Telkomsel | 15 Agustus 2019
0 shares

Melindungi Anak dari Kecanduan Gadget

Konten yang beredar di internet begitu beragam, mulai dari yang bermanfaat sampai yang merusak jiwa dan mental. Konten kekerasan, pornografi, asusila dan juga ujaran perundungan atau bullying tentunya bisa merusak mental seorang anak. Nah, agar wilayah internet tetap aman bagi anak-anak, dibutuhkan perlindungan yang mencakup pengawasan dan pengendalian orang tua.

Ada begitu banyak aplikasi parental control yang bisa dipakai untuk mengendalikan konten internet yang bisa diakses oleh anak. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah Family Protect dari Telkomsel. Aplikasi Family Protect ini merupakan hasil kolaborasi dengan Family Zone, perusahaan Australia yang spesialisasinya keamanan internet.

 Familiy Protect merupakan aplikasi mobile yang memungkinkan orang tua untuk memantau dan mengendalikan kegiatan anak-anak di smartphone. Hal ini dilakukan untuk melindungi mereka dari konten-konten yang tidak pantas.

Aplikasi ini bisa diunduh dengan membuka Google Play Store dan menggunakan ”Family Protect” sebagai kata kunci pencarian aplikasi. Pengunduhan aplikasi juga bisa dilakukan dengan menekan kode USSD *500*56#, maka akan ada SMS berisi tautan untuk menguduh aplikasi dari Google Playstore beserta kode aktivasi.

Setelah mengunduh dan membuat akun pada smartphone, maka unduh aplikasi Family Protect Anak pada perangkat yang digunakan anak. Masukkan kode aktivasi yang diterima pada aplikasi orang tua, lalu lengkapi pendaftaran sesuai instruksi. Setelah selesai, maka perangkat anak pun kini sudah terlindungi.

Melindungi Anak dari Kecanduan Gadget

Family Protect menyediakan versi trial untuk mencoba layanan secara gratis yang berlaku selama 30 hari. Dengan mencoba versi trial maka bisa mengalami sendiri cara mengoperasikan aplikasi dan memperoleh manfaatnya. Jika ingin berlangganan, maka tersedia paket Basic dengan tarif Rp8.800 per bulan untuk melindungi satu perangkat. Jika ingin melindungi dua perangkat, maka gunakan paket Extra dengan tarif Rp13.200 per bulan.

Fitur Safe Content pada aplikasi berfungsi untuk menyingkirkan konten negatif atau konten dewasa, memblokir situs dan membatasi pencarian pada Google, Bing dan YouTube berdasarkan kata-kata kunci tertentu. Sementara itu Manage App berfungsi untk memblokir pengunduhan dan mematikan pembelian aplikasi.

Agar anak tidak terlalu banyak melakukan kegiatan dengan perangkatnya, maka ada fitur Manage Screen Time. Orang tua pun bisa mengelola akses ke perangkat anak seperti kamera dengan fitur Device Feature Manager.

Telkomsel juga terus mengajak kita semua dalam gerakan sehat berinternet untuk mencapai ekosistem digital yang konstruktif melalui kampanye #internetBaik. Gerakan tersebut merupakan sosialisasi dan edukasi bagi orang tua, anak-anak dan guru di sekolah untuk memanfaatkan internet dengan cara yang BAIK. BAIK sendiri merupakan singkatan dari Bertanggungjawab, Aman, Inspiratif, dan Kreatif.

 


Related Blogs