Dukung Startup dalam Mewujudkan Impian, Tinc Akselerasikan Inovasi Berkelanjutan | Telkomsel
BAGIKAN

Dukung Startup dalam Mewujudkan Impian, Tinc Akselerasikan Inovasi Berkelanjutan

Article
Tinc

Era digital telah membuka pintu bagi berbagai inovasi dan ide-ide cemerlang untuk berkembang. Namun, bagi para pemula di dunia bisnis digital, perjalanan ini bisa menjadi tantangan yang cukup berat. Di sinilah peran program akselerator, seperti Tinc muncul sebagai peluang emas bagi para startup untuk mewujudkan impian mereka.

 

Apa itu Tinc?

Tinc adalah program akselerator dari Telkomsel yang bertujuan meningkatkan kolaborasi antara startup bersama ekosistem inovasi dan unit bisnis yang ada di  Telkomsel. Tujuannya untuk mengoptimalkan kemampuan setiap startup agar mencapai tujuan dengan lebih efektif dan dapat memberikan dampak kepada masyarakat luas. Tinc lebih dari sekedar program akselerator biasa. Tinc mengambil posisi sebagai mitra strategis para startup dalam menghadapi berbagai tantangan bisnis.

 

Manfaat Bergabung dengan Tinc

Bergabung dengan Tinc memberikan sejumlah manfaat yang luar biasa bagi para startup. Program ini memberikan akses kepada para peserta dalam mengembangkan kemampuan bisnis melalui tiga pilar utama, yaitu:

 

1.    Establishment of Collaboration

Tinc menghubungkan para startup ke berbagai peluang kolaborasi yang bermanfaat. Kolaborasi tersebut bisa berupa kemitraan bisnis, pengenalan kepada pemangku kepentingan, hingga mengakses ke pasar yang lebih luas.

 

2.    Resources dan Brand Reputation

Startup yang bergabung dengan Tinc akan mendapat akses ke sumber daya yang sangat berharga, termasuk mentorship dari para ahli di industri, beragam fasilitas yang mendukung perkembangan bisnis, serta dukungan reputasi merek Telkomsel yang kuat.

 

3.    Funding untuk Startup

Tinc juga memberikan pendanaan yang diperlukan bagi pertumbuhan startup. Ini adalah langkah penting untuk memastikan bahwa ide-ide brilian dapat diwujudkan menjadi produk atau layanan yang sukses.

 

Baca Juga: Tinc Impact Report 2023: Peran Inkubator dan Akselerator dalam Mendorong Transformasi Digital dan Ekosistem Startup di Indonesia

 

Bagaimana Rangkaian Program Tinc dapat Membantu Para Startup?

Dalam upaya mengakselerasi ekosistem inovasi digital, Tinc membuka kesempatan bagi startup untuk bergabung dan menjalani rangkaian program intensif untuk meraih potensinya. Berikut adalah rangkaian program yang dijalankan secara bertahap:

 

1.    Idea Submission

Pada tahap ini Tinc membuka kesempatan bagi startup untuk mendaftar dan bergabung dalam program intensif yang dirancang khusus untuk membimbing para startup melakukan pengembangan ide bisnis sejak awal berdasarkan metode dan kerangka kerja yang dapat membantu mereka menemukan purpose dan alasan kuat dalam menghadirkan solusi bisnisnya.

 

2.    Bootcamp dan Workshop

Jika terpilih, startup akan mendapatkan pemaparan dan pengayaan materi yang sangat berharga melalui studi kasus nyata oleh pemateri dan para pelaku di bidang yang sesuai dengan sektor bisnis yang dikembangkan sehingga dapat membantu mereka memahami dunia bisnis dengan lebih baik.

 

3.    Mentorship

Para startup akan diperkenalkan dengan tim ahli yang memiliki pengalaman dalam berbagai bidang yang terkait dengan ide solusi dan inovasi yang sedang dikembangkan. Hal ini memungkinkan mereka mendapatkan pendampingan dan pandangan berharga yang akan membimbing langkah-langkah mereka dalam membangun ide bisnis startup yang ada.

 

4.    Funding

Inovator yang terpilih akan menerima dukungan pendanaan yang dibutuhkan untuk mewujudkan dan mengembangkan ide-ide mereka benar-benar dapat memberi dampak secara nyata.

 

5.    Investor dan Demo Day

Startup diberikan kesempatan untuk mempresentasikan proyek mereka kepada investor potensial pada acara Demo Day. Ini bisa menjadi langkah awal ke berbagai peluang baru dalam pertumbuhan bisnis startup, membangun jejaring dan bertemu dengan ekosistem inovasi digital yang lebih luas.

 

Sektor-Sektor Terkini yang Berkolaborasi dengan Tinc

Tinc telah berhasil menarik minat berbagai startup di berbagai sektor. Dalam statistik yang dipaparkan di Tinc Impact Report 2023, Tinc telah mengakselerasi startup potensial di beberapa kategori.

Tinc

Berdasarkan statistik di atas, bisa kita simpulkan bahwasanya perkembangan teknologi telah membuka peluang baru di beragam sektor. Namun, persaingan di dalamnya juga semakin ketat. Inilah mengapa akses ke program seperti Tinc dapat membantu startup membedakan diri dan tumbuh secara berkelanjutan.

 

Tinc lebih dari sekadar program akselerator. Tinc adalah jalan menuju peluang tak terbatas bagi para startup. Dengan dukungan Telkomsel, para pemula bisnis dapat mengembangkan ide-ide cemerlang menjadi bisnis yang berkelanjutan.

 

Jika kamu tertarik mengembangkan atau sedang merintis startup, pertimbangkan bergabung dengan Tinc untuk mewujudkan impian kamu dan mendorong inovasi yang akan membentuk masa depan. Informasi lebih lanjut dan dapat ditemukan di laman resmi Tinc yang kalian bisa akses di sini https://tinc.id