Teknologi 5G Bikin Aktivitas Pertambangan Semakin Canggih | Telkomsel
BAGIKAN

Teknologi 5G Bikin Aktivitas Pertambangan Semakin Canggih

Article
Teknologi 5G Bikin Aktivitas Pertambangan Semakin Canggih

Kemunculan teknologi jaringan 5G disambut antusias oleh para pelaku di sektor industri. Pasalnya, dengan segala keunggulan yang dibawa, 5G menawarkan kemajuan teknologi untuk Industri 4.0. Meski tidak sepenuhnya menggantikan teknologi yang ada, banyak yang berharap 5G bisa mendorong terciptanya lebih banyak inovasi dan keputusan strategis yang dapat menguntungkan perusahaan.

 

Ada banyak macam sektor industri yang diuntungkan dengan hadirnya 5G, salah satunya adalah sektor pertambangan (mining). Dengan memanfaatkan 5G, metode smart mining bisa diimplementasikan dengan lebih mulus. Apa saja ya keuntungan yang bisa didapatkan pelaku industri pertambangan jika memanfaatkan 5G? Yuk, langsung simak informasi berikut!

 

Apa sih Smart Mining?

 

Sekarang ini segala sesuatu yang terhubung atau terintegrasi dengan internet disebut dengan smart, misalnya televisi canggih disebut smart TV, lampu yang bisa dikontrol dari smartphone dijuluki smart lamp. Pada intinya semua hal yang mengusung konsep Internet of Things (IoT) bisa dikategorikan sebagai perangkat pintar.

 

Nah, tidak hanya berlaku di peralatan elektronik, konsep smart ini juga bisa diaplikasikan ke sebuah pertambangan yang kemudian disebut sebagai smart mining atau pertambangan pintar. Smart mining sendiri merupakan konsep untuk mengoptimalkan pertambangan dengan menggunakan implementasi AI (Artificial Intelligence), IoT, learning machine, hingga big data yang dipraktikan dalam kegiatan pertambangan.

 

Baca Juga: Peran 5G dalam Transformasi Digital Industri 4.0

 

Smart mining memungkinkan proses penambangan dilakukan secara aman dan nyaman melalui teknologi canggih yang dikendalikan dari jarak jauh, salah satunya menggunakan 5G smart drone monitoring. Di samping untuk mengurangi biaya operasional (efisiensi), smart mining juga dimanfaatkan untuk menguatkan aspek keselamatan para pekerja tambang. Berbagai macam solusi smart mining yang dapat digunakan antara lain:

 

  • Data Optimization and Machine Learning, di mana perusahaan berupaya untuk mengoptimalkan data yang digunakan dalam membuat model simulasi untuk secara akurat merencanakan operasi pertambangan.
  • 3D Imaging and Printing, membuat sebuah model berbentuk tiga dimensi deposit mineral yang dapat membantu menganalisa dan meningkatkan efisiensi kegiatan pertambangan, sehingga waktu yang terbuang lebih sedikit.
  • Drone Technology, penggunaan drone membantu pemetaan dan survei lapangan, terutama untuk pemetaan lapangan dengan kondisi sulit dijangkau manusia. Drone juga dapat dimanfaatkan untuk memonitor kegiatan pertambangan, sehingga meningkatkan keamanan dan efisiensi.
  • Automation, mengontrol kendaraan secara otomatis dan melakukan integrasi antar kendaraan dengan sistem komando, sehingga dapat mengurangi risiko nyawa.

 

Dengan sejumlah keunggulan yang disebutkan di atas, tidak sedikit dari pelaku industri pertambangan yang tertarik untuk mengimplementasikan smart mining. Namun yang perlu diingat, pengoperasian smart mining membutuhkan personel yang terlatih dan sarana infrastruktur jaringan yang memadai.

 

Baca Juga: Mengenal 5G dan Manfaatnya bagi Kita

 

Manfaat 5G untuk Smart Mining

 

Untuk mewujudkan konsep smart mining yang mumpuni dibutuhkan aksesibilitas infrastruktur jaringan yang memadai, salah satunya dengan mengandalkan jaringan 5G. Dengan perkembangannya saat ini, 5G memungkinkan semua aspek situs pertambangan menjadi lebih andal dalam hal komunikasi, koneksi internet yang lebih cepat, sampai menciptakan struktur IoT yang lebih mumpuni.

 

Semua kemampuan tersebut  sangat dibutuhkan, terlebih untuk situasi penambangan yang berisiko tinggi, seperti penambangan minyak lepas pantai. Karenanya, banyak para expertise di industri yang beranggapan bahwa implementasi 5G dalam industri pertambangan akan meningkatkan kinerja, namun tetap dengan biaya yang lebih rendah.

 

Bahkan, menurut Jack Fritz dan Nate Clark dari Deloitte’s 5G and Edge Computing menyebutkan bahwa 5G dalam industri pertambangan akan mengubah industri itu sendiri. Berikut sejumlah keuntungan smart mining dengan 5G:

 

  • Memonitor aktivitas real-time

5G dapat membantu perusahaan dalam memantau segala macam aktivitas yang terjadi secara real-time. Semua data dapat diintegrasikan untuk menciptakan kinerja yang aman dan lebih baik dengan biaya lebih rendah.

 

  • Penggunaan data real-time

Semua perusahaan pasti ingin memberikan yang terbaik kepada pelanggannya. Melalui pemanfaatan 5G, perusahaan dapat menggunakan data real-time untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada konsumen.

 

  • Lebih ramah lingkungan

Isu lingkungan kerap dikaitkan dengan pertambangan selama ini. Namun, 5G dapat memungkinkan peralatan mampu beroperasi dengan emisi yang lebih sedikit, sehingga dapat mengurangi dampak terhadap lingkungan.

 

  • Memudahkan operasional di area sulit dijangkau

Pengoperasian smart mining membutuhkan konektivitas yang kencang dan memiliki latensi rendah. Sebagai sebuah jaringan, 5G dapat hadir di tengah-tengah situs terpencil yang sering kali terkendala konektivitas.

 

Masih banyak potensi 5G yang bisa dikembangkan untuk kemajuan sektor industri lainnya. Sebagai digital ecosystem enabler, Telkomsel akan membuka peluang kolaborasi lebih luas guna mengakselerasi transformasi digital perusahaan melalui pemanfaatan teknologi berbasis 5G.