Hari Film Nasional: Rayakan dengan Menonton Film Karya Anak Bangsa Yuk! | Telkomsel
BAGIKAN

Hari Film Nasional: Rayakan dengan Menonton Film Karya Anak Bangsa Yuk!

Article
Hari Film Nasional

Hari Film Nasional yang diperingati setiap tanggal 30 Maret merupakan momen untuk memperingati film Indonesia pertama dengan judul “Darah dan Doa” karya Usmar Ismail yang diproduksi pada tahun 1950.

 

Sebelumnya, “Loetoeng Kasaroeng” yang dirilis pada tahun 1926 diakui sebagai film pertama di Indonesia, tapi film tersebut dibuat oleh sutradara Belanda, G. Kruger dan L. Heuveldorp. Hingga akhirnya, muncul film “Darah dan Doa” yang diproduksi oleh Perfini (Perusahaan Film Nasional Indonesia) dan disutradarai oleh Usmar Ismail yang berdarah asli Indonesia.

 

Sejak saat itu, “Darah dan Doa” menjadi simbol awal dari semangat baru dalam perkembangan industri film nasional yang lebih independen. Sebagai penghormatan atas prestasi tersebut, tanggal 30 Maret pun kemudian ditetapkan sebagai Hari Film Nasional.

 

Namun, pemerintah baru secara resmi menetapkannya pada tahun 1999 melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 25 tahun 1999 yang disahkan oleh Presiden BJ Habibie pada 29 Maret 1999.

 

Film “Darah dan Doa” pun benar-benar bersejarah untuk perfilman Indonesia karena sebelumnya kita hanya bisa menonton film dari luar negeri di bioskop lokal.

 

Adanya Hari Film Nasional bertujuan untuk menghormati dan mengingat kembali jasa dan kontribusi Usmar Ismail dan teman-temannya yang telah berperan besar dalam membangun sinema Indonesia.

 

Selain itu, momen ini diharapkan dapat mendorong orang-orang di industri perfilman Indonesia untuk terus membuat film yang berkualitas yang mampu bersaing di kancah internasional dan tentunya bikin negara makin bangga.

 

Dengan demikian, Hari Film Nasional juga menjadi simbol penting dari perjalanan panjang industri film di Indonesia, sekaligus mengingatkan kita semua tentang pentingnya terus mendukung dan mengapresiasi karya-karya anak bangsa.

 

Nah, ada banyak cara untuk merayakan Hari Film Nasional! Salah satunya dengan menonton film karya anak bangsa. Dengan menonton film lokal, artinya kita sudah mendukung perkembangan perfilman dalam negeri karya anak bangsa.

 

Telkomsel sebagai digital platform enabler, mengajak pelanggan untuk mendukung film karya anak bangsa dengan menonton film orisinal di MAXstream. Untuk memaksimalkan pengalamanmu dalam merayakan Hari Film Nasional, Telkomsel menawarkan berbagai paket menarik yang bisa kamu gunakan untuk menonton film-film favoritmu di MAXstream.

 

Dengan paket-paket tersebut, kamu tidak hanya bisa menikmati karya terbaik sineas dalam negeri, tapi juga mendukung industri perfilman nasional secara langsung.

 

Setiap paket disiapkan untuk memberikan pengalaman menonton yang optimal sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kamu. Untuk mendapatkan paket ini, kamu bisa langsung mengakses aplikasi MyTelkomsel dan pilih paket MAXstream yang sesuai dengan keinginanmu.

 

Yuk, rayakan Hari Film Nasional dengan menonton film-film karya anak bangsa di MAXstream dan bikin industri perfilman kita makin maju!