Telkomsel | 30 Agustus 2019
22 shares

                                        Benarkah 4G Bikin Boros Baterai Smartphone?

Pernah merasa baterai smartphone kok cepat banget habisnya ya? Jika dibandingkan dengan belasan tahun silam saat ponsel masih menggunakan layar dua baris monokrom, baterai ponsel zaman dahulu memang terasa lebih awet.

Kemudian ada yang berpendapat, borosnya baterai smartphone zaman sekarang karena jaringannya menggunakan 4G LTE. Sebagaimana mitos 4G LTE yang dianggap boros kuota, jaringan 4G LTE yang boros baterai pun hanya mitos belaka.

Menurut Profesor Khoirul Anwar, Information Theory and Signal Processing Lab dari Japan Advanced Institute of Science and Technology School of Information Science (JAIST), sebagaimana dikutip dari Okezone, mengadopsi teknologi 2FFT yang menjadi basis dari uplink 4G LTE adalah penghematan.

Secara teknis, basis dari uplink 4G LTE ini disebut dengan single carrier frequency di vision mulitple acces (SF-FDMA).  Keuntungan dari penggunaan 2FFT adalah untuk meminimalkan dinamic range power menjadi efisien untuk mendapatkan efek frekuensi yang baik. Metode komunikasi yang lebih cepat dan konsumsi energi yang tidak banyak dalam keterbatasan kanal frekuensi, mampu mengurangi daya transmisi.

Hal itu membuat handset/ ponsel pengguna tidak perlu transmit energi yang besar, sehingga konsumsi energi menjadi lebih hemat dan tidak terlalu besar.

Metode komunikasi dengan teknologi 2FTT ini memungkinkan pengiriman frekuensi lebih cepat dengan konsumsi energi yang lebih sedikit pada kanal komunikasi yang ada. Teknologi ini diklaim memiliki kemampuan mengurangi daya transmisi dengan hasil kecepatan yang meningkat tajam.

Penyebab baterai smartphone boros

Trus, apa dong yang membuat baterai smartphone cepat boros? Banyak sekali penyebab borosnya konsumsi baterai pada smartphone. Jaringan seluler mungkin berpengaruh, tetapi tidak signifikan. Dan itu tidak berlaku pada 4G LTE saja, tetapi juga generasi sebelumnya seperti 3G dan 2G.

Benarkah 4G Bikin Boros Baterai Smartphone?

Salah satu penyebab mengapa smartphone boros baterai adalah jika jaringan seluler sinyalnya kurang stabil atau tidak kuat. Smartphone akan bekerja keras untuk mencari sinyal 4G LTE. Jadi, pastikan juga memilih Telkomsel yang memiliki jangkauan 4G LTE paling luas ya. Cari operator telekomunikasi yang didukung BTS 4G terbanyak agar baterai tak cepat boros.

Jika ingin lebih hemat baterai dan kuota, alternatifnya adalah bisa dengan akses WiFi. Tetapi masalahnya, area hotspot WiFi sangat terbatas dan tidak bisa mobile.

Penyebab borosnya baterai smartphone yang signifikan adalah penggunaan aplikasi. Bahkan ketika tidak diakses, beberapa aplikasi masih berjalan di belakang layar yang secara rutin mengonsumsi data. Coba bandingkan dengan zaman dulu, di mana aktivitas penggunaan ponsel hanya sebatas pada telepon, SMS, kamera dan game ringan. Sekarang, semua kegiatan bisa terintegrasi dengan smartphone. Seperti navigasi kendaraan, e-mail, browsing internet, main game,  media sosial, chat dengan group, YouTube dan masih banyak lagi.

Selain itu, smartphone masa kini memiliki layar yang resolusinya tajam, koneksi Bluetooth, GPS, kamera resolusi tinggi dan berbagai fitur lain yang membutuhkan daya untuk bisa bekerja secara maksimal.

Boros tidaknya baterai juga bergantung pada perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan. Misalnya saja pada smartphone Android, sejak versi Nougat, sistem sudah dirancang lebih hemat baterai. Jika smartphone masih juga boros, kemungkinan ada masalah dengan prosesor atau rangkaian elektronik di dalamnya.

Cara menghemat konsumsi baterai adalah mencoba untuk mengurangi kegiatan di smartphone yang tidak perlu. Mengurangi tingkat kecerahan layar. Fitur-fitur yang tak digunakan pun bisa juga dimatikan, seperti GPS atau aplikasi yang bekerja di latar.


Related Blogs