Listrik Mendadak Mati? Pakai Aja Envion! | Telkomsel
BAGIKAN

Listrik Mendadak Mati? Pakai Aja Envion!

Article
Listrik Mendadak Mati? Pakai Aja Envion!

Hayoo..siapa di sini yang sering ngalamin pemadaman listrik? Nggak enak banget kan? Lagi asik-asiknya kerja, eh tiba-tiba listrik mati.

 

Kalem gaes! Telkomsel punya solusi jitu melalui Internet of Things (IoT) Energy Visibility Solution (Envion). IoT Envion ini merupakan sistem pemantauan energi listrik secara real-time berbasis Artificial Intelligence (AI) yang dapat mengotomasi dan mengoptimalkan sistem manajemen energi listrik untuk mendukung operasional perusahaan menjadi lebih efektif dan produktif. Nggak hanya itu, IoT Envion juga memiliki fungsi sistem mitigasi yang dapat memberi peringatan jika terjadi problem di lapangan, Dengan kata lain, kamu bisa dengan mudah memantau penggunaan dan tagihan listrik secara tepat dan akurat, sehingga kamu nggak perlu worried.

 

Pentingnya Memonitor Penggunaan Listrik

Kenapa sih kita perlu memonitor penggunaan listrik?

 

1. Menghindari risiko pencurian listrik

Pencurian listrik cukup sering terjadi di lokasi terpencil yang minim pengawasan secara fisik. Di sinilah, Telkomsel IoT Envion hadir dengan solusi pemantauan otomatis terhadap setiap kWh yang digunakan. Jadi, kalau tiba-tiba ada lonjakan penggunaan listrik yang tidak lazim, maka sistem akan segera mengirimkan peringatan kepada operator secara real time. Mantap banget sih ini.

 

2. Biaya konsumsi listrik lebih efisien

Nggak mau dong bisnis terbebani karena tagihan listrik terus-terusan membengkak tanpa sebab? Nah, Telkomsel IoT Envion punya cara jitu untuk mengatasinya, yakni melalui otomasi rekap data yang tepat sebagai cara referensi silang tagihan. Sistem ini dilengkapi sensor tambahan guna mengetahui secara akurat kapan dan di mana penggunaan listrik terjadi. Dengan demikian, kamu bisa tahu tuh perangkat mana saja yang kira-kira menggunakan daya paling tinggi.

 

3. Mitigasi saat cadangan daya bermasalah lebih responsif

Menjaga kualitas genset sebagai cadangan daya sangat lah penting. Jangan sampai operasional bisnis terhenti hanya gara-gara genset rusak. Nah, dengan IoT Envion kamu dapat memastikan genset mendapat perawatan yang baik melalui pemantauan jarak jauh, bahkan saat tiba-tiba mengalami gangguan sekalipun. Jadi, kamu tidak perlu mengecek manual hanya untuk mengetahui kondisi genset.

 

Baca Juga: Akselerasikan Transformasi Industri, Telkomsel Terapkan Teknologi NB-IoT untuk Solusi Smart Water Meter

 

Implementasi IoT Envion di Indonesia

 

Well, setelah mengetahui beberapa kecanggihan IoT Envion, gimana menurut pendapat kamu? Canggih banget nggak tuh, sob? Nggak heran sih, keunggulan dari IoT Envion ini menarik minat Telkominfra untuk memanfaatkannya sebagai solusi guna mendukung kebutuhan Data Center, di mana keberlangsungannya sangat bergantung pada pasokan listrik sebagai sumber energi.

 

Ke depan, Telkomsel akan terus melakukan pengembangan teknologi IoT Envion agar dapat dimanfaatkan di berbagai sektor industri, antara lain operator telekomunikasi, industri pabrik, tower provider, perbankan dan finansial, hingga ritel.  Harapannya tentu saja supaya IoT Envion bisa menjadi solusi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional di segmen korporasi.

 

Buat kamu yang kepo dengan inovasi Telkomsel IoT lainnya bisa mengunjungi www.telkomseliot.com.

Article
Listrik Mendadak Mati? Pakai Aja Envion!
Article
Article
Article
Article
close
Article Image
Article Image
Article Image
Article Image
Article Image
Article Image
Article Image
Article Image