanan sebesar 100 GB. Bagi pengguna bisnis, rentang tarifnya antara $5 sampai $15 per bulan per pengguna. Sayangnya media penyimpanan ini tak bisa memberikan kapasitas lebih dari 100 GB.

Dropbox

Beberapa smartphone juga sudah terintegrasi dengan layanan ini, jika belum maka bisa mengunduhnya secara gratis. Layanan ini menyediakan ruang 2 GB secara gratis, dengan pilihan untuk membayar $9,99 jika ingin meningkatkan kapasitas menjadi 1 TB. Tersedia juga tarif $19,99 dengan kapasitas yang sama tetapi dengan tambahan fitur.

Google Drive

Sepertinya ini adalah layanan cloud yang paling banyak digunakan pada smartphone Android karena biasanya sudah terpasang otomatis pada smartphone. Pengguna otomatis mendapatkan kapasitas 15 GB secara gratis. Jika ingin meningkatkan kapasitas menjadi 100 GB, cukup bayar saja $1,99 per bulan.

Serunya layanan ini bisa ditingkatkan ke 1TB hanya dengan membayar $9,99, bahkan sampai 10 TB dengan membayar $99,99 per bulan. Kerennya lagi aplikasi interintegrasi juga dengan aplikasi office dari Google.

Microsoft OneDrive

Biasanya laptop yang menggunakan sistem operasi Windows secara otomatis mendapatkan layanan ini pada komputernya. Smartphone Android tentu saja juga bisa menggunakan aplikasi ini dengan mengunduhnya melalui Google Play Store. Pengguna akan mendapatkan kapasitas ruang penyimpanan cloud 5 GB secara gratis. Kapasitas ini dapat ditingkatkan menjadi 50 GB dengan membayar tarif $1,99 per bulan. Media penyimpanan OneDrive ini juga terintegrasi pada setiap paket langganan Office 365 dengan membayar $6,99 per bulan dan mendapatkan kapasitas 1 TB untuk satu perangkat. Jika ingin mendapatkan kapasitas 5 TB untuk lima perangkat, maka bisa berlangganan paket $9,99 per bulan.

CloudMAX

CloudMAX adalah layanan penyimpanan Cloud yang disediakan oleh Telkomsel. Layanan ini bisa digunakan di Android, iOS, Windows dan Mac. Pengguna bisa dengan mudah mengakses foto, video atau dokumen lainnya saat sedang di mana saja setiap saat. Cara berlangganan layanan ini praktis, pembayaran tarif bulanan dilakukan secara otomatis dengan memotong pulsa.

Kapasitas ruangan yang tersedia sampai 100 GB dengan tarif Rp22 ribu per bulan. Tarif yang diberlakukan CloudMAX per bulan beragam, mulai dari Rp5.500 untuk mendapat kapasitas 10 GB. Bila masih kurang, bisa upgrade ke paket Rp16.500 untuk mendapatkan kapasitas 50 GB.

Nah, setelah mengetahui beberapa pilihan media penyimpanan cloud yang populer, kira-kira mana yang kamu pilih?


Related Blogs