Telkomsel | 19 Juli 2019
3 shares

      Masa Depan Media Digital dan Potensi Karir di Industri Ini

Perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat kecepatan perubahan cara mengonsumsi media pun sangat cepat. Teknologi memungkinkan cara-cara baru untuk berinteraksi dengan media. Saking cepatnya, sepertinya sulit untuk menebak apa yang akan terjadi dalam enam bulan mendatang. Kendati demikian tren saat ini bisa dilihat dan setidaknya data tersebut bisa dijadikan acuan untuk memprediksi masa depan dari media. Jika mengacu pada statistik, maka masa depan media akan beralih ke media digital.

Secara definisi, media digital adalah format konten yang dapat diakses oleh perangkat-perangkat digital. Media digital ini bisa berupa website, media sosial, gambar dan video digital, audio digital dan lain-lain.

Tren dan perilaku pengguna bisa digunakan untuk memperkirakan masa depan media digital dan industri advertising. Pada umumnya orang-orang yang lebih tua lebih banyak menggunakan media tradisional, sementara generasi milenial yang usianya di bawah 40 lebih memilih memakai media digital. Nah, 10 tahun mendatang, ketika para generasi milenial menjadi konsumen media mayoritas, maka seluruh channel tradisional pada akhirnya akan menjadi saluran digital.

Berdasarkan data Maret 2018 dari eMarketer, belanja iklan digital pada tahun 2018 mencapai 43,5% dari keseluruhan belanja. Tetapi belanja iklan digital ini akan mengalahkan media tradisional pada tahun 2021, yaitu sebesar 52,1%.

Masa Depan Media Digital dan Potensi Karir di Industri Ini

Nantinya teknologi akan memungkinkan semua orang untuk mengonsumsi berbagai jenis konten yang berbeda dan juga membuat koten. Setidaknya dalam 10-15 tahun, teknologi akan mengubah perilaku manusia dan akan lebih berubah lagi di masa depan. Dengan berubahnya cara mengonsumsi konten maka media tradisional pun akan berubah.

Media digital akan menggunakan model distribusi konten yang menyebarkan informasi secara real time. Jeda waktu dalam menyebarkan informasi akan semakin kecil dan pada akhirnya lenyap. Konten yang dibuat oleh konsumen akan semakin populer pada saluran media digital. Munculnya teknologi-teknologi baru akan mengubah sarana untuk menyalurkan kreativitas. Nantinya akan banyak model bisnis baru yang berasal dari perkembangan media digital.

Seiring dengan pesatnya perkembangan media digital, maka kampus-kampus di seluruh dunia pun menghadirkan kelas media digital profesional. Mahasiswa mahasiswi memiliki banyak pilihan gelar, mulai dari Diploma sampai Master. Dengan menyelesaikan kelas tersebut, berbagai kesempatan bekerja pun akan terbuka. studi mengenai teknologi informasi atau komunikasi dapat meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan bayaran yang tinggi pada industri ini. Tetapi tentu saja tergantung pada minat dan aspirasi. 

Pilihan karir yang menarik pada media digital adalah manajer advertising, manajer komunikasi, manajer e-business atau e-commerce, manajer marketing, manajer media sosial, manajer komunikasi marketing online, dan manajer digital branding. Nah, jadinya kira-kira profesi mana yang akan kamu pilih untuk ikut mengikuti tren media digital ini?


Related Blogs