Nuxcle, Best of The Best Startup NextDev 2023 yang Fokus Kurangi Emisi Karbon Kendaraan | Telkomsel
BAGIKAN

Nuxcle, Best of The Best Startup NextDev 2023 yang Fokus Kurangi Emisi Karbon Kendaraan

Article
Nuxcle, perusahaan rintisan yang bergerak di bidang kendaraan listrik

Kendaraan listrik mengalami perkembangan pesat dalam beberapa tahun terakhir, Semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk beralih dari kendaraan berbahan bakar fosil ke kendaraan yang ramah lingkungan ini. Kendaraan listrik adalah kendaraan yang menggunakan  motor listrik sebagai sumber tenaga utamanya, berbeda dengan kendaraan konvensional yang menggunakan mesin berbahan bakar fosil. Motor listrik pada kendaraan ini ditenagai oleh baterai yang bisa diisi ulang, yang biasanya menggunakan listrik dari sumber daya yang terbarukan seperti listrik tenaga surya atau angin.

 

Perkenalkan Nuxcle!

 

Nuxcle, perusahaan rintisan yang berfokus pada pengembangan kendaraan listrik, dinobatkan sebagai Best of the Best Startup dalam Program NextDev tahun ke-8 yang diselenggarakan oleh Telkomsel. Nuxcle berhasil merancang berbagai kendaraan listrik yang berkualitas dan fungsional dengan harga yang lebih terjangkau.

 

CEO Nuxcle, Arif Fajar Saputra, menjelaskan jika Nuxcle didirikan dari keinginannya untuk membeli electric skateboard di luar negeri. Niat tersebut lantas ia urungkan karena harganya yang cukup mahal, mencapai sekitar 45 juta. Berangkat dari situ akhirnya Arif dan partner melakukan proyek DIY (Do It Yourself) electric skateboard yang ternyata harganya sangat affordable. Pada 2018, Nuxcle mendapatkan tiga pesanan electric scooter pertamanya saat ia membawa scooter tersebut ke event Car Free Day (CFD). 

 

Nuxcle EV

 

Saat ini, Nuxcle telah mengembangkan kendaraan listrik berupa skateboard listrik dengan brand @zuboard, Electric Bikes (Prototype), dan Electric Scooter (Prototype). Ada juga layanan konversi kendaraan listrik untuk kendaraan roda dua konvensional (Two Wheel Vehicles) di Indonesia. Dengan layanan ini, pemilik kendaraan bermotor dapat melakukan konversi kendaraan listrik sehingga tidak perlu membeli kendaraan listrik baru. Langkah ini selain cenderung lebih murah namun juga dapat meminimalisir dampak tumpukan sampah di masa depan.

 

Saat final pitch NextDev di hadapan para juri, Arif mengatakan bahwa dengan Nuxcle masyarakat dapat menghemat biaya bulanan untuk belanja bahan bakar hingga 5x lipat. Para juri turut mengapresiasi inovasi yang dibuat oleh Nuxcle karena bisa berkontribusi dalam upaya menjaga lingkungan berkelanjutan dan memperlambat laju pemanasan global dengan menerapkan proses reducing, reusing, dan recycling.

 

Baca Juga: Telkomsel Nobatkan Startup NUXCLE sebagai Best of The Best Program NextDev Tahun ke-8

 

Adapun manfaat kendaraan listrik lainnya adalah:

 

1. Ramah Lingkungan

Salah satu manfaat utama kendaraan listrik adalah bahwa mereka tidak menghasilkan emisi langsung saat digunakan. Ini berarti kendaraan listrik membantu mengurangi polusi udara dan mengurangi dampak negatif pada lingkungan dan kesehatan manusia. Dalam era di mana perubahan iklim menjadi perhatian utama, kendaraan listrik adalah langkah penting menuju transportasi yang berkelanjutan.

 

2. Efisiensi Energi

Kendaraan listrik memiliki efisiensi energi yang lebih tinggi dibandingkan dengan kendaraan bermesin pembakaran dalam. Mesin listrik memiliki konversi energi yang lebih baik, yang berarti lebih sedikit energi yang terbuang sebagai panas. Selain itu, regenerasi energi saat pengereman juga memungkinkan kendaraan listrik untuk mengumpulkan kembali energi kinetik dan mengubahnya menjadi energi listrik yang dapat disimpan dalam baterai.

 

Kendaraan listrik EV Nuxcle

 

3. Biaya Operasional Lebih Rendah

Kendaraan listrik memiliki biaya operasional yang lebih rendah dalam jangka panjang. Biaya untuk mengisi ulang baterai jauh lebih murah dibandingkan dengan membeli bahan bakar fosil. Selain itu, kendaraan listrik memiliki kurang suku cadang yang perlu diganti secara berkala, seperti oli mesin, busi, atau sistem knalpot.

 

4. Inovasi Teknologi

Kendaraan listrik juga mendorong inovasi teknologi dalam industri otomotif. Banyak produsen kendaraan berlomba-lomba untuk mengembangkan teknologi baru, seperti baterai yang lebih tahan lama, pengisian baterai yang lebih cepat, dan kendaraan otonom yang lebih pintar. Ini berarti kita bisa melihat peningkatan dalam performa dan fungsionalitas kendaraan listrik di masa depan.

 

Nuxcle menjadi bukti nyata bahwa inovasi bisa menjadi jawaban dari permasalahan lingkungan yang kerap mengintai. Kendaraan listrik akan berkontribusi dalam mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil dan menjaga keberlanjutan lingkungan bagi generasi yang akan datang. 

 

NextDev 2023 sebagai salah satu program CSR Telkomsel telah memasuki tahun ke-8 dimana sejak 2015 program ini telah diikuti lebih dari 6.200 startup digital di seluruh Indonesia dan melibatkan 275 expert mentor untuk ikut meningkatkan kompetensi tiap startup. Pada tahun ini, ada 250 startup yang mendaftar, dimana tim mentor dan internal Telkomsel menyeleksi menjadi 40 startup hingga akhirnya 12 startup terbaik yang berhak mengikuti program inkubasi ini. 

 

Dukungan yang diberikan Telkomsel melalui NextDev, akan menjadi dorongan yang sangat berarti bagi perkembangan perusahaan-perusahaan rintisan di Indonesia agar memiliki fundamental yang kuat hingga dapat tumbuh dan mampu memberi dampak perubahan yang baik serta berkelanjutan.