Telkomsel | 24 Maret 2020
0 shares

Hoax atau Bukan?
Ini Cara Mengecek Kebenaran Info Virus Corona

Hoax atau Bukan? Ini Cara Mengecek Kebenaran Info Virus Corona

Sejak wabah COVID-19 masuk ke Indonesia, banyak kabar mengenai virus Corona yang bersliweran di media sosial dan aplikasi pesan instan, terutama di grup WhatsApp keluarga atau pertemanan. Yang jadi masalah adalah kita, sebagai orang awam, tidak tahu bagaimana kebenaran kabar-kabar tersebut. Apakah informasi tersebut valid atau akurat? Untungnya saat ini banyak pihak yang berinisiatif untuk membantu masyarakat melakukan klarifikasi atas informasi yang beredar tersebut. Berikut ini beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memeriksa kebenaran informasi mengenai virus Corona:

Chatbot WhatsApp WHO Health Alert

Baru-baru ini World Health Organization (WHO) bekerjasama dengan WhatsApp dan Facebook merilis layanan pesan instan berisi informasi yang berguna untuk melindungi kita dari virus Corona. Selain informasi mengenai berita terkini dan tips kesehatan, layanan ini juga menyediakan fitur cek kebenaran informasi mengenai virus Corona.

Kamu cukup menyimpan nomor +41794752209 di ponsel kamu atau dengan klik link berikut ini, kemudian ketik “Hi” untuk mulai perbincangan di WhasApp. Setelah mendapat jawaban, pilih menu nomor 4 “Mythbusters”. Dalam waktu singkat, kamu akan mendapatkan sejumlah fakta kesehatan tentang virus Corona. Kamu juga bisa mengecek fakta selengkapnya di situs resmi WHO berikut.

Chatbot WhatsApp U-Report UNICEF Indonesia

The United Nations Children's Fund (UNICEF) Indonesia menyediakan layanan U-Report, yang merupakan wadah komunikasi dari UNICEF agar anak muda bisa mendapat informasi dan menyuarakan pendapatnya. Saat ini U-Report digunakan sebagai salah satu portal informasi dari UNICEF untuk memberikan info akurat tentang virus Corona.

Kamu bisa mengecek kebenaran informasi mengenai virus Corona dengan langkah-langkah berikut:

  1. Klik tautan: https://bit.ly/infocovid-19 yang akan membawamu ke WhatsApp U-Report atau simpan nomor WhatsApp U-Report: +628119004567
  2. Kirim pesan di WhatsApp U-Report: corona

    Jika ini pertama kalinya kamu mengakses wadah U-Report, kamu perlu memberikan tiga info singkat: usia, jenis kelamin, dan kota domisili yang dibutuhkan untuk pemetaan profil responden yang telah mengakses data ini

  3. Pilih menu F mengenai misinformasi seputar virus Corona yang baru

Chatbot WhatsApp Hoax Buster dan turnbackhoax.id (Mafindo)

Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) adalah organisasi relawan yang memiliki misi untuk memberantas hoax di Indonesia. Khusus pengecekan akurasi informasi mengenai virus Corona, Mafindo menyediakan dua kanal, yakni chatbot WhatsApp Hoax Buster di nomor +6285921600500 dan situs turnbackhoax.id. Untuk memeriksa kebenaran informasi melalui WhatsApp, cukup ketik “corona”, lalu kita akan menerima hasil cek fakta terkini mengenai topik tersebut. Sementara itu, pada situs turnbackhoax.id, kita bisa menemukan kompilasi post periksa fakta yang berkaitan dengan virus Corona yang dilakukan Mafindo.

Situs Resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

Kementerian Kominfo memiliki satu portal di situs resminya yang terus meng-update masyarakat dengan klarifikasi informasi apabila ada hoax atau misinformasi yang beredar. Kamu bisa mengecek validitas kabar mengenai virus Corona versi Kementerian Kominfo di sini.

Itu tadi beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memeriksa kebenaran kabar mengenai virus Corona. Memang sebaiknya kita melakukan kroscek terlebih dahulu atas semua informasi yang kita terima. Jangan sampai kita termakan informasi yang tidak akurat yang tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya. Silakan sebar tips ini di akun media sosial atau grup WhatsApp yang kamu punya, agar lebih banyak orang yang teredukasi untuk mengecek kebenaran informasi yang mereka terima. Ingat, saat terima informasi, saring dulu ya!


Related Blogs