Telkomsel | 30 Agustus 2019
0 shares

                         Sebarkan Semangat Kemerdekaan Secara Digital

Di bulan Agustus biasanya semangat perayaan hari kemerdekaan sudah berkobar di mana-mana. Perayaan hari kemerdekaan biasanya dilakukan dengan upacara dan penyelenggaraan berbagai lomba di lingkungan warga. Sepanjang jalan dan perumahan pada umumnya dihias dengan dekorasi khas merah putih dan umbul-umbul, tidak lupa juga untuk memasang bendera tentunya.

Nah, di era modern dengan teknologi yang semakin maju, hal tersebut masih dilakukan, tetapi tentunya dari segi teknologi pun kita bisa mengobarkan dan menyebarkan semangat kemerdekaan. Ada banyak hal yang bisa dilakukan.

Bagi yang hobi bermain media sosial, bisa menghias foto profil dengan frame atau filter yang bertemakan kemerdekaan Indonesia. Biasanya pada media sosial seperti Facebook dan Twitter bisa juga membuat banner dengan foto keren untuk mempercantik halaman profil. Layaknya memberikan ucapan selamat hari raya keagamaan atau perayaan lain, buatlah foto keluarga dengan nuansa kemerdekaan yang disertai dengan ucapan pembangkit nasionalisme.

Profil di instant messenger pun dapat diubah dengan yang memiliki semangat kemerdekaan. Serunya lagi di instant messenger masa kini bisa juga mencari stiker bergambar lucu-lucu yang bertemakan semarak kemerdekaan. Jadi selama Agustusan bisa memakai stiker yang mengusung semangat nasionalisme ini. Jika ingin dilanjutkan pun tak masalah.

Sebarkan Semangat Kemerdekaan Secara Digital

Jika senang sejarah, bisa juga mencari artikel-artikel mengenai perjuangan bangsa Indonesia untuk di-share atau dibagikan di sosial media. Ada banyak kisah para pahlawan yang menarik lho. Ingin menonton filmnya juga bisa. Kebetulan di bulan Agustus ini ada dua film perjuangan yang diangkat dari novel garapan Pramoedya Ananta Toer, yaitu “Bumi Manusia” dan “Perburuan”.

Kendati bukan novel biografi sejati, tetapi tokoh yang diangkat di “Bumi Manusia” terinspirasi kisah Tirto Adhi Suryo. Setelah menonton film tersebut, bisa membuat resensinya dan dibagikan di media sosial. Paling tidak membantu juga membuat teman-teman tertarik menonton film perjuangan ini. Kalau budget kurang mencukupi untuk nonton di bioskop, bisa mencari film perjuangan lain di aplikasi MaxStream. Jangan lupa untuk berbagi juga dengan teman agar bisa turut menikmat film yang ditonton.

Pembangkit semangat lainnya tentu tak lepas dari musik. Nah ada banyak koleksi musik perjuangan di Langit Musik, salah satunya adalah dari band Cokelat. Sambil mendengarkan, bisa juga berbagi musik dengan semangat nasionalisme ini ke teman-teman di media sosial.


Related Blogs