Telkomsel | 18 September 2020
2 shares

Hard Skill dan Soft Skill, Mana yang Lebih Penting di Dunia Kerja?

Hard Skill dan Soft Skill, Mana yang Lebih Penting di Dunia Kerja?

Saat melamar pekerjaan, kamu pasti sering mendengar istilah hard skill dan soft skill. Kedua hal tersebut kerap menjadi syarat dasar yang dicari para perusahaan saat membuka lowongan pekerjaan. Seperti apa hard skill dan soft skill itu? Berikut penjelasannya.

Hard skill dan soft skill merupakan bentuk keterampilan yang harus dimiliki oleh tiap pelamar kerja.  Hard skill adalah kemampuan spesifik dan pengetahuan akan suatu bidang yang dimiliki oleh seseorang. Beberapa contoh hard skill adalah keterampilan desain untuk designer grafis, kemampuan menulis untuk editor buku atau copy writer, dan masih banyak lainnya.

Kemampuan hard skill menjadi keahlian utama yang wajib kamu miliki saat akan melamar pekerjaan di bidang tertentu. Bila memiliki kemampuan hard skill sesuai yang dibutuhkan oleh perusahaan, kamu akan dapat mengerjakan berbagai pekerjaan dengan baik.

Sementara soft skill adalah atribut atau kemampuan terkait dengan kecerdasan emosional yang dimiliki oleh seseorang. Soft skill mencakup kepribadian, kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi, keramahan, optimisme, dan kemampuan terkait hubungan interpersonal lainnya. 

Tidak semua perusahaan mencantumkan soft skill dalam persyaratan lamaran. Biasanya hanya untuk pekerjaan yang memang terkait komunikasi atau hubungan masyarakat. Meski begitu, kamu bisa coba mencari tahu tentang soft skill yang diinginkan perusahaan dengan bertanya pada pegawai atau melihat-lihat di website resmi perusahaan tersebut.

Hard skill vs Soft skill, Mana yang Lebih Penting?

Hard skill dan soft skill, keduanya sama-sama menjadi penilaian keterampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan.  Jadi, keterampilan mana yang paling penting dalam mencari pekerjaan?

Jawabannya adalah keduanya. Hard skill maupun soft skill, keduanya merupakan hal penting dalam dunia kerja. Hard skill mumpuni tanpa attitude atau soft skill yang baik tapi tidak disertai kompetensi bisa dibilang seperti tong kosong nyaring bunyinya.

Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir bila merasa belum memiliki dua keterampilan tersebut. Kamu bisa mengasah keterampilan hard skill dan soft skill ini dengan beberapa cara. Mulai dari belajar secara otodidak dengan mengandalkan internet, magang, mengikuti kelas online, mentoring, program sertifikasi, hingga pelatihan.

Saat ini tidaklah sulit untuk menemukan pelatihan yang dapat mengasah keterampilan hard skill dan soft skill mu. Salah satunya melalui program IndonesiaNEXT.

Baca juga: IndonesiaNEXT Siap Cetak SDM Unggul Penggerak Roda Kemajuan Bangsa

IndonesiaNEXT bantu mahasiswa dan pelajar tingkatkan keterampilan hard skill dan soft skill

Menyadari pentingnya keterampilan hard skill dan soft skill dalam dunia kerja, Telkomsel berinisiatif memberikan program pelatihan yang diberi nama IndonesiaNEXT. Melalui program ini, Telkomsel membekali para mahasiswa dan siswa/i SMK di Indonesia dengan berbagai pelatihan hard skill dan soft skill yang akan memperkaya keterampilan para peserta agar siap bersaing di dunia kerja.

Berbagai pelatihan hard skill tersebut ialah penguasaan berbagai software yang sangat berguna di dunia kreatif, yakni Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe InDesign, Adobe Premiere, hingga materi tingkat lanjut untuk penggunaan Microsoft Office (Microsoft Word, Powerpoint, dan Excel). Setelah mendapat pelatihan tersebut, seluruh peserta akan mendapatkan sertifikasi internasional yang dikeluarkan langsung oleh Adobe dan Microsoft.

Sedangkan untuk pembekalan soft skill, para peserta akan mendapatkan pelatihan yang akan sangat berguna dalam bidang apapun di dunia kerja, antara lain mengenai public speaking, client service, design thinking, hingga powerful presentation. Diharapkan para mahasiswa tersebut nantinya akan menjadi talenta dengan kapabilitas dan kompetensi yang siap bersaing di tingkat nasional hingga internasional.

IndonesiaNEXT yang merupakan salah satu program CSR Telkomsel di bidang pendidikan telah berjalan selama empat tahun. Untuk tahun ini, program IndonesiaNEXT 2020 akan dilakukan secara virtual. Sehingga, kamu bisa mengikutinya dari mana saja.

Tertarik mengikuti program ini? Nantikan informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran di laman https://indonesianext.id/ atau akun Instagram @indonesia_next ya!


Related Blogs