MWC 2023 Barcelona Jadi Bukti Komitmen Telkomsel untuk Terus Berkolaborasi dalam Adopsi Teknologi Digital Terdepan | Telkomsel
BAGIKAN

MWC 2023 Barcelona Jadi Bukti Komitmen Telkomsel untuk Terus Berkolaborasi dalam Adopsi Teknologi Digital Terdepan

Article
Telkomsel menjalin kerja sama dengan pemangku kepentingan di level global untuk buka peluang eksplorasi teknologi.

Mobile World Congress (MWC) merupakan ajang pertemuan tahunan terbesar dan paling berpengaruh di industri telco dan teknologi. Diselenggarakan di Barcelona, Spanyol pada 27 Februari hingga 2 Maret 2023, acara ini mempertemukan para pemain kunci di ekosistem telco dan digital dari seluruh dunia.

 

Telkomsel ikut ambil bagian penting dalam acara MWC 2023 dengan kolaborasi bersama para pemangku kepentingan di level global. Kerja sama yang terjalin diharapkan dapat memperkuat peta jalan transformasi Telkomsel untuk terus berinovasi, memberikan layanan terbaik untuk pengguna, serta berkontribusi pada perkembangan ekonomi digital di Indonesia.

 

Kolaborasi Telkomsel di MWC 2023 diawali dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Huawei. Telkomsel dan Huawei melakukan kolaborasi eksplorasi teknologi dengan mengadopsi "GUIDE to Future Telco" serta pengembangan talenta Telkomsel di bidang Digital Leadership Transformation dan Digital Technology Transformation. Kolaborasi ini menunjukkan komitmen kedua perusahaan untuk mendorong inovasi teknologi dan meningkatkan ekosistem digital di Indonesia.

 

Baca Juga: Solusi Intelligent Urban Mobility Telkomsel Raih Penghargaan Global TD-LTE Initiative (GTI) Awards 2023, Konsisten Hadirkan Layanan dan Solusi Digital Inovatif

 

Tidak hanya itu, Telkomsel juga melakukan penandatanganan MoU dengan beberapa  pelaku industri telekomunikasi lainnya, seperti ZTE Corporation serta Ericsson dan Qualcomm. Kolaborasi ini berfokus untuk mengakselerasi peluang pemanfaatan layanan 5G di Indonesia di berbagai sektor.

 

Telkomsel MWC 2023

 

Bersama dengan ZTE Corporation, Telkomsel akan melakukan uji coba penggunaan jaringan 5G di kawasan maritim Indonesia. Ketersediaan konektivitas di wilayah maritim potensial akan berdampak positif pada perkembangan sektor perikanan dan wisata bahari serta memenuhi permintaan akses komunikasi di kawasan ekonomi strategis lainnya sebagai negara kepulauan. Kedua pihak juga akan mengembangkan inovasi berbasis 5G untuk segmen enterprise. Salah satu peluang yang sedang dijajaki adalah studi dan kajian bersama mengenai teknologi 5G Air-to-Ground bagi industri penerbangan.

 

Kolaborasi terkait 5G lainnya dilakukan Telkomsel bersama Ericsson dan Qualcomm. Ketiga perusahaan akan menginsiasi uji coba teknologi Fixed Wireless Access Berbasis 5G dengan menggunakan spektrum frekuensi baru 3,5 GHz dan 26 GHz yang telah diizinkan penggunaan uji cobanya oleh Kementerian Kominfo RI. 

 

Baca Juga: Telkomsel Raih Tiga Penghargaan Ookla® Speedtest Awards™ 2022, Wujud Komitmen Hadirkan Kapabilitas Broadband Terdepan Hingga Pelosok Negeri

 

Untuk memperkuat posisinya di industri telekomunikasi lewat ragam inovasi yang berkelanjutan, Telkomsel terus mengeksplorasi pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam operasional bisnis. Dengan kolaborasi bersama Microsoft, Telkomsel akan mengintegrasikan Microsoft Azure AI ke dalam platform marketing Telkomsel untuk menciptakan pengalaman yang lebih personal dan lebih baik bagi pelanggan.

 

Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam bersama BoD lain turut hadir dalam rangkaian agenda MWC 2023. Memastikan bahwa hadirnya Telkomsel pada event ini adalah sebagai bentuk komitmen sebagai digital enabler terdepan di Indonesia. 

 

“Telkomsel telah menghadirkan cakupan konektivitas digital terluas hingga pelosok negeri, konsisten untuk melampaui batas dalam membuka lebih banyak potensi kemajuan negeri melalui penguatan pengalaman gaya hidup digital masyarakat Indonesia yang inklusif dan berkelanjutan dengan dukungan pemanfaatan akses konektivitas mobile broadband berteknologi terkini,” ucapnya. 

 

Baca Juga: Telkomsel Integrasikan Microsoft Azure Artificial Intelligence, Hadirkan Pengalaman Digital Terdepan Bagi Pelanggan

 

Dalam kesimpulannya, keikutsertaan Telkomsel dalam MWC 2023 menunjukkan komitmen perusahaan dalam meningkatkan kualitas layanan telekomunikasi di Indonesia melalui inovasi teknologi terbaru dan kolaborasi dengan pemain industri lainnya untuk memperkokoh digitalisasi bangsa di seluruh aspek kehidupan.